Efek Samping Ubi Jalar Sebagai MPASI Bagi Bayi

Senin, Oktober 9th, 2017 - ARTIKEL SEHAT
Efek samping ubi jalar

Efek samping ubi jalar

Efek Samping Ubi Jalar Sebagai  MPASI  Bagi Bayi –  Melihat tumbuh kembang si kecil dengan sehat merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Keinginan untuk selalu memberikan yang terbaik bagi buah hatinya adalah hal yang utama. Salah satunya adalah pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) bagi si kecil.

Ubi Jalar yang dikenal tinggi serat dan rendah kolesterol kini telah hadir sebagai MP-.ASI, tetapi bagaimana efek samping ubi jalar bila dikonsumsi oleh si kecil sebagai MP-ASI?

Sebelum membahas efek samping ubi jalar sebagai MP-ASI  bagi bayi, mari kita bahas terlebih dahulu khasiat apa yang terkandung dalam ubi jalar. Kenapa ubi jalar sangat cocok dijadikan sebagai MP-ASI bagi bayi Anda. Berikut adalah manfaat dari ubi jalar:

  1. Ubi jalar meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan beta karoten dan Vitamin C pada ubi jalar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Kolaborasi dari kedua inilah yang mampu menghalau berbagai virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

  1. Sebagai Anti Inflamasi

Ubi jalar memiliki khasiat sebagai anti inflamasi atau anti peradangan yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E yang terdapat dalam ubi jalar terbukti mampu untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah dari kerusakan degenerasi atau kerusakan pada epitel retina.

  1. Membantu sistem pencernaan

Ubi jalar yang mengandung tinggi serat akan mengikat lemak-lemak yang terdapat dalam dinding usus sehingga  sangat baik untuk membantu sistem pencernaan bayi Anda.

  1. Ubi jalar sebagai sumber energy

Kandungan  zat besi dan magnesium yang terdapat dalam ubi jalar mampu meningkatkan energi untuk tumbuh kembang bayi Anda.

Makanan pendamping ASI ubi jalar memang memiliki khasiat yang baik untuk bayi Anda, akan tetapi Anda juga harus memperhatikan efek samping ubi jalar  sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi Anda.

  1. Penyebab perut kembung pada bayi

Mengkonsumsi Ubi jalar dapat menyebabkan perut kembung pada bayi. Hal ini terjadi karena kandungan pati yang sulit dicerna usus sehingga terjadi fermentasi oleh bakteri yang menyebabkan terbentuknya gas di dalam perut.

  1. Alergi pada bayi

Sebenarnya alergi terhadap kandungan protein dalam ubi jalar tidak terlalu tinggi dan  bersifat individual dan genetik. Akan tetapi alangkah baiknya jika sebelum membuat ubi jalar sebagai MPASI.

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter anak Anda, terkait seberapa besar efek samping ubi jalar sebagai pengenalan makanan padat pada bayi dan makanan yang dapat menimbulkan alergi pada bayi Anda.

Efek Samping Ubi Jalar Sebagai MPASI Bagi Bayi | muhammad yamin | 4.5