Manfaat dan Efek Samping Cuka Apel Bagi Tubuh

Kamis, Juni 21st, 2018 - Kumpulan Efek Samping, Obat Herbal

manfaat dan efek samping cuka apel

Manfaat dan Efek Samping Cuka Apel Bagi Tubuh– Cuka apel adalah salah satu bahan alami yang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan telah digunakan ratusan tahun silam. Jenis cuka buah ini sudah sangat mudah untuk bisa ditemui banyak dijual di pasar tradisional dan apotek terdekat. Selain itu anda juga dapat membuatnya sendiri dan caranyapun sangatlah mudah. Namun di artikel kali ini kami tidak akan membahas cara membuat cuka apel namun kami akan membahas dari sudut pandang lain yakni efek samping cuka apel namun sebelum itu terlebih dahulu kami jelaskan apa saja manfaat dari cuka apel tersebut.

Sudah terbukti  banyak yang telah merasakan khasiat dari  cuka apel dan telah digunakan untuk berbagai macam pengobatan  diantarany dipercara ampuh  untuk menyembuhkan  penyakit seperti demam, batuk dan pilek, sebagai antibiotik, detoksifikasi, minuman energi, selain itu cuka apel juga digunakan sebagai pengawet dan bumbu masakan, digunakan juga sebagai antiseptik-disinfektan untuk membersihkan luka dan alat-alat kesehatan, dan hebatnya lagi cuka apel bisa digunakan sebagai deodoran.

Cuka apel diperoleh dari sari apel yang telah melalui proses fermentasi, dimana  bakteri dan ragi mengubah gula menjadi alkohol dan selanjutnya menjadi asam asetat. Cuka sari apel ini kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, klorida, fosfor, kalsium, dan magnesium, dan mineral, seperti, tembaga, fluor, serta vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, bioflavonoid , dan pektin

Banyak sekali manfaat dan khasiat dari cuka apel  dimana hal tersebut juga telah dibuktikan dari beberapa penelitian:

  • Terbukti dapat Meredakan sakit tenggorokan, pilek, dan infeksi sinus
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi menjadi lebih rendah
  • Sangat baik untuk kesehatan kulit, diantaranya dapat mengatasi jerawat pada wajah.
  • Membersihkan racun dalam tubuh atau Detoksifikasi
  • Mengobati serta dapat mencegah alergi
  • Memperbaiki stamina pria dewasa
  • Menjaga dan memperbaiki kualitas kekebalan tubuh.
  • Memperbaiki serta Meningkatkan metabolisme tubuh sehinga membantu menurunkan berat badan
  • Sangat baik untuk pencernaan
  • Mengurangi rasa nyeri dan kekakuan sendi
  • Mengobati dan Meringankan Infeksi kandung kemih

Itulah beberapa khasiat cuka apel, namun sebelum menggunakannya ada baiknya anda juga memahami apa saja efek samping dari cuka apel tersebut sehingga bisa menjadi pertimbangan sebelum menggunakannya.

Berikut efek samping cuka apel

  1. Merusak Gigi

Kadar asam yang terkandung dalam cuka apel tentunya sangatlah tidak baik baik untuk kesehatan gigi ,Paparan asam dalam kadar tinggi pada gigi dapat menyebabkan keroposnya lapisan gigi terluar. Ini karena email, lapisan terluar gigi sangat sensitif terhadap paparan asam. Nah untuk mengatasi masalah tersebut  , Anda dapat  mengonsumsi cuka apel dengan menggunakan sedotan. Cara ini akan mencegah kontak antara cuka apel dengan gigi.

 

  1. Melukai Tenggorokan

Efek samping cuka apel selanjutnya adalah dapat melukai tenggorokan, dimana ini disebabkan karenakandungan asam yang tersimpan dalam cuka apel tidak berbeda dengan kebanyakan asam lainnya yang ketika berada dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan efek iritasi. Efek korotif ini semakin memburuk ketika terpapar pada membran lendir yang terdapat pada tenggorokan, mulut dan kerongkongan.

 

  1. Memicu Hipoglikemia

Kita ketahui bersama bahwa salah satu manfaat dari cuka apel adalah membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan daya serap tubuh terhadap gula, dan tentunya hal ini sangatlah baik untuk membantu proses penurunan kadar gula.

Namun, manfaat ini bisa  menjadi bumerang bagi pasien diabetes yang sudah menjalankan terapi diabetes. Karena terapi cuka apel akan berpadu dengan terapi diabetes yang dijalankan. Pada akhirnya pasien akan memiliki resiko tinggi mengidap hipoglikemia.

Nah itulah penjelasan tentang manfaat serta efek samping cuka apel, cuka apel memang memiliki banyak sekali manfaat namun juga memiliki beberapa efek samping, jika anda tetap ingin menggunakan cuka apel kami sarankan untuk terlebih dahulu konsultasi dengan dokter anda.

 

 

 

 

 

 

Manfaat dan Efek Samping Cuka Apel Bagi Tubuh | muhammad yamin | 4.5