8 Cara mengatasi nyeri haid tanpa efek samping

Selasa, Oktober 11th, 2016 - Tips Cantik, Tips Sehat
Advertisement
cara mengatasi nyeri haid

cara mengatasi nyeri haid

8 Cara mengatasi nyeri haid tanpa efek sampingWanita memang lebih rentan terkena penyakit. Sebagian besar wanita mungkin pernah mengalami nyeri yang cukup menyiksa ketika siklus datang bulan mereka datang. Nyeri pada haid bisa menjadi hal yang normal namun juga bisa menandakan suatu penyakit.

Tapi umumnya itu adalah hal yang normal karena haid menyebabkan ada luka yang terjadi dalam dinding rahim sehingga rasa sakit terkadang sering dijumpai. Ada beberapa Cara mengatasi nyeri haid yang bisa anda gunakan untuk mengatasi nyeri yang tidak tertahankan seperti.

 

  1. Melakukan pemijatan

Cara mengatasi nyeri haid  yang  pertama adalah dengan melakukan sedikit pijatan . Melakukan pemijatan pada perut bagian bawah akan mengurangi rasa nyeri ketika anda haid. Gunakan minyak bayi atau krim untuk memijat.  Lakukan gerakan memijat dengan tenaga secukupnya dengan tidak terlalu kuat searah jarum jam. Minyak bayi atau krim bisa berfungsi memberikan efek relaksasi pada perut sehingga akan meredakan nyeri yang anda alami.

 

  1. Cari posisi yang paling aman

Ketika nyeri haid melanda tentu akan memberikan efek pada perut anda. Jadi atur posisi yang paling nyaman apakah duduk, berbaring atau tengkurap. Posisi tubuh yang pas akan meringankan gejala nyeri haid anda.

 

  1. Mengkonsumsi obat anti nyeri

Sekarang ini sudah banyak dijual jenis obat obatan sepeti obat penghilang nyeri. Tapi untuk konsumsi obat anda harus mendapatkan resep dari dokter karena mengkonsumsi obat obatan kimiawi biasanya memberikan efek pada tubuh seperti alergi atau gangguan kesehatan lainnya. Gunakan obat yang tidak ada pantangannya bagi penyakit yang mungkin anda idap.

 

  1. Minum minuman hangat

Minum minuman hangat bisa meringankan gejala nyeri anda saat haid. Namun perlu untuk diketahui minuman yang boleh dikonsumsi tidak boleh mengandung kaffeein karena itu akan memperparah nyeri anda. Kafein biasanya terdapat pada kopi atau teh. Air hangat yang saya maksud boleh air putih tapi yang masih hangat.

 

  1. Jaga kebiasaan makan anda

Kebiasaan makan yang tidak baik akan mempengaruhi nyeri anda semakin parah. Ketika makan maka usahakan memakan makanan dalam porsi secukupnya dan sebelumnya kunyah sampai benar benar hancur sehingga mudah dicerna oleh perut. Kebiasaan makan tanpa mengunyah makanan hingga hancur akan memperburuk kinerja pencernaan utamanya usus sehingga bisa memicu sakit perut dan tentu ini akan menambah nyeri pada perut anda.

 

  1. Compress dengan air hangat

Apabila nyeri yang anda rasakan tidak bisa ditolerir lagi bagi tubuh anda maka anda bisa mengompress bagian yang nyeri menggunakan air hangat. Compress dilakukan dengan menempelkan botol atau balon karet yang telah diisi dengan air hangat. Compress ini bertujuan untuk melancarkan peredaran darah dan membuat otot otot disekitar perut lebih rileks sehingga mengurangi rasa nyeri ini merupakan Cara mengatasi nyeri haid yang sangat sederhana.

 

  1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi

Saat menstruasi tubuh akan kekurangan darah yang cukup banyak. Untuk itu perbanyak konsumsi makanan yang menganndung banyak zat besi. Zat besi sendiri penting utnuk pembentukan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi zat besi yang cukup produksi sel darah merah akan lancar. Sehingga menstruasi anda juga akan lancar dan tidak mengalami nyeri.

 

  1. Menggunakan kunyit asam

Cara mengatasi nyeri haid  yang terakhir adalah dengan menggunakan kunyit dan asam . Jamu tradisional kunyit asam ini dipercaya memiliki banyak khasiat seperti menyegarkan tubuh dan meredakan nyeri saat menstruasi. Cara membuatnya ialah parut kunyit yang sudah dibersihkan, peras dengan air dan ambil sarinya. Tambahkan sedikit asam jawa dan gula merah. Kemudian rebus hingga mendididih. Dan minum selagi hangat

 

Itulah beberapa cara mengatasi nyeri haid. Mudah mudahan informasi ini bermanfaat bagi anda.

8 Cara mengatasi nyeri haid tanpa efek samping | muhammad yamin | 4.5