5 Efek Samping Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, November 25th, 2016 - Kumpulan Efek Samping
Advertisement
efek samping minyak ikan

efek samping minyak ikan

 

Efek Samping Minyak Ikan -Minyak ikan merupakan salah satu nutrisi esensial yang punya segudang manfaat.Minyak ikan ini biasanya dipasarkan dalam bentuk suplemen.

Kandungan dalam minyak ikan seperti vitamin A, asam lemak omega 3, dan vitamin D merupakan tiga elemen penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung, pembuluh darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

 

Namun tahukah Anda?jika konsumsi minyak ikan yang berlebihan justru akan membahayakan kesehatan. Minyak ikan juga memiliki efek samping yang berpotensi mengganggu organ dalam Anda.

Berikut ini adalah 5 efek samping minyak ikan yang layak Anda jadikan referensi agar bisa berhati-hati dan meminimalisir dampak yang ditimbulkan tentunya.

 

  1. Pendarahan

Konsumsi minyak ikan yang berlebihan dapat mengakibatkan pendarahan yang hebat.Kandungan asam lemak omega 3 didalamnya memang punya peranan penting mengurangi peradangan.Akan tetapi juga dapat menyebabkan pendarahan hebat terutama bila dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah.

 

  1. Keracunan vitamin A

Kandungan vitamin A dalam minyak ikan yang larut lemak membuat tubuh Anda sulit untuk mengeluarkannya.Ini karena vitamin A tidak larut dalam air. Vitamin A yang menumpuk dapat menyebabkan kerusakan hati dan gejala lain seperti pusing, rambut rontok, serta nyeri tulang.

 

  1. Keracunan vitamin D

Hipervitaminosis vitamin D dapat memicu peningkatan jumlah kalsium dalam darah yang menyebabkan terjadinya penumpukan kalsium di bagian organ dalam seperti ginjal dan jantung.

 

  1. Melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menimbulkan reaksi alergi

Efek samping minyak ikan yang masih menjadi hal sepele bagi sebagian orang ialah fakta bahwa minyak ikan dapat mengganggu kekebalan tubuh Anda, dengan cara menurunkan sistem imunitas tubuh untuk melawan berbagai penyakit dan infeksi.

Penderita HIV/AIDS harus berhati-hati dalam mengkonsumsi minyak ikan ini. Bagi Anda yang punya riwayat alergi terhadap seafood (termasuk ikan), maka tidak menghapus kemungkinan jika anda akan terkena alergi saat meminum suplemen ini.

 

  1. Meningkatkan resiko kanker pankreas

Asam lemak omega 3 dapat memicu terjadinya stress oksidatif yang dapat merusak DNA. Hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya kanker prostat.

Efek samping minyak ikan ini juga dibuktikan melalui hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pria yang mengkonsumsi minyak ikan dengan dosis tinggi memiliki resiko terkena kanker prostat 43% lebih tinggi dibanding pria yang mengkonsumsi sedikit minyak ikan.

Demikian 5 efek samping minyak ikan yang bisa Anda jadikan referensi.Semoga bermanfaat.

Advertisement
5 Efek Samping Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh | muhammad yamin | 4.5