Ciri-Ciri Serta Gejala Penyakit Wasir

Sabtu, Maret 18th, 2017 - ARTIKEL SEHAT, gejala penyakit
Advertisement
gejala penyakit wasir

gejala penyakit wasir

Ciri-Ciri Serta Gejala Penyakit WasirPenyakit hemoroid atau wasir merupakan pembengkakan atau adanya peradangan pada pembuluh darah sekitar anus dan bagian rektum bawah. Secara anatomi, penyakit wasir bukanlah merupakan suatu penyakit akan tetapi suatu perubahan pada bantalan pembuluh-pembuluh darah pada anus (cortus cavernosa resti) seperti pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah serta jaringan yang berada disekitarnya. Bantalan ini berfungsi sebagai katup untuk membantu otot-otot anus dalam menahan feses.

Penyebab penyakit wasir dapat ditimbulkan oleh berbagai hal. Feses keras dan juga mengedan terlalu kuat saat mengeluarkan feses keras sering meyebabkan terjadinya gejala penyakit wasir. Makanan juga dapat menyebabkan penyakit wasir, seperti makanan yang pedas dan mengandung alkohol. Gejala penyakit wasir salah satunya setelah BAB mengeluarkan darah, sehingga feses mengandung darah ataupun terdapat bercak darah pada handuk atau tissue toilet.

Penyebab penyakit wasir

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit wasir :

  1. Kebiasaan mengedan terlalu kuat saat BAB
  2. Kebiasaan jongkok terlalu lama
  3. Sering mengangkat barang berat
  4. Sering duduk terlalu lama
  5. Terlalu lama berdiri
  6. Kurang minum
  7. Kekurangan serat
  8. Diare menahun
  9. Faktor keturunan

Wasir dapat terjadi sebagai akibat BAB dengan proses mengedan yang terlalu kuat. Selain itu faktor lain yang dapat menyebabkan gejala penyakit wasir terjadi, seperti faktor kehamilan, faktor usia lanjut, konstipasi, dan juga duduk terlalu lama dapat meningkatkan resiko untuk mengalami masalah wasir. Penyakit wasir memang kadang tidak berbahaya tetapi sangat mengganggu bagi penderita. Pada dasarnya penyakit wasir dapat hilang dengan sendirinya dalam kurung waktu beberapa hari.

Jenis penyakit wasir

Secara umum, penyakit wasir dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Wasir Internal dan Wasir eksternal. Wasir internal memiliki gejala yang ditandai dengan adanya pendarahan rektum tanpa rasa nyeri, sedangkan wasir eksternal memiliki beberapa gejala atau jika terkena trombosis akan ada rasa nyeri yang signifikan serta pembengkakan di area anus.

Penyakit wasir juga dibagi menjadi 4 stadium, yaitu :

  1. Wasir Stadium 1

Tonjolannya masih berukuran kecil dan belum keluar dengan gejala, darah menetes setiap selesai BAB.

  1. Wasir Stadium 2

Tonjolannya keluar dalam ukuran sedang. Gejalanya jika selesai BAB, tonjolan akan keluar tapi akan masuk kembali saat berdiri.

  1. Wasir Stadium 3

Tonjolannya sudah lebih besar. Dan memiliki gejala, selesai BAB tonjolan keluar dan tidak akan masuk lagi terkecuali jika didorong menggunakan tangan.

  1. Wasir Stadium 4

Memiliki tonjolan sudah sebesar bola tenis. Hal ini tidak dapat masuk kembali meski telah didorong dengan tangan dan harus dioperasi. Kulit sudah menutupi pembuluh darah dan berada di luar anus sehingga mudah terlihat.

Gejala penyakit wasir

Pada umumnya gejala penyakit wasir dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Pendarahan di anus, darah yang keluar dalam bentuk tetesan ataupun bisa juga mengalir dengan deras. Darah yang keluar adalah darah segar. Penderita tidak terlalu merasakan sakit.
  2. Rasa ada yang mengganjal setelah BAB akan dirasakan dan menimbulkan kesan kalau kita belum selesai BAB sehingga membuat kita akan mengedan lebih kuat dan ini dapat membuat keadaan wasir semakin parah.
  3. Adanya rasa gatal yang muncul karena rasa nyeri pada anus yang tak dibersihkan. Virus yang menyebabkan rasa gatal muncul dan memudahkan terjadinya infeksi kulit.

Penderita wasir biasanya mengalami rasa tidak nyaman saat duduk dan BAB dikarenakan adanyan rasa sakit yang penderita alami. Wasir dengan tingkatan yang cukup parah akan sulit diobati dan disarankan agar melakukan tindakan operasi.

Advertisement
Ciri-Ciri Serta Gejala Penyakit Wasir | muhammad yamin | 4.5