Efek Samping Semangka Pada Kandungan Ibu Hamil

Kamis, Oktober 5th, 2017 - Kumpulan Efek Samping
Bahaya Dan Efek Samping Semangka Pada Kandungan Ibu Hamil

Bahaya Dan Efek Samping Semangka Pada Kandungan Ibu Hamil

Bahaya Dan Efek Samping Semangka Pada Kandungan Ibu HamilSemangka merupakan buah yang banyak mengandung air, sangat cocok jika dikonsumsi pada siang hari. Buah Semangka memiliki berbagai kandungan  vitamin, mineral dan nutrisi yang baik bagi kandungan ibu hamil.

Akan tetapi dibalik  nutrisi yang beraneka ragam, ternyata efek samping semangka jika dikonsumsi oleh ibu hamil secara berlebihan dapat membahayakan janin dalam kandungannya.

Berikut  adalah penjelasannya:

  1. Semangka menyebabkan infeksi saluran gastrointestinal

Semangka banyak mengandung lycopene, yaitu zat warna merah. Yang dapat menyebabkan adanya gangguan pada saluran gastrointensial. Gastrointensial merupakan  gangguan system pencernaan yang terjadi pada usus dan lambung.

Gejalanya berupa diare, kembung, susah BAB. Saluran ini sangat vital karena dengan saluran inilah ibu hamil dapat menyalurkan nutrisi kepada janin yang ada di dalam kandungannya.

  1. Memicu  terjadinya Hiperkalemia

Efek samping semangka apabila dikonsumsi secara berlebihan adalah memicu hyperkalemia. Hiperkalemia merupakan kondisi dimana telah terjadi kelebihan kalium dalam tubuh yang dapat menyebabkan detak jantung seseorang menjadi tidak teratur, otot dan syaraf berjalan tidak normal sehingga hal ini dapat berakibat buruk bagi ibu hamil, terlebih dengan gangguan kardiovaskular atau penyakit jantung.

  1. Mengganggu Kerja Ginjal

Karena jumlah mineral yang tidak seimbang akibat kelebihan potassium yang terkandung dalam buah semangka, kinerja ginjal akan melemah dan terforsir sehingga kinerja ginjal  menjadi lebih berat.

Efek samping semangat ini tentu saja hal ini dapat membahayakan janin yang terdapat  dalam kandungan ibu hamil.

  1. Stabilitas nutrisi  pada ibu hamil akan terganggu

Zat-zat sisa dalam tubuh dapat dibersihkan oleh semangka, akan tetapi  jika  ibu hamil mengkonsumsi semangka secara berlebih malah dapat berakibat buruk karena semangka juga akan membersihkan nutrisi di dalam tubuh. Jika Ibu hamil kekurangan nutrisi maka akan sangat berakibat fatal pada janin.

  1. Menyebabkan Diabetes

Mengkonsumsi semangka dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan diabetes. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah semangka cukup tinggi. Sehingga ibu hamil dengan atau tanpa riwayat penyakit diabetes akan berbahaya jika mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan.

Bahaya dan efek samping semangka jika dikonsumsi oleh ibu hamil yang paling berbahaya adalah resiko penyakit diabetes. Maka dari itu menjadi ibu hamil harus lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi apapun.

Konsultasikan dengan dokter dulu tentang apa saja makanan yang boleh dikonsumsi, karena Ibu hamil harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap janin yang ada di dalam kandungannya. Jika makanan tersebut sekiranya membahayakan bagi janinnya maka  sebaiknya untuk dihindari saja.

 

Efek Samping Semangka Pada Kandungan Ibu Hamil | muhammad yamin | 4.5