Bahaya dan Efek Samping Operasi Plastik Bagi Kesehatan

Selasa, Maret 29th, 2016 - Kumpulan Efek Samping, Tips Cantik
efek samping operasi plastik

efek samping operasi plastik

Bahaya dan Efek Samping Operasi Plastik Bagi Kesehatan – Pada zaman modern seperti sekarang, untuk mempercantik wajah sebagian kaum wanita menggunakan cara yang instan yaitu dengan cara melakukan operasi plastik ataupun dengan cara injeksi. Hal ini dilakukan demi mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi tidak semua operasi yang dijalani berjalan dengan lancar. Setelah operasi, beberapa wanita mengalami beberapa masalah yang bisa saja berbahaya jika dibiarkan tanpa segera adanya penanggulangan. Dampak negatif dari operasi plastik yang ditimbulkan berbeda-beda.

Dibalik kecantikan serta kesempurnaan wajah dari hasil pisau bedah ini, dalam kenyataannya juga menyimpan berbagai resiko serta bahaya yang menghantui tubuh. Bahaya dan efek samping operasi plastik yang tidak disadari dan bahkan terkadang tidak difikirkan para pengguna jasa ini tentu sangatlah merugikan bagi tubuh dan juga sangat berpengaruh pada kesehatan.

 

Bahaya Operasi Plastik Bagi Kesehatan

Meskipun komplikasi dari tindakan bedah plastik ini memang jarang terjadi, namun juga harus mengetahui apa saja efek samping operasi plastik. Bahaya dari tindakan operasi plastik sangatlah beragam, antara lain:

  • Rasa sakit atau nyeri

Beberapa bedah plastik yang diyakini dapat menimbulkan rasa sakit luar biasa, antara lain abdominoplasty (tummy tuck) adalah jenis operasi dengan tujuan untuk mengencangkan perut. Breast augmentation adalah jenis operasi plastik dengan tujuan untuk pembesaran payudara, bahan yang digunakan terbuat dari silikon atau saline yang diletakkan dibawah otot-otot dada. Hal ini mengharuskan pemotongan otot dada terlebih dulu agar menyambung dengan bahan-bahan tersebut. Full face laser adalah jenis operasi menggunakan sinar laser sangat kuat untuk menghapus kerutan dan bekas luka. Thigh Lift adalah jenis operasi plastik untuk mengencangkan paha, sedangkan body lift adalah operasi mengencangkan seluruh tubuh. Pada operasi-operasi tersebut dokter diharuskan mengiris kulit tubuh dalam jumlah yang besar dan luas.

 

  • Adanya bekas jahitan ataupun bekas luka

Semua jenis operasi menggunakan teknik pembedahan dan pastinya akan dijahit kembali. Hal tersebut dapat meninggalkan bekas luka. Dokter akan berupaya menyembunyikan bekas luka tersebut agar tidak terlihat, tetapi hal tersebut masih tetap akan meninggalkan bekas luka.

 

  • Selulit tidak akan hilang dengan Liposuction (sedot lemak)

Operasi sedot lemak mampu membuat tubuh menjadi lebih ramping. Tapi pada dasarnya operasi plastik tidak dapat menghilangkan selulit, tetapi justru akan memperburuk selulit itu sendiri jika jumlah yang diambil terlalu banyak sehingga membuat kulit menjadi makin berkerut. Menurut Asosiasi Dokter Bedah Plastik Di Amerika Serikat (American Society of Plastic Surgeons) batas maksimal jumlah lemak yang boleh dikeluarkan, yaitu 6 pon tiap kali operasi, dan jika jumlah yang diambil melebihi batas maksimal tersebut dapat menimbulkan akibat yang fatal bahkan bahaya yang ditimbulkannya dapat menyebabkan kematian.

 

  • Liposuction dapat menimbulkan kematian

Liposuction atau sedot lemak memiliki resiko yang sangat berbahaya yaitu kematian. Hal ini dapat terjadi jika dokter menyedot terlalu banyak lemak. Saat penyedotan lemak, bukan hanya lemak bahkan darah juga ikut keluar. Jika terlalu banyak mengeluarkan lemak secara otomatis darah yang keluar juga ikut banyak. Hal ini dapat menyebabkan cairan tubuh banyak menghilang sehingga menyebabkan pasien dehidrasi bahkan sampai syock. Dan juga dapat mengakibatkan gagal jantung hingga menimbulkan kematian.

 

Efek Samping Operasi Plastik

Namun, bagaimana dengan efek samping operasi plastik itu sendiri? Berikut merupakan beberapa efek samping operasi plastik :

 

  • Efek dari segi fisik

Melakukan operasi plastik tentunya harus siap jika bagian-bagian tubuh akan dibedah, diiris, dijahit, disuntik, ataupun sebagainya. Bila operasi berjalan dengan mulus memang akan mendapatkan hasil setimpal. Tapi bayangkan betapa sakitnya tubuh setelah melakukan operasi plastik. Bahkan beberapa orang harus berbaring di tempat tidur selama beberapa hari untuk masa pemulihan.

 

  • Efek psikis

Rasa sakit luar biasa saat menjalani operasi plastik pasti akan menimbulkan trauma yang berkepanjangan. Secara psikologis akan merasa kaget dan tertekan. Bahkan harus mempersiapkan mental jika saja operasi plastik tersebut gagal ataupun tidak sesuai dengan yang diharapkan. Operasi plastik juga dapat menimbulkan efek kecanduan. Batasannya pun hanya satu yaitu uang.

 

  • Operasi plastik meninggalkan luka bekas jahitan

Proses pemulihan pasca operasi plastik terkadang sampai membutuhkan waktu berminggu-minggu lamanya. Semua obat-obatan penghilang rasa nyeri pun tidak mampu melenyapkan rasa sakit. Jahitannya pun membekas. Walaupun telah pulih suatu saat nanti akan kembali lagi rasa sakit tersebut. Namun, bila salah prosedur dapat menimbulkan lumpuhnya otot wajah serta berkurangnya fungsi dari organ tubuh.

 

  • Blepharoplasty mengakibatkan kemampuan mata terganggu

Blepharoplasty adalah prosedur operasi plastik dengan tujuan mengurangi lemak di daerah bawah mata. Jika dokter membuat kesalahan, hal ini membuat tidak dapat menutup mata dengan normal bahkan untuk berkedip merasa kesulitan.

 

  • Kejang-kejang

Contohnya, seorang  wanita melakukan facelift dengan keluhan suatu gerakan tidakk wajar dari wajahnya. Facelift merupakan operasi plastik untuk mengencangkan wajah. Namun wanita itu, mengalami kejang-kejang dan matanya sering berdenyut tanpa kendali.

 

  • Masalah komplikasi

Prosedur operasi plastik ataupun implan yang dilakukan secara tidak tepat mampu mengakibatkan adanya komplikasi.

Bahaya dan Efek Samping Operasi Plastik Bagi Kesehatan | muhammad yamin | 4.5