6 Efek Samping Rontgen Bagi Tuubuh

Rabu, Mei 25th, 2016 - Kumpulan Efek Samping
Advertisement
efek samping rontgen

efek samping rontgen

6 Efek Samping Rontgen Bagi Tuubuh – Rontgen merupakan suatu istilah di dalam dunia medis namanya yang diambil dari nama pencipta teknik ini sendiri, ialah Wilhelm Rontgen. Rontgen adalah salah satu bentuk sinar X yang lembut mempunyai fungsi untuk memberikan dan menampilkan citra atau image bagian dalam dari tubuh.

Rontgen digunakan dalam melihat kondisi dan juga lokasi dari patah tulang, keretakan pada tulang, lokasi peluru ataupun benda asing lainnya yang dapat bersarang dalam tubuh, serta dapat mendeteksi kemungkinan adanya gangguan lain yang berada dalam tubuh. Saat ini rontgen telah menjadi salah satu standar dalam pemeriksaan untuk mendeteksi adanya gangguan kesehatan penyakit dalam untuk pasien.

 

Kegunaan Rontgen sebagai Sinar X

 

  1. Pengobatan
  • Sinar X lembut yang digunakan dalam mengambil gambar foto dikenal sebagai radiograf. Gambar foto sinar X tersebut digunakan untuk memperlihatkan kecacatan pada tulang, mendeteksi tulang patah dan juga memperlihatkan keadaan organ-organ yang berada dalam tubuh.
  • Sinar X keras digunakan memusnahkan sel-sel kanker yang dikenal dengan radioterapi.
  1. Perindustrian 

Di bidang perindustrian, sinar X digunakan agar :

  • Mengetahui kecacatan pada struktur binaan ataupun bagian-bagian di dalam mesin dan juga engine.
  • Memperbaiki rekahan pada pipa logam, dinding konkrit dan juga tekanan yang tinggi.
  • Memeriksa retakan pada struktur plastik serta getah.

 

  1. Penyelidikan
  • Sinar X digunakan dalam menyelidik struktur hablur dan juga jarak pemisahan antara atom-atom di dalam suatu bahan yang hablur.

 

Efek Samping Rontgen

Meskipun mempunyai banyak sekali kegunaan dalam bidang medis serta kedokteran, tetapi ternyata dapat menyebabkan efek samping rontgen bagi kesehatan. Apa saja efek samping rontgen dan juga bahayanya ? Berikut merupakan beberapa efek samping rontgen dan juga bahayanya :

  1. Menyebabkan penurunan produksi pada sel darah.

Produksi sel darah yang menurun, akan mempunyai dampak bagi kesehatan. Sel darah yang menjadi lebih sedikit bisamenyebabkan anemia. Selain itu, juga berkemungkinan bisa berpengaruh dalam proses penyembuhan luka.

 

  1. Menyebabkan infeksi serta iritasi kulit.

Efek samping rontgen dan juga bahayanya yang mungkin dapat muncul yaitu menyebabkan munculnya iritasi serta infeksi bagian kulit. Terutama bagian kulit yang langsung menerima paparan dari sinar x yang dapat terlihat dari kondisi kulit memerah, munculnya ruam, bintik-bintik dan kulit terasa gatal.

  1. Memiliki dampak yang buruk bagi mata

Rontgen juga bisa menjadi sangat berbahaya, terutama saat dilakukan pada organ serta di bagian tubuh yang berdekatan di sekitaran mata. Saat rontgen dilakukan di daerah tersebut serta pasien yang tidak menggunakan perlindungan standar. Maka hal ini dapat menimbulkan kemunculan gangguan di bagian mata pada pasien, seperti menyebabkan iritasi dan penurunan fungsi pada penglihatan.

  1. Mempengaruhi penurunan produksi sperma bahkan kemandulan.

Hal ini erat sekali kaitannya terhadap kemandulan serta penurunan kualitas sperma yang dimiliki pria. Selain itu, radiasi sinar X yang ditembakkan saat melakukan pemeriksaan juga dapat mengakibatkan munculnya gangguan di organ reproduksi.

  1. Pneumonitis dan gangguan pada paru-paru

Hal ini dapat terjadi karena pasien terlalu sering melakukan rontgen di bagian dada. Tentunya radiasi dari sinar X bisa menyebabkan berbagai macam gangguan terhadap paru-paru, seperti menyebabkan menjadi sesak nafas, asma serta kemungkinan penyakit pneumonia.

  1. Gangguan pencernaan di bagian usus halus

Usus halus adalah salah satu organ yang sensitif terhadap radiasi sinar X. Bahaya rontgen karena terlalu sering maka sinar X dapat menyebabkan gangguan di bagian usus halus. Hal ini dapat mengakibatkan sembelit, wasir, serta buang air besar menjadi terganggu dan tidak lancar.

Meskipun rontgen selalu dianggap berbahaya, tetapi demikian sebenarnya tidak berbahaya. Apalagi saat dilakukan dengan jumlah yang wajar dan tidak terlalu sering. Akan berbahaya bila rontgen dilakukan terlalu sering sehingga menyebabkan radiasi sinar X dapat mengganggu kesehatan pada organ tubuh.

Demikianlah beberapa efek samping rontgen bagi kesehatan, terima kasih telah membaca artikel kami.

 

6 Efek Samping Rontgen Bagi Tuubuh | muhammad yamin | 4.5