Efek Samping ARV Yang Harus Anda Ketahui

Jumat, November 11th, 2016 - Kumpulan Efek Samping
Advertisement
efek samping arv

efek samping arv

Efek Samping ARVYang Harus Anda Ketahui – ARV adalah obat bagi para ODHA yang melakukan terapi.ARV bermanfaat untuk meningkatkan mutu hidup para ODHA. Namun ia juga memiliki efek samping. Mulai dari efek samping yang ringan hingga berat.

Nah, untuk mengetahui apa saja efek samping ARV yang patut untuk diminimalisir. Yuk, langsung saja.Simak info selengkapnya di bawah ini.

 

  1. Osteoporosis

Salah satu efek samping ARV untuk tulang ialah berpotensi menyebabkan osteoporosis. Ya, kandungan pada obat ARV menyebabkan mineral penyusun tulang hilang, akibatnya tulang pun menjadi rapuh. Solusi yang bisa dicoba untuk meminimalisir efek samping ARV ini cukup dengan minum suplemen penambah kalsium atau minum susu rutin setiap harinya.

 

  1. Anemia

Jika terjadi anemia yang parah, maka disarankan untuk merubah jenis ARV yang biasa dikonsumsi.Untuk mengetahui apakah terkena efek samping ini atau tidak, pengecekan darah secara berkala dapat memberikan jawaban yang akurat. Efek samping ARV ini akan menyebabkan penggunanya merasa lemas dan pusing kepala.

 

  1. Ruam di kulit

ARV jenis Nevirapine dapat memicu ruam kulit bagi sebagian orang yang meminumnya.Ruam pada kulit ini biasanya muncul pada minggu pertama pemakaian.

 

  1. Mual

Efek samping ARV yang sering dialami saat baru pertama kali melakukan terapi ialah mual-mual.Namun, seiring dengan berjalannya waktu. Rasa mual ini akan hilang dengan sendirinya. Makan dengan porsi yang sedikit namun sering adalah salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini.

 

  1. Masalah pencernaan

Salah satu masalah yang sering dilaporkan ODHA sehabis menjalani terapi ARV adalah rasa nyeri pada perut, muntah, kembung, dan diare. Hal ini dapat diatasi dengan menghindari makanan seperti buncis, dan sayuran mentah.Sedangkan untuk solusi terbaiknya, ODHA bisa berkonsultasi dengan dokter.

 

  1. Toksisitas mitokondria

Ini merupakan kerusakan rangka dalam sel. Efek samping ARV yang satu ini berpotensi menyebabkan neuropati (kerusakan pada ginjal), serta dapat meningkatkan asam laktik dalam tubuh.

 

  1. Menyebabkan lemak dan gula yang tinggi dalam darah

Masalah lemak atau kadar gula yang tinggi ini dapat menyebabkan penyakit jantung. Jadi ada baiknya, ODHA yang sedang melakukan terapi ARV ini untuk menghindari makanan yang mengandung banyak kolesterol, trigliserida, dan glukosa.

 

  1. Kelelahan

Satu lagi efek samping ARV yang sering dikeluhkan para ODHA, yaitu kelelahan seusai melakukan terapi ini.mengetahui penyebab kelelahan yang pasti sangat penting, segera tangani, dan konsultasikan dengan Dokter ahli.

 

Itulah beberapa efek samping ARV, konsultasi dengan dokter yang ahli dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengurangi resiko yang ditimbulkan ARV ini.

Advertisement
Efek Samping ARV Yang Harus Anda Ketahui | muhammad yamin | 4.5