CARA MENCEGAH SERTA GEJALA PENYAKIT AMBEIEN

Minggu, April 9th, 2017 - gejala penyakit
Advertisement
gejala penyakit ambeien

gejala penyakit ambeien

 

GEJALA PENYAKIT AMBEIEN – Ambeien adalah suatu gangguan penyakit pada bibir anus (rectum) yang  mengalami pembengkakan juga pendarahan.  Penyakit ini disebabkan karena adanya penurunan bantalan anus (anal cushion) karena suatu sebab. Bantalan anus ini terdiri akan mukosa, jaringan ikat longgar, jaringan otot polos anus, dan jaringan pembuluh darah.  Penurunan ini mengakibatakan setiap faeces (kotoran) yang mengeras saat dikeluarkan dapat membuat anus ambeien terasa sakit. Umumnya penyakit ambeien terjadi disebabkan karena melakukan gerakan olahraga, seperti angkat beban.

Pemicu penyakit ambeien juga dikarenakan sering duduk maupun berdiri, mengejan berlebihan saat buang air besar dan faktor keturunan.

Jenis Ambeien

Ambeien terdiri dari 2 (dua) jenis yaitu :

  1. Ambeien Internal

Berupa pembengkakan di bagian rektum. Penyakit ambeien ini sulit dilihat ataupun diraba.  Penderita tidak merasakan sakit tetapi darah akan menetes dan mengalir. Warna anus berubah merah muda. Terapinya adalah dengan mendorong kembali anus yang keluar kembali ke dalam.

 

  1. Ambeien Eksternal

Ambeien eksternal terjadi karena rektum terdorong keluar saat mengedan. Penyakit ini akan membuat anus terasa panas, gatal, dan sakit  saat BAB. Terkadang terjadi perdarahan yang relatif lebih banyak dibanding ambeien internal. Di anus akan ada penggumpalan trombosis mengakibatkan ambeien berwarna biru keunguan. Pengobatan keduanya dilakukan suntikan agar ambeien putus, dapat juga dihancurkan dengan sinar laser atau menggunakan sinar infra merah. Jikalau perlu ambeien dilakukan operasi.

Penyebab Ambeien

Beberapa faktor penyebab utama dari penyakit ambeien :

  • Pemicunya yaitu penderita sering terlalu lama duduk ataupun berdiri.
  • Kebiasaan yang kurang sehat seperti BAB tak teratur.
  • Konstipasi atau diare.
  • Faktor keturunan (genetika).
  • Peningkatan tekanan intra abdomen.
  • Kebiasaan mengejan terlalu berlebihan saat  BAB.
  • Adanya katup dalam vena hemorrhoidal, atau adanya perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemorrhoidal menjadi besar.
  • Karena olahraga berat, seperti gerakan angkat beban.
  • Faktor obesitas
  • Diet rendah serat
  • Tekanan janin dalam perut saat proses kehamilan.
  • Akibat proses penuaan.

Gejala Penyakit Ambeien

Sebelum penyakit ambeien menjadi parah, sebaiknya kita mengenal gejala penyakit ambeien ini sejak dini. Gejala penyakit ambeien dimulai saat penderita mengalami pendarahan dubur yang berwarna merah mudah sehingga menetes ataupun mengalir. Adanya ganjalan pada anus ketika BAB sehingga penderita mengejan juga merupakan gejala penyakit ambeien.

Selain itu, gejala penyakit ambeien yang lain, yaitu anus terasa gatal karena adanya virus atau bakteri yang menbuat infeksi. Saat setelah BAB, anus mengeluarkan darah sehingga tinja mengandung darah ataupun adanya bercak darah pada handuk atau tissue toilte. Darahnya juga dapat membuat air kaskus menjadi merah. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan darah (anemia) sehingga memerlukan transfusi darah.

Gejala penyakit ambeien yang tergolong parah biasanya anus menonjol keluar. Bila permukaan anus terkena gesekan akan menyebabkan pembengkakan dan terasa nyeri, atau dapat juga terbentuk pembekuan darah di dalamnya. Terkadang anus mengeluarkan lendir yang menimbulkan perasaan bahwa masih adanya rektum yang akan keluar.

Cara Mencegah Penyakit Ambeien

Beberapa cara yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit ambeien adalah :

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.
  2. Minum air putih 2 liter/hari.
  3. Olahraga secara teratur.
  4. BAB minimal sekali dalam sehari.
  5. Menjauhi makanan pedas, makanan berlemak, serta minuman yang mengandung alkohol.
Advertisement
CARA MENCEGAH SERTA GEJALA PENYAKIT AMBEIEN | muhammad yamin | 4.5