Efek Samping Implant KB Dan Penanganannya

Rabu, Maret 11th, 2015 - Kumpulan Efek Samping
Advertisement
Efek Samping Implant KB

Efek Samping Implant KB

Efek samping implant KB atau susuk – yang paling sering dialami oleh kebanyakan wanita yaitu akan terjadi perubahan dalam menstruasi. Seperti bertambahnya pendarahan dalam satu siklus, pendarahan spotting (bercak), siklus haid berkurang, dan amenore.

Pada umumnya perubahan haid tidak ada efeksamping yang dapat membahayakan ekspektor.Walaupun terjadi pendarahan lebih sering dari biasanya dan volume darah yang menghilang tidak berubah pada sebagian ekspektor. Pendarahan iregulerakanberkurang seiring dengan berjalannya waktu dan jarang terjadi pendarahan hebat.

Selain beberapa hal di atas, sebenarnya masih banyak lagi efek samping implant KB atau susuk  yang belum banyak diketahui. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang lain dari implant KB atau susuk

  1. Terjadinya efek pada system reproduksi

Jarang terjadi efek samping implant KB atau susuk yang serius pada sistem reproduksi pada pemakaian norplant. Pada 10 persen ekspektor ditemukan ada kista ovarium sementara yang berukuran ada yang 10 cm. Akantetapi tidak perlu dengan proses pembedahan karena kista akan mengalami regenerasi spontan dalam waktu sekitar 5 minggu.

  1. Kehamilan Ektopik

Efek samping implant KB atau susuk yang selanjutnya adalah bertambahnya resiko kehamilan ektopik, namun tidak memiliki efek samping buruk pada bayi dalam kandungan maupun bayi yang sedang menyusui. Pemakaian norplantselama kita laktasi juga dapat mempengaruhi kadar hormone pada bayi. Kemudian imoglobin serum dan kadar dari FSHH, LH serta testosterone pada urine sama juga pada bayi yang disusui ekspektornorplant dan yang disusui akseptor dengan metode barier atau para ibu-ibu yang tidak memakai alat kontrasepsi apapun.

  1. Efek samping lain

Sakit kepala merupakan efek samping implant KB atau susuklain yang sering menjadi keluhan. Dengan menggunakan norplantakan menyebabkan perubahan sistematik yang sedikit. Terdapat sedikit perubahan minor dan masih dalam batas yang normal.Seperti fungsi metabolism karbohidrat, hipar, tekanan darah, pembekuan darah, imuglobin, serum cortisol, phosphate anorganik, urea nitrogrn dan berat badan.

BACA JUGA : EFEK SAMPING KONDOM

EFEK SAMPING KIRANTI

 

Penanganan efek samping implant KB atau susuk :

  1. Efek Samping Implant KB Atau Susuk : Amenorea

Sebaiknya anda melakukan pengecekan apakah hamil atau tidak.Dan bila anda tidak hamil maka tidak memerlukan penanganan yang khusus hanya cukup dengan konseling.Jika pasien tidak cocok dengan implant KB maka angkatlah implant dan gantilah dengan menggunakan alat kontrasepsi lain.Dan jika terjadi kehamilan dan akan diteruskan proses kehamilanya  maka implant harus di ambil agar  implant agar tidak membahayakan pada bayi dalam kandungan.

  1. Efek samping implant KB atau susuk : Pendarahan Bercak Ringan (Spoting)

Jika tidak terdapat masalah dank lien tidak mengalami hamil maka tidak diperlukan tindakan apapun. Jika penderita masih ingin memakai implant maka akan diberikan pil kombinasi siklus 3 x 800 mg untuk 5 hari. Setelah pil habis maka akan terjadi pendarahan. Spabila pendarahan malah keluar dengan banyak maka akan diberikan 2 pil untuk 7 hari dan dilanjutkan dengan siklus pil kombinasi etinilestradiol 50 mg ataupun estrogen equin 1,25 mg untuk 21 hari.

  1. Efek Samping Implant KB Atau Susuk = Ekplusi

Apabila terkena eksplusi periksalah apakah kapsul masih di tempat dan cabutlah.Jika tidak, anda bisa memasang kapsul baru pada tempat yang berbeda.Apabila terkena infeksi maka cabutlah semua kapsul dan pasang 1 kapsul pada lengan yang satunya. Atau pindah menggunakan alat kontrasepsi yang lain.

Itulah beberapa efek samping implant KB atau susuk. Semoga dapat menjadi masukan untuk anda sebelum memutuskan untuk melakukan implant KB.Pilihlah alat kontrasepsi yang cocok dengan anda.

 

Efek Samping Implant KB Dan Penanganannya | muhammad yamin | 4.5