6 Manfaat Jambu Monyet Yang Harus Anda Ketahui

Sabtu, Maret 26th, 2016 - ARTIKEL SEHAT, Obat Herbal, Tips Sehat
manfaat jambu monyet

manfaat jambu monyet

6 Manfaat Jambu Monyet Yang Harus Anda Ketahui – Jambu Monyet (Anacardium Occidentale) atau biasa disebut Jambu Mete/Mede adalah tanaman buah yang dimanfaatkan buahnya untuk digunakan menjadi bahan makanan ringan dengan cita rasa tinggi. Buah Jambu Monyet adalah tangkai buah yang mengalami penggelembungan serta menjadi buah yang semu bersifat lunak.

Teksturnya seperti buah peer berwarna kuning dengan sedikit noda kemerahan. Rasa buah ini manis sepat dan berair serta berserat. Bijinya berbentuk bulat panjang, melengkung pipih serta berwarna coklat tua yang disebut kacang mete.

Kayu pohon Jambu Monyet dapat juga dimanfaatkan untuk bahan bangunan, peralatan untuk rumah tangga dan juga kerajinan tangan. Daun muda buah ini dapat dijadikan lalapan. Buah semunya dapat langsung dimakan sebagai rujak ataupun minuman. Kulit bijinya dapat juga diolah menjadi pelumas, pernis, insektisida, dan plastik. Kita harus berhati-hati terhadap cairan kulit bijinya yang mengandung Cashew Nut Shell Liquid (CNSL) yang dapat menyebabkan kulit kita mengalami pembengkakan dan peradangan jika terkena getah kulit bijinya tersebut.

Selain kegunaan diatas, manfaat jambu monyet juga dapat menyehatkan. Daunnya berbau aromatik, rasanya kelat, memiliki khasiat antiradang serta penurunan kadar glukosa darah. Tangkai daun buah ini berfungsi sebagai pengelat. Biji buahnya berkhasiat sebagai pelembut kulit serta penghilang rasa nyeri (analgesik). Akarnya digunakan sebagai pencahar (laksatif). Kulit kayunya memiliki bau tanah, rasa yang kelat dana lama-kelamaan menimbulkan rasa tebal pada lidah. Manfaat jambu monyet juga sebagai pencahar, astringen serta juga memacu aktivitas enzim pada pencernaan.

Jambu monyet memiliki senyawa seperti tanin, cardol, dan anacardic acid, yang mempunyai manfaat sebagai antibakteri dan juga antiseptik. Daunnya yang masih muda memiliki kandungan kimia seperti :

  • vitamin C sebesar 65 gr per 100 gr
  • vitamin A sebesar 2689 Sl per 100 gr
  • kalori 73 gr per 100 gr
  • lemak 0,5 gr per 100 gr
  • protein 4,6 gr per 100 gr
  • hidrat arang 16,3 gr per 100 gr
  • kalsium 33 mg per 100 gr
  • fosfor 64 mg per 100 gr
  • besi 8,9 mg dan air 78 gr per 100 gr

Manfaat jambu monyet memang sangat banyak dan juga kandungan yang terdapat di dalamnya.

 

Berikut manfaat jambu monyet atau jambu mete untuk kesehatan, yaitu :

 

  1. Obat pencahar

Air rebusan akar jambu mete bermanfaat untuk obat pencahar.

 

  1. Mengobati penyakit eksim dan kulit kronis

Daun jambu mete tua dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit eksim serta penyakit kulit kronis dan juga sebagai obat luka bakar.

 

  1. Sebagai obat perangsang birahi

Daun jambu mete muda digunakan sebagai lalapan dan bahan sayur. Daun ini memiliki kemampuan, seperti jamu sari rapet dan obat peransang birahi.

 

  1. Mengobati diabetes mellitus

Dengan cara merebus 2 potong kulit batang jambu monyet dengan adas pulawaras secukupnya dan 2 liter air hingga mendidih, lalu disaring untuk diambil airnya. Minumlah 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.

 

  1. Sebagai obat disentri

Rebus 1 genggam daun jambu monyet dengan 1 potong kulit batang jambu monyet ditambahkan 1,5 liter air sampai mendidih. Saring dan minum 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.

 

  1. Radang mulut

Dengan cara rebus 1 genggam daun jambu mete dengan 1 potong kulit batang jambu mete dan 1 liter air sampai mendidih. Saring untuk diambil airnya dan kemudian minum 2 kali sehari saat pagi dan sore.

Nah sekarang sudah tahukan manfaat jambu monyet , terima kasih sudah membaca artikel kami..

Artikel Ini Tentang:

efek samping daun jambu mete
6 Manfaat Jambu Monyet Yang Harus Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5