4 Efek Samping Shisha Bagi Kesehatan

Jumat, April 7th, 2017 - ARTIKEL SEHAT, Kumpulan Efek Samping, Tips Sehat
Advertisement
4 efek samping shisha bagi kesehatan

4 efek samping shisha bagi kesehatan

4 Efek Samping Shisha Bagi Kesehatan – Merokok seolah sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Tak hanya pria saja, wanita pun dengan gamblang menunjukkan kepiawaiannya untuk mengepulkan asap tembakau yang sudah diracik sedemikian rupa. Shisha, merupakan cara merokok yang berasal dari Timur Tengah dan dinilai sebagai cara merokok yang paling aman.

 

Shisha menggunakan tabung khusus yang didalamnya terdapat cairan air dan tembakau yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Keunikan metode ini terletak pada aroma dan rasa buah yang tersemat di dalamnya.

 

Shisa mengandung nikotin, timah, aesenuk, dan karbon dioksida. Tidak cukup ssampai disitu, efek samping shisha yang patut jadi bahan pertimbangan adalah kandungan tarnya yang 36 lebih kuat dan monoksida yang 15 kali lebih banyak ketimbang rokok biasa.

 

Bahan dasar shisa yang diambil dari uranium, besi, serta tembaga bisa mengurai dengan panas dan nantinya akan menghasilkan butiran racun yang bercampur dengan asap nikotin kemudian dilepaskan melalui selang. Terlepas dari keunggulan yang dimiliki, berikut beberapa efek samping shisha yang harus Anda ketahui.

  1. Infeksi paru-paru

Merokok dengan cara shisha memungkinkan nikotin masuk ke saluran paru-paru dalam waktu yang singkat dan berpotensi membuat jaringannnya terinfeksi. Organ vital ini apabila terkontaminasi dengan asap nikotin dapat menyebabkan olak atau perubahan warna pada paru-paru.

  1. Kuantitas dan kualitas sperma berkurang

Efek samping shisha yang selanjutnya mengincar produktifitas sperma pada pria. Zat logam berat yang ada pada rokok akan mengendap di saluran reproduksi atau air mani pria. Jika bercampur dengan timbal atau senyawa sejenis maka akan berdampak pada penurunan jumlah dan kualitas sperma yang dihasilkan. Bahkan bisa menyebabkan kemandulan.

  1. Gangguan otak pada janin

Wanita hamil yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan merokok maka zat arsenik yang ada di dalam shisha akan merusak jaringan otak pada janin yang baru akan terbentuk. Kelainan yang merupakan efek samping shisha ini dapat ditunjukkan dari kepala yang terlihat lebih besar dan catat mental ketika dilahirkan.

  1. Tertular penyakit

Penggunaan shisha di cafe atau tempat pesat seperti kebiasaan masyarakat timur tengah memudahkan virus serta penyakit menular lainnya untuk berpindah ke tubuh. Untuk menghindari efek samping shisha ini, cuci selang dan tabung secara rutin. Sebab tubercolosis dan Herpes seringkali menyerang rongga mulut.

Semoga bermanfaat.

Advertisement
4 Efek Samping Shisha Bagi Kesehatan | muhammad yamin | 4.5