Khasiat Dan Efek Samping Gurah Dalam Pengobatan Sinusitis

Sabtu, September 23rd, 2017 - Kumpulan Efek Samping
Efek samping gurah

Efek samping gurah

Khasiat Dan Efek Samping Gurah Dalam Pengobatan Sinusitis Sinusitis adalah peradangan atau inflamasi yang terjadi pada dinding sinus. Sinus merupakan rongga kecil yang berisi udara yang terletak pada belakang tulang pipi dan tulang dahi. Gejala umum yang terjadi saat Anda terkena Sinusitis adalah sakit kepala, demam, hidung tersumbat, nafas berbau, dan rasa nyeri bila ditekan.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu. Salah satu pengobatannya adalah dengan menggunakan gurah. Tapi bagaimana efek samping gurah dalam pengobatan sinusitis?

Gurah merupakan pengobatan yang bertujuan untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh dengan menggunakan ramuan-ramuan tradisional. Cara kerjanya dengan memasukkan cairan srigunggu  yang diteteskan melalui hidung pasien.

Khasiat dan efek samping gurah sebenarnya secara medis belum diketahui, oleh karena itu di dalam dunia kedokteran belum menggunakan metode gurah ini sebagai cara mengobati penyakit sinus atau sinusitis.

Cara kerja gurah dalam pengobatan sinusitis

Bahan utama dalam ramuan yang digunakan untuk cairan gurah adalah tanaman bunga srigunggu atau senggugu. Di dalam tanaman ini mengandung zat bernama saponin.

Saponin bekerja sebagai vasilidator untuk memperluas pembuluh darah dan merangsang pertumbuhan lendir. Pembentukan lendir yang terjadi inilah yang dipercaya  bisa mengobati penyakit sinus.

Efektif atau tidaknya gurah dalam menyembuhkan penyakit sinusitis masih menjadi banyak perdebatan. Kurangnya penelitian yang dilakukan terhadap khasiat dan efek samping gurah dalam pengobatan sinus menjadikannya tidak digunakan dalam dunia kedokteran.

Selain mengobati sinusitis, gurah dipercaya memiliki khasiat membuat suara menjadi lebih merdu, menjernihkan suara dan memperpanjang nafas. Hal ini tentu saja merupakan kabar yang menggembirakan bagi penyanyi atau qori-qariah.

Efek samping gurah bisa terjadi jika pasien mengkonsumsi ramuan untuk gurah dengan dosis yang tidak tepat atau over dosis. Adapun beberapa dampak negative gurah yang dapat ditimbulkan adalah tuli, gangguan otak, gangguan menstruasi pada wanita.

Beberapa pengobatan lain selain gurah yang dapat dilakukan  untuk meringankan gejala-gejala sinusitis kronis adalah:

  1. Saline nasal irrigation,

Hal ini mampu mengurangi penumpukan cairan yang ada pada sinus dan membersihkan zat penyebab  terjadinya iritasi dan alergi.

  1. Kompres dengan air hangat,

membantu mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada rongga sinus dan hidung.

 

Demikian  penjelasan mengenai khasiat dan efek samping gurah . Semoga penjelasan diatas  bisa membuat anda lebih bijak dalam memilih jenis pengobatan untuk penyakit yang Anda derita. Terlebih anda harus berhati-hati dengan jenis pengobatan yang belum jelas penelitiannya.

 

Khasiat Dan Efek Samping Gurah Dalam Pengobatan Sinusitis | muhammad yamin | 4.5