7 Ciri Wanita Mandul Yang Wajib Anda Ketahui

Rabu, September 7th, 2016 - ARTIKEL SEHAT, Tips Sehat
ciri wanita mandul

ciri wanita mandul

7 Ciri Wanita Mandul Yang Wajib Anda Ketahui – Sebagai seorang wanita terutama yang sudah menikah, tentu hal yang paling menakutkan adalah bila anda mengalami kemandulan. Ini tentu akan sangat mempengaruhi keinginan anda dan pasangan untuk memiliki buah hati.

Ada beberapa ciri wanita mandul yang cukup mudah untuk diketahui. Dan dengan mengetahui ciri wanita mandul, tentu saja bisa dilakukan pencegahan dan cara mengatasi bila anda benar-benar mengalami kemandulan.

Berikut 7 ciri wanita mandul yang perlu anda ketahui, yaitu:

  1. Tidak Mengalami Masa Ovulasi

Bila anda tidak mengalami masa ovulasi seperti suhu tubuh yang meningkat, adanya lender serviks, dan terjadinya nyeri dibagian perut.Sebaiknya anda perlu mewasapadai ini, sebab ada kemungkinan anda mengalami kemandulan.Walaupun ini bukan ciri pasti anda mengalami kemandulan, tetapi ada baiknya anda mengantisipasinya dengan memeriksakan ke dokter ahli.

  1. Siklus Menstruasi

Seorang wanita yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur setiap bulannya, merupakan salah satu ciri wanita mandul.Karena siklus menstruasi tidak teratur menyebabkan terhambatnya produksi hormone estrogen dan progesterone.

  1. Terkena Penyakit Menular

Wanita mandul juga bisa dilihat bila seorang wanita mengalami Penyakit Menular Seksual atau PMS.Biasanya penyakit ini ditularkan dari pasangan, jenis penyakit menular yang perlu diwaspadai adalah genore dan klamidia.

Penyakit ini bisa menyebabkan terjadinya parutan di ovarium dan tuba falopi, yang menghambat terjadinya ovulasi.

  1. Berat badan Tidak Normal

Badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus akan mengurangi peluang kehamilan. Sebab itu akan menghambat kerja hormone kehamilan dalam tubuh. Dan apabila bila dibiarkan begitu saja, bisa menyebabkan terhentinya proses ovulasi dan itu tentu saja menyebabkan kemandulan.

  1. Pernah Mengkonsumsi Obat-Obat Yang berlebih

Bila anda pernah mengkonsumsi obat-obatan yang berlebih, terutama obat-obatan terlarang anda bisa saja mengalami kemandulan.Dan bukan hanya saja, obat penurun darah tinggi atau pengobatan kemoterapi saat kecil juga berpengaruh pada kehamilan.

  1. Sering Mengalami Stress

Stress sangat identik dengan seorang wanita. Dan wanita yang mengalami stress berlebih akan menyebabkan meningkatnya produksi hormone kortisol dan prolaktin. Dimana untuk diketahui bahwa kedua hormone tersebut dapat mengganggu bahkan bisa menggantikan, proses ovulasi pada seorang wanita.

  1. Merokok

Ciri wanita mandul juga bisa dilihat dari kebiasaan merokok.Apalagi bila kebiasaan ini dilakukan sejak lama, sebelum seorang wanita menikah. Kebiasaan merokok akan mengurangi fungsi kesuburan, karena kandungan bahan kimia yang terkandung dalam rokok itu sendiri.

Itulah beberapa ciri wanita mandul.Setelah mengetahui cii tersebut, tentu anda dapat segera melakukan pencegahan.

 

7 Ciri Wanita Mandul Yang Wajib Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5