Efek Samping Minuman Berenergi Bagi Kesehatan

Rabu, Maret 11th, 2015 - Kumpulan Efek Samping
Efek Samping Minuman Berenergi

Efek Samping Minuman Berenergi

Efek samping minuman berenergi – Mengkonsumsi minuman berenergi secara berlebihan akan menimbulkan efek samping yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Para ahli juga mengatakan bahwa minuman berenergi  berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, karena minuman berenergi tersebut banyak mengandung gula dan kafein yang cukup tinggi serta banyak lagi campuran bahan-bahan berbahaya lainnya.

Seperti yang dikemukakan oleh Professor Roland Griffiths dari psikiatri dan ahli saraf dariUniversity School Of Medicine yaitu Jhons Hopkins bahwa dengan mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein akan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan pada tubuh manusia.

Kandungan gula dan kafein yang tinggi

Dalam sebuah penelitian, para ahli mengatakan bahwa minuman berenergi lebih banyak mengandung kafein dibandingkan dengan minuman kopi.Selain itu minuman penambah energi juga dapat berpotensi menimbulkan dampak resikoatau  lebih tinggi apabila dicampur dengan alkohol.

Peneliti dari Universitas Texas AS mengemukakan bahwa minuman penambah energi mengandung seperempat cangkir gula dan banyak mengandung kafein dibandingkan dengan kopi pekat.

Kadar kafein yang terdapat dalam minuman berenergi sangatlah beragam.Yakni memiliki kandungan kafein sekitar 70 sampai 200 mg pada setiap 16 ons penyajianya. Jika di bandingkan dengan minuman kopi, secangkir kopi dengan berat 8 ons hanya mengandung 40 sampai 150 kafein saja, tergantung bagaimana kita menyeduhnya.

Dalam beberapa kasus bahwa dengan efek samping minuman berenergi yaitu dapat menyebabkan tekanan darah menjadi meningkat sehingga dapat meningkatkan detak jantung, khususnya bagi mereka yang tekanan darah tinggi. Gejala dari minuman berenergi ini akan mengakibatkan mual, rasa pusing, terkenanya sakit maag, tremor, dan mati rasa.

Dengan banyak kandungan gula yang terdapat di dalam minuman berenergi dapat menyebabkan penyerapan air ke tubuh akan terhambat sehingga bisa menyebabkan dehidrasi. Terjadinya dehidrasi juga akan memperburuk performa kita dalam beraktivitas. Selain itu, Efek samping minuman berenergi yaitu dapat menyebabkan kita terkena penyakit gula.Minuman berenergi ini dapat menjadi pemicu kadar gula darah untuk meningkat, dapat pula merusak gigi, dan juga dapat menyebabkan naiknya berat badan.

Terdapat campuran taurin

Minuman berenergi pada umumnya mengandung campuran taurin atau semacam asam amino, akan tetapi asam amino ini tidak sama dengan asam amino esensial yang terdapat pada makanan. Kebanyakan produk-produk minuman sering ditambah dengan taurin karena dipercaya dapat meningkatkan kinerja seseorang saat sedang beraktivitas fisik.Banyak sekali manfaatdari taurin, diantaranya dapat untuk mengobati gagal jantung kongestif, tekanan darah tinggi, serta penyakit hati.

Banyak yang mengatakan bahwa taurin ini berasal dari testis banteng.Akan tetapi zat taurin ini tidak hanya terdapat pada banteng saja, zat taurin bisa didapatkan juga dari sapi betina, dan juga bisa didapatkan dari daging dan ikan.

Akan tetapi dari semua itu, ada isu yang mengungkapkan bahwa bahan sebenarnya masih banyak bahan-bahan untuk membuat minuman berenergi ini tidak dicantumkan pada label, seperti asam amino, taurin, stimuli guarana, ramuan, mineral dan vitamin lainnya.

Inilah yang akan menjadikan kekhawatiran para konsumen akan aman atau tidaknya minuman berenergi ini. Percampuran bahan-bahan tersebut akanmenimbulkan efek samping, seperti mempengaruhi tekanan darah, denyut jantung, dan kondisi mental jika mengkonsumsi dengan jumlah yang banyak bersamaan dengan mengkonsumsi alcohol.

Demikianlah beberapa Efek samping minuman berenergi yang sangat membahayakan bagi kesehatan tubuh.Untuk itu, mulai sekarang kurangilah atau bahkan hindari mengkonsumsi minuman berenergi. Sebagai penggantinya, anda bisa mengkonsumsi susu ataupun memperbanyak mengkonsumsi air putih serta buah-buahan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan juga menginspirasi kesehatan tubuh anda dengan menghindari minuman berenergi.

 

 

Efek Samping Minuman Berenergi Bagi Kesehatan | muhammad yamin | 4.5