Efek Samping Jengkol Pada Penderita Asam Urat

Rabu, September 27th, 2017 - ARTIKEL SEHAT, Kumpulan Efek Samping
efek samping jengkol

efek samping jengkol

Bahaya Dan Efek Samping Jengkol Pada Penderita Asam UratJengkol dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Akan tetapi  dibalik aroma yang khas dan rasa yang lezat, jengkol dapat membahayakan bagi penderita asam urat. Asam urat merupakan penyakit radang sendi yang dapat menyebabkan rasa nyeri secara tiba-tiba, terasa kaku atau pembengkakan pada sendi.

Berikut Bahaya dan Efek samping jengkol pada penderita asam urat:

  1. Bau mulut

Kelezatan  Biji jengkol memang sudah tidak diragukan lagi, apalagi jika  jengkol  diolah dalam menjadi semur, sambal goring atau rending. Akan tetapi dibalik cita rasa yang dimiliki, efek samping jengkol setelah dikonsumsi adalah menimbulkan bau mulut yang tak sedap.

Tentu saja hal ini dapat mengakibatkan perasaan kurang percaya diri dan perasaan tidak nyaman bagi pengonsumsi maupun orang sekitarnya.

Jika Anda adalah penikmat jengkol tetapi Anda  merasa terganggu dengan bau yang ditimbulkannya saat Anda mengobrol dengan teman Anda. Maka sebaiknya segera gunakan obat kumur setelah Anda mengkonsumsi jengkol.

Atau Anda dapat mengkonsumsi buah jeruk atau semangka yang banyak mengandung vitamin C, yang diyakini dapat membunuh bakteri di dalam mulut penyebab bau mulut.

  1. Keracunan

Keracunan asam jengkolat umumnya terjadi setelah 5 sampai 12 jam setelah Anda mengkonsumsi Jengkol. Gejala yang ditimbulkan seperti munculnya rasa nyeri di pinggang, di perut dan disertai mual muntah. Lebih parahnya lagi, asam jengkolat ini dapat memicu terjadinya gagal ginjal atau bahkan kematian.

Namun tidak semua penikmat jengkol mengalami keracunan, hal ini tergantung pada tingkat sensitifitas asam lambung masing-masing.

Jika Anda mengalami gejala-gejala diatas setelah Anda mengkonsumsi jengkol dalam jumlah tertentu, maka hal yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan memperbanyak minum air dan ditambah dengan pemberian asam bikarbonat sebanyak 2 gram sebanyak 4 kali dalam sehari. Hal ini dipercaya mampu meredakan gejala keracunan yang terjadi, apabila gejala sakit berlanjut Anda bisa menghubungi dokter.

  1. Kelumpuhan

Pada penderita asam urat, efek samping jengkol dapat berakibat fatal. Asam urat dapat memperparah pengkristalan yang terjadi pada sendi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan sendi yang dapat berujung pada kelumpuhan dan cacat permanen.

Hal ini harus Anda perhatikan, jangan sampai hal sepele semacam ini dapat mengancam keselamatan nyawa Anda.

Sebenarnya penderita asam urat boleh-boleh saja mengkonsumsi jengkol. Akan tetapi, harus memperhatikan intensitas seberapa sering Anda mengonsumsinya. Dan tentu saja tidak boleh mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak dan berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan selalu tidak baik akibatnya.

Demikian bahaya dan efek samping jengkol pada penderita asam urat. Bagi Anda penderita asam urat  sebaiknya segera lakukan pola hidup sehat dan melakukan olahraga secara rutin untuk dapat menjaga kesehatan Anda.

 

Efek Samping Jengkol Pada Penderita Asam Urat | muhammad yamin | 4.5