Pahami Efek Samping Kurma Bagi Kesehatan Anda

Jumat, Mei 11th, 2018 - ARTIKEL SEHAT
efek samping kurma

inilah efek samping kurma

Pahami Efek Samping Kurma Bagi Kesehatan Anda – Tentunya anda sudah  tidak asing dengan buah kurma bukan ?, walaupun buah jenis  ini bukan  asli dari  indonesia, buah ini cukup populer dilangan masyarakat kita. Dimana arab saudi adalah negara penghasil utama buah nabi ini.

Saat ini ada banyak sekali varian kurma dan jenis kurma  salah satu yang memiliki harga cukup mahal adalah kurma jenis  Ajwa. Bahkan, harga kurma ajwa ini perkilonya dikisaran haraga  500ribu , namun ada juga jenis kurma yang cukup terjangkau dikisaran 50 ribu perkilo dan sangat mudah di temuni dipasar dan swalayan.

Namun kali ini kami tidak akan mebahas jenis atau harga kurma, namun kita akan membahas sisi lain dari buah asli timur tengah ini, yakni efek samping kurma. Seperti yang kita pahami bersama buah kurma memiliki segudang manfaat ini dikarenakan zat pada buah kurma sangat kopleks dan sangat baik untuk kesehatan.Namun jika dikonsumsi secara berlebihan  (lebih dari 10 biji per hari), buah ini bisa memberikan efek samping negatif bagi tubuh dan kesehatan anda.

Berikut beberapa efek samping kurma:

  1. Menyebabkan ruam di kulit

Harus diketahui dulu jika buah kurma segar tidak akan menimbulkan efek buruk, namun yang berbahaya disini adalah buah kurma yang telah dikeringkan yang banyak di jual dipasaran, dimana buah tersebut mengandung sulfit. Sulfit adalah jenis senyawa kimia yang dilarutkan kebuah kurma untuk mengawetkannya dan menghulangkan bakteri berbahaya.

  1. Asma
    Penelitian tentang buah kurma dapat menimbulkan asma masih sangat minim, namun karena kurma bisa menyebabkan alergi, dan alergi bisa menjadi pintu masuk asma, maka ada baiknya anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kurma .
  2. Meningkatkan berat badan
    efek samping kurma selanjutnya adalah bisa membuat berat badan bertambah, sebenarnya kurma mengandung serat yang cukup tinngi dimana hal tersebut baik untuk pencernaan, namu buak kurma juga mengandung 2,8 kalori per gramnya artinya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak akan memicu bertambahnya berat badan.
  3. Menyebabkan hyperkalemia

Buah kurma adalah buah yang banyak mengandung potasium dan jika mengkonsumsinya dalam jumbla yang berlebihan dapat menyebabkan hyperkelemia. Hyperkelemia adalah keadaan dimana kandungan potassium sayang tinggil dalam darah.

Kadar  potassium dalam darah yang  ideal adalah antara 3,6 sampai 5,2 milimol per liter. Dan jika kadar potasium dalam darah lebih tinggi dari 7 milimol per liter bisa berbahaya bagi kesehatan  dan perlu  intervensi medis segera.

  1. Menyebabkan masalah pencernaan

Tahukah anda jika  buah Kurma sering dilapisi dengan lilin. Diaman Buah sering dilapisi dengan lilin menciptakan kesan mengkilap, lilin yang biasa digunakan adalah minyak bumi atau semprotan kimiawi, dan kedua duanya bisa  memiliki dampak buruk bagi pencernaan anda jika dikonsumsi banyak dan dalam jangka waktu yang panjang.

Namun, kami garis bawahi  kembali bahwa efek samping kurma ini mungkin terjadi jika Anda mengonsumis buah kurma secara berlebihan, yaitu lebih dari 10 biji kurma kering dalam sehari.

 

 

Pahami Efek Samping Kurma Bagi Kesehatan Anda | muhammad yamin | 4.5