Flek Cokelat Sebelum Haid Apakah Berbahaya?

Sabtu, Juli 2nd, 2016 - ARTIKEL SEHAT, Tips Sehat
Advertisement
flek cokelat sebelum haid

flek cokelat sebelum haid

Flek Cokelat Sebelum Haid Apakah Berbahaya?– Apakah anda sering mengalami flek yang berwarna kecokelatan pada celana dalam sebelum waktu haid datang?. Jika terjadi hal demikian, anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Pasalnya bukan hanya anda saja yang mengalami hal serupa, kebanyakan wanita juga akan mengalami flek cokelat sebelum haid. Hal tersebut biasanya terjadi selama 1 hingga 2 hari selama proses haid berlangsung.

 

Tak hanya ditandai dengan flek coklat saja, selama proses haid beberapa wanita akan mengalami ketidaknyamanan fisik seperti perubahan suasana hati dan kram perut. Untuk durasi perdarahan haid umumnya terjadi selama 4 hingga 7 hari dalam satu bulan. Umumnya hal tersebut normal dan tidak berbahaya, namun anda juga harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina bukan dari saluran anus maupun urine.

 

Jika flek cokelat sebelum haid yang terjadi di pertengahan siklus bulanan anda, hal ini juga merupakan pertanda baik. Pasalnya, hal ini bisa dijadikan pilihan untuk anda yang ingin cepat hamil. Flek cokelat tersebut pertanda bahwa anda sedang mengalami proses ovulasi, sehingga hal tersebut akan membuat sel telur mudah untuk dibuahi.

Selain tanda-tanda di atas, flek cokelat sebelum haid juga bisa menjadi pertanda bahwa anda mengalami beberapa hal di bawah ini.

 

  • Kehamilan : Flek cokelat juga bisa diartikan jika anda sedang berbadan dua. Biasanya, flek cokelat tersebut keluar pada usia kehamilan 7-10 hari. Flek tersebut muncul diakibatkan karena janin sedang menempelkan dirinya pada dinding rahim untuk melakukan pertumbuhan yang selanjutnya.

 

  • Perimenopause : Ketika anda menginjak usia transisi menuju menopause yaitu sekitar usia 40 an, flek cokelat sebelum haid tersebut terjadi karena tubuh anda sedang mengalami transisi karena anda tidak akan mengalami ovulasi dan menstruasi.

 

  • Stres dan Kelelahan : Kondisi tersebut bisa membuat otak untuk tidak memulai siklus haid sehingga vagina akan mengeluarkan flek cokelat sebelum haid terlebih dahulu.

 

  • Efek samping alat kontrasepsi : Hal ini terjadi pada saat 2-3 bulan penggunaan bulan pertama anda mengkonsumsi pol kontrasepsi tersebut. Selain pil KB, alat kontrasepsi yang mungkin terjadi yaitu disebabkan adanya IUD maupun KB spiral.

 

Meskipun flek cokelat sebelum haid tersebut wajar dialami oleh kebanyakan wanita, anda tetap harus waspada. Periksakan diri ke dokter jika flek cokelat tersebut muncul terlalu sering dan juga disertai dengan rasa gatal dan perih setelah berhubungan intim. Karena bisa saja hal tersebut merupakan adanya tanda penyakit misalnya sindrom ovarium polikistik dan radang panggul.

 

Advertisement
Flek Cokelat Sebelum Haid Apakah Berbahaya? | muhammad yamin | 4.5