7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Anda

Kamis, Oktober 13th, 2016 - Kumpulan Efek Samping, Tips Sehat
Advertisement
bahaya begadang

bahaya begadang

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Andazaman sekarang tuntutan pekerjaan menjadi sangat banyak sehingga terkadang untuk menyelesaikannya butuh semalaman alias begadang. Aktivitas begadang yang terlalu sering tentu akan membebani tubuh. Tubuh yang seharusnya istirahat pada waktu malan hari dipaksa untuk tetap bekerja meskipun kondisinya tidak memungkinkan.

 

Di malam hari aktivitas berbagai organ tubuh menjadi menurun seperti jantung, lambung, pancreas, ginjal dan bagian tubuh lainnya. Menurunnya kondisi tubuh disebabkan setelah beraktifitas seharian. Perlu diperhatikan tubuh adalah organism hidup, bukan mesin. Bahkan mesin saja yang bekerja lebih dari waktunya bisa rusak apalagi tubuh yang rentan terhadap berbagai perubahan. Ada beberapa dampak buruk yang bisa terjadi bila keseringan begadang, berikut kami akan membahas bahaya begadang bagi kesehatan tubuh anda.

 

  1. Sakit kepala

Bila anda sering mengalami sakit kepala itu mungkin karena waktu tidur anda yang kurang. Bisa juga terjadi karena sebab lain seperti infeksi atau kanker. Kurang tidur yang berkepanjangan akan memicu kerusakan pada sel otak sehingga dapat menimbulkan sakit pada bagian kepala. Hal ini karena otak tak diberikan waktu untuk beristirahat padahal otak adalah bagian tubuh yang paling banyak beraktifitas dalam sehari. Istirahat yang cukup akan menjaga anda dari sakit kepala

 

  1. Kurang darah atau anemia

Begadang bisa mempengaruhi kondisi tubuh seseorang sehingga tidak bisa berfungsi seperti biasanya. Begadang akan mengganggu produksi sel darah merah menjadi berkurang. Hal ini akan memicu timbulnya anemia atau kurang darah sehingga tubuh terasa cepat capek dan selalu ingin tidur. Hal ini akan memicu kemalasan.

 

  1. Insomnia

Kebiasaan begadang juga akan membuat tidur anda menjadi terganggu. Bila dibiasakan akan membuat anda menjadi susah tidur. Seperti kata pepatah “ala bisa karena biasa”. Jadi tetap penuhi waktu tidur anda. Bila terpaksa anda harus begadang maka jangan terlalu sering.

 

  1. Penyakit jantung atau stroke

Penyakit jantung sangat berhubungan dengan stroke. Semuanya disebabkan oleh kolesterol. Kurang tidur waktu malam akan menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat pada penumpukan plak yang menyumbat pembuluh darah. Jantung sendiri berfungsi mengalirkan darah keseluruh tubuh. Jika hal ini terjadi maka akan mempengaruhi kesehatan jantung dan berpotensi terkena penyakit jantung ataupu stroke.

 

  1. Penyakit diabetes mellitus

Bahaya begadang ternyata bisa memicu diabetes loh. Menurut riset yang dilakukan oleh Universitas of Chicago di amerika serikat bahwa kurang tidur akan mengganggu keseimbangan metabolism tubuh. Banyak begadang akan berdampak pada sekresi hormone insulin yang tidak sempurna hingga gula yang harusnya diubah menjadi energy menumpuk dalam darah. Tingginya kadar gula dalam darah itulah yang menjadi penyebab diabetes.

 

  1. Mengganggu metabolism tubuh

Tidur normalnya dilakukan pada malam hari. Bila malam hari tubuh tidak tidur maka otomatis itu akan mengganggu system metabolisme yang sudah ada didalam tubuh. Akan terjadi perubahan hormone dalam tubuh yang bisa mengganggu kesehatan. Selain itu ketika begadang biasanya kita mengkonsumsi cemilan atau makanan. Perlu diketahui makan di malam hari sangat mengganggu system pencernaan sehingga akan berdampak mula pada metabolism tubuh anda.

 

  1. Menyebabkan kanker

Bahaya begadang yang terakhir adalah dapat menyebabkan kanker. Kurang tidur dapat mempengaruhi produksi hormone melatonin yaitu hormone yang mengatur dan memelihara irama sirkadian (system jam biologis tubuh yang memegang peranan penting dalam mengatur waktu tidur dan bangun anda). Hormone ini membantu tubuh memerangi sel sel kanker karena bisa menjadi antioksidan pencegah kanker

 

Sebenarnya ada banyak bahaya begadang. Namun terlalu panjang untuk dijelaskan dalam artikel ini. Untuk informasi lebih jelas anda bisa menanyakannya pada dokter. Namun perlu diketahui begadang adalah sumber penyakit karena pada dasarnya memaksakan tubuh bekerja lebih dari kebiasaannya. Terus lah hidup sehat untuk hidup yang lebih baik

 

7 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Anda | muhammad yamin | 4.5