11 Gejala Awal Penyakit Ginjal Yang Harus Diketahui

Senin, Juli 3rd, 2017 - ARTIKEL SEHAT, gejala penyakit
Gejala Awal Penyakit Ginjal

Gejala Awal Penyakit Ginjal

11 Gejala Awal Penyakit Ginjal Yang Harus DiketahuiGinjal merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh karena berfungsi sebagai tempat sampah yang dapat menyaring danjuga membantu dalam membersihkan darah. Gejala awal penyakit ginjal dapat dicegah dengan cara menjalani gaya hidup yang sehat. Kita juga harus rutin untuk melakukan pengecekan tekanan darah dan gula darah, minimal dilakukan tiga kali dalam sebulan. Dengan begitu, gejala awal penyakit ginjal bisa sedini mungkin untuk diketahui. Penyakit ginjal sangat beragam dan berbahaya serta mempunyai gejala yang secara perlahan merusak tubuh manusia hingga dikenal dengan sebutan silent disease. Gejala penyakit ginjal bersifat memperburuk keadaan sehingga dianggap perlu untuk diwaspadai serta melakukan pecegahan secara dini.

 

Penyebab Gagal Ginjal

Fungsi ginjal yang tidak bekerja dengan baik dapat berbahaya, dan ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut, antara lain :

  • Penyakit darah tinggi

Tekanan darah tinggi mengakibatkan seluruh kesehatan tubuh menjadi terganggu dan menyebabkan berbagai penyakit komplikasi. Tekanan darah tinggi atau penyakit darah tinggi dapat menyebabkan gagal ginjal. Oleh karena itu, jika mempunyai tekanan darah tinggi yang tidak normal ada baiknya diatasi dengan baik supaya tidak semakin serius hingga dapat menyebabkan gagal ginjal.

 

  • Penyakit kencing manis

Kadar gula darah yang tidak normal juga dapat menyebabkan berbagai penyakit. Kadar gula darah terlalu tinggi dapat mengakibatkan penurunan fungsi ginjal. Dan karena itu, penyakit kencing manis dapat menjadi salah satu penyebab gagal ginjal.

  • Batu ginjal

Batu ginjal di sebabkan oleh adanya pengkristalan pada zat purin serta zat lainnya di dalam ginjal dapat menjadi penyebab terjadinya gagal ginjal. Hal ini dapat terjadi jika penyakit batu ginjal sering terjadi dan tidak ditangani dengan baik. Oleh karena itu jika mempunyai batu ginjal agar segera dikeluarkan sehingga tidak menyebabkan gagal ginjal.

 

  • Infeksi ginjal

Akibat dari batu ginjal yang besar sehingga menggores dinding ginjal dan mengakibatkan infeksi ginjal. Infeksi ginjal yang semakin parah mangakibatkan penurunan fungsi ginjal dan menjadi salah satu penyebab gagal ginjal.

 

  • Minuman tidak sehat

Gagal ginjal juga dapat disebabkan dari minuman, seperti minuman berenergi, minuman beralkohol, minuman berwarna, ataupun minuman bersoda. Akibat kandungan minuman yang tidak sehat sehingga terjadi penurunan fungsi ginjal.

 

Gejala Awal Penyakit Ginjal

Berikut merupakan tanda gejala awal penyakit ginjal :

  1. Mual serta muntah dan demam yang tinggi
  2. Sering mengeluhkan rasa sakit di pinggang
  3. Adanya pembengkakan di kaki serta mata
  4. Perubahan warna air seni
  5. Nyeri dan sakit saat kencing
  6. Kadang kencing yang di sertai darah
  7. Sering bangun dari tidur yang nyenyak untuk kencing
  8. Kurang nafsu makan dan berat badan menurun
  9. Terjadia pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan
  10. Sesak nafas/sulit bernafas
  11. Selalu merasakan lelah dan lemas

Gejala awal penyakit ginjal sangatlah umum dan mirip dengan gejala penyakit lain, sehingga sering terabaikan. Penyebabnya mungkin saja radang ginjal yang menahun, batu gijal, batu saluran kemih, obat-obatan modern atau tradisional yang dikonsumsi dalam jangka waktu panjang,  narkoba, hipertensi, diabetes, atau penyakit ginjal genetik. Ginjal tergantung pada sirkulasi darah agar dapat menjalankan fungsi sebagai pembersih darah dalam tubuh. Jika terjadi gangguan pada sirkulasi darah tersebut, maka mengakibatkan kerusakan ginjal hingga fungsinya menurun. Penyebab gejala awal penyakit ginjal disebut sebagai penyakit metabolik (metabolic syndrome) yang dimulai dari gangguan metabolisme karbohidrat sehingga menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah yang dapat membebani kinerja insulin. Bila tidak ditangani akan menyebabkan gejala awal diabetes melitus tipe II, serta dapat menimbulkan penyakit lain yang terkait (seperti penyempitan pembuluh darah, penyakit jantung, dan juga gagal ginjal).

Gagal ginjal merupakan salah satu the silent killer yang dapat berkembang tanpa adanya gejala sebagai tanda peringatan yang menjadi kasus berat. Saat fungsi ginjal dibawah 5 persen, ginjal hampir tidak dapat digunakan lagi, sehingga cuci darah harus dilakukan. Gagal ginjal biasanya diawali dengan hal sepele, seperti pola makan dengan tinggi lemak serta karbohidrat, kurang bergerak, dehidrasi atau infeksi pada saluran kemih. Oleh karena itu, waspadalah jika gejala awal penyakit ginjal telah muncul.

11 Gejala Awal Penyakit Ginjal Yang Harus Diketahui | muhammad yamin | 4.5