Efek Samping Anti Biotik Bagi Kesehatan

Rabu, Maret 11th, 2015 - Kumpulan Efek Samping
Advertisement
Efek Samping Antibiotik

Efek Samping Antibiotik

Efek Samping Anti Biotik Bagi Kesehatan – Zat antibiotik merupakan salah satu senyawa yang dapat mencegah berbagai macam bakteri ataupun mikroorganisme yang sangat berbahaya untuk tubuh kita. Antibiotik ini biasanya digunakan untuk pengobatan karena tubuh terkena infeksi. Biasanya dengan menggunakan dari rekayasa genetic dan bioteknologi.

Pemakaian antibiotik ini juga dapat untuk mengobati penyakit yang dapat menular karena disebabkan oleh bakteri jamur serta protozoa. Antibiotik ini bekerja untuk membunuh bakteri dan perlu anda ketahui bahwa antibiotik penisilin adalah antibiotik yang ditemukan pertama kali di dunia ini dan sampai sekarang pun masih dipakai untuk pengobatan. Setelah ditemukannya antibiotik penisilin ini kemudian muncul banyak antibiotik lainnya yang jumlahnya hingga ratusan yang dapat bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis macam penyakit.

Tetapi apakah dengan menggunakan antibiotik ini aman dan tidak memberikan efek samping yang berbahaya.? Jika penggunaan antibiotik ini dilakukan dengan jangka waktu yang lama secara terus-menerus, bukan tidak mungkin akan terjadi efek samping antibiotik yang membahayakan tubuh kita. Berikut ini adalah mengenai efek samping yang terjadi apabila menggunakan antibiotik secara terus-menerus seperti.

Efek Samping Antibiotik :

Infeksi pada wanita

Untuk penggunaan antibiotik pada wanita akan mudah sekali terinfeksi pada organ intimnya. efek samping antibiotik yang akan muncul adalah terjadi gatal-gatal pada organ intimnya, munculnya cairan pada vagina yang mengeluarkan baudan keputihan yang tidak teratur.

Menyebabkan gangguan dalam pencernaan dan alergi

Menggunakan antibiotik juga dapat berefek samping pada perut, seperti akan merasakan nyeri, kembung, diare, kram dan mual. Dan ada juga yang berefek alergi menaun yang dialami oleh sebagian orang. Efek samping antibiotik berupa alergi yang biasa dirasakan adalah seperti, pembengkakan pada mulut, tenggorokan dan juga gatal-gatal.

Menyebabkan gangguan fungsi jantung

Efek samping antibiotik lain yang terjadi adalah gangguan pada jantung. Jantung berdebar-debar, sakit kepala, timbulnya masalah pada syaraf dan ginjal serta penyakit kuning.

Menyebabkan Efek resistensi

Efek samping antibiotik yang terjadi juga dapat mengakibatkan tubuh tidak mempan lagi dengan penggunaan antibiotik karena tubuh kita sudah terkontaminasi dengan antibiotikatau resistensi. Dan beberapa gejala penyakit akan muncul, akan tetapi penyakit tersebut susah sekali untuk disembuhkan. Sehingga memerlukan antibiotik yang berdosis tinggi untuk dapat menyembuhkan penyakitnya. Hal ini tidak baik untuk kesehatan manusia dan juga tubuh.

Gangguan serius

Dengan menggunakan antibiotik dalam jangka waktu lama secara terus-menerus akan mengakibatkan efek samping antibiotik yang fatal. Seperti : terganggunya fungsi hati, terjadinya kerusakan sel-sel dalam otak, menurunya sel darah putih, aritmia jantung, tendon pecah, koma, dan bahkan dapat menimbulkan kematian.

Harus disiplin dalam menggunakan antibiotik

Apabila kita merasakan rasa sakit atas terkenanya infeksi, sebaiknya anda jangan langsung menggunakan antibiotik untuk mengobatinya. Untuk menggunakan antibiotik sebaiknya bila ada anjuran dari dokter dan tidak boleh sembarangan dalam menggunakanya.

Untuk mengatasi infeksi penyakit yang muncul sebenarnya tidak harus menggunakan antibiotik saja akan tetapi ada cara yang sederhana yaitu dengan mengompresnya dengan ramuan atau obat yang diolah secara tradisional ataupun sesuai dengan resep dokter. Bila anda melakukan hal ini sesuai dengan resep dari dokter maka akan dapat menetralisir efek samping antibiotik yang ditimbulkan dari penggunaanantibiotik.

Perlu anda perhatikan bahwa jika menggunakan antibiotik sebaiknya bila sudah mendapat resep dari dokter karena penyakit yang disembuhkan sudah tidak memungkinkan dengan menggunakan obat-obatan biasa serta hindarkanlah antibiotik ini dari jangkauan anak-anak.

Demikianlah beberapa efek samping antibiotik dan cara terbaik menggunakannya. Untuk hasil terbaik, alangkah lebih baiknya jika anda tidak terlalu sering menggunakan antibiotik. Semoga informasi di atas tentang Efek Samping Antibiotik bisa bermanfaat.

Advertisement
Efek Samping Anti Biotik Bagi Kesehatan | muhammad yamin | 4.5