5 Efek Samping Buah Nanas pada Ibu Hamil

Kamis, September 28th, 2017 - Kumpulan Efek Samping
5 Efek Samping Buah Nanas pada Ibu Hamil

5 Efek Samping Buah Nanas pada Ibu Hamil

5 Efek Samping Buah Nanas pada Ibu HamilBuah Nanas merupakan salah satu  buah tropis yang sangat baik bagi kesehatan. Buah yang kaya akan vitamin C, B1, B2, B3, B4, B5, B6 serta tinggi akan  kandungan bromelain ini, dapat membantu Anda dalam memperkuat  sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi dibalik khasiat buah nanas yang baik untuk kesehatan, efek samping buah nanas yang mengandung tinggi bromelain ternyata kurang baik bagi  ibu hamil.

Banyak rumor yang beredar bahwa buah nanas adalah buah yang harus dihindari oleh ibu hamil. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena pada kenyataannya buah nanas memang berbahaya bagi ibu hamil.

Berikut ini  adalah 5 efek samping buah nanas yang dapat membahayakan bagi ibu hamil:

  1. Buah nanas dapat menyebabkan keguguran dan bayi lahir premature

Kandungan alkohol dan enzim bromealin yang terdapat dalam buah nanas menyebabkan buah nanas bersifat asam dan mengandung banyak gas.

Hal ini yang menjadikan buah nanas bersifat abortivum, yaitu memiliki kemampuan untuk melemahkan leher rahim dan dapat memicu terjadinya kontraksi dini sehingga dapat menyebabkan bayi terlahir premature atau keguguran.

  1. Memicu reumatik

Jika buah nanas dikonsumsi oleh ibu hamil dalam jumlah yang banyak, maka efek samping buah nanas pada ibu hamil adalah dapat memicu munculnya reumatik. Hal ini disebabkan karena kandungan alkohol yang terdapat di dalam buah nanas telah mengalami fermentasi alami yang dapat menimbulkan adanya rasa linu, nyeri, dan radang sendi.

  1. Menyebabkan naiknya gula darah dalam tubuh

Buah nanas yang segar dan manis memiliki kandungan gula cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan naiknya kadar gula dalam darah pada ibu hamil. Hal ini juga dapat meningkatkan resiko bayi besar atau gejala diabetes pada bayi setelah  bayi dilahirkan.

  1. Menimbulkan rasa gatal

Apabila buah nanas dikonsumsi secara berlebihan, asam askorbat yang terdapat dalam buah nanas memiliki efek samping dapat menimbulkan rasa gatal pada lidah, mulut dan tenggorokan. Hal ini tentu saja menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan  dapat mengganggu sistem pencernaan.

  1. Diare dan nyeri perut pada ibu hamil

Ibu hamil yang cenderung menyukai buah-buahan masam seperti buah nanas, dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung pada ibu hamil. Naiknya asam lambung dapat menyebabkan mulas berkepanjangan, mual-mual, nyeri pada perut dan diare. Tentu saja hal ini bisa membahayakan kesehatan ibu dan janinnya apabila tidak segera ditangani.

Ternyata efek samping buah nanas untuk ibu hamil sangat dapat membahayakan janin dalam kandungan. Sebagai ibu hamil, Anda harus memperhatikan asupan gizi yang Anda konsumsi. Sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu jika Anda berkeinginan untuk mengkonsumsi buah nanas, karena  apa yang Anda konsumsi  tidak hanya akan  berpengaruh pada tubuh Anda tetapi juga pada bayi Anda.

5 Efek Samping Buah Nanas pada Ibu Hamil | muhammad yamin | 4.5