Gejala Penyakit Asam Lambung Dan Ciri Penderitanya

Jumat, Maret 31st, 2017 - gejala penyakit
Advertisement
gejala penyakit asam lambung

gejala penyakit asam lambung

Gejala Penyakit Asam Lambung Dan Ciri PenderitanyaPenyakit asam lambung atau GERD disebabkan karena lower esophageal sphincter (LES) yang mengalami gangguan fungsi. LES merupakan lingkaran otot bagian bawah pada esofagus yang berfungsi sebagai pintu yang secara otomatis terbuka saat makanan atau minuman turun ke perut. Setelah masuk, LES akan menutup mencegah asam dan makanan yang berada di perut tidak naik kembali ke kerongkongan atau esofagus. Ketika seseorang terkena penyakit ini maka penderita akan mengalami ciri-ciri atau gejala penyakit asam lambung, seperti rasa perih yang hebat pada lambung dan diantaranya menyebabkan mual serta muntah kering.

Penyakit ini sebagian besar disebabkan karena lower esophageal sphincter (LES) yang tidak berfungsi secara baik. LES bagi penderita penyakit ini melemah. Mengakibatkan asam lambung bibocor dan masuk ke esofagus. Penderita akan merasa nyeri pada ulu hati atau rasa sesperti terbakar di dada dan juga perut menjadi tidak enak.

Walaupun belum diketahui dengan pasti mengapa LES melemah, ada faktor-faktor resiko yang diduga terkait dalam kondisi ini.

  • Faktor pertama, kelebihan berat badan (obesitas). Orang yang gemuk mempunyai tekanan lebih tinggi di dalam perutnya dibanding dengan orang yang mempunyai berat badan ideal. Tekanan ini yang diduga melemahkan otot LES tersebut.
  • Faktor yang kedua, yaitu terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Makanan yang berlemak memiliki waktu pencernaan yang lebih lama dalam perut sehingga asam lambung akan diproduksi lebih banyak dan juga mempunyai resiko yang cukup tinggi untuk naik kembali ke esofagus.
  • Faktor ketiga ialah terlalu banyak mengkonsumsi kopi, alkohol, cokelat, serta suka merokok. Unsur-unsur ini juga dapat membuat otot LES menjadi rileks sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.
  • Faktor keempat adalah ketika keadaan hamil. Orang hamil akan mengalami perubahan hormon, dan hal ini yang dapat melemahkan LES. Dan juga akan terjadi peningkatan tekanan pada perut.
  • Kemudian faktor kelima adalah menderita hernia hiatus. Kondisi ini ketika sebagian dari lambung terdorong hingga melewati diafragma. Pada penderita hernia hiatus membuat LES melemah.

Ciri Ciri Penderita Penyakit Asam Lambung

  1. Produksi air liur yang berlebih serta mulut terasa pahit.

Merupakan gejala awal sebelum menyadari menderita asam lambung. Air liur terus diproduksi karena menetralisir asam lambung yang naik ke kerongkongan.

 

  1. Kehilangan nafsu makan

Hilangnya selera makan biasanya disertai dengan perut terasa penuh atau kembung.

 

 

  1. Mual dan muntah

Diakibatkan karena impuls dari otak bawah berhubungan dengan saraf rasa sakit dan juga iritasi dari traktus gastrointestinal.

 

  1. Perut kembung

Perut yanb kembung karena kadar asam pada lambung sangatlah tinggi dan juga enzim yang kurang pada alat pencernaan.

 

  1. Susah buang air besar

Hal ini diakibatkan karena pola makan idak teratur dan juga gangguan pencernaan termasuk saluran pembuangan akhir, seperti rektum dan anus.

 

  1. Sering bersendawa

Seringya bersendawa juga salah satu dari ciri asam lambung. Saat kembung, bersendawa dianggap dapat meringankan rasa tidak nyaman di perut. Akan tetapi kenyataanya hanya untuk sementara. Beberapa selang kemudian, akan merasa kembung lagi dan kembali bersendawa secara terus-menerus.

 

  1. Berkeringat dengan alasan yang kurang jelas

Terkadang dikarenakan penyakit ini yang cukup parah dapat mengakibatkan berkeringat walaupun dialam ruangan yang dingin.

 

  1. Dada terasa panas

Karena produksi asam lambung berlebih membuat dada terasa panas karena adanya iritasi serta tekanan angin yang terus berproduksi di lambung.

 

  1. Kepala sering pusing

Karena tekanan asam lambung menghasilkan banyak angin di lambung dan menekan dada hingga ke kepala membuat suplay oksigen ke kepala sedikit dan menyebabkan pusing di kepal

 

  1. Terasa panas dan ketidaknyamanan saat istrahat

Tubuh terasa sangat lelah serta ingin tidur, akan tetapi tidur sebentar saja sudah terbangun kembali karena terasa panas bagian dada serta punggung sehingga tidur jarang nyenyak dan tidak puas.

 

Gejala Penyakit Asam Lambung

Saat asam lambung naik, jaringan dinding pada kerongkongan serta mulut akan mengalami iritasi karena adanya asam lambung. Berikut merupakan gejala-gejala penyakit asam lambung yang paling umum dialami oleh penderita :

  • Regurgitasi atau refluks asam lambung. Asam dalam perut kembali ke kerongkongan dan juga mulut hingga munculnya rasa asam dan pahit.
  • Terasa terbakar pada dada atau nyeri ulu hati. Setelah makan dan saat membungkuk, rasa nyeri terasa lebih kuat.
  • Kesulitan menelan.

Selain gejala penyakit asam lambung di atas, terdapat beberapa gejala penyakit asam lambung lainnya karena asam lambung yang naik. Gejalanya seperti :

  • Saat menelan terasa seakan-akan ada benjolan pada kerongkongan.
  • Mengalami laringitis (peradangan pada laring atau pita suara). Menyebabkan tenggorokan terasa sakit dan suara menjadi parau.
  • Sakit dada.
  • Batuk kering tanpa henti, terutama pada malam hari.
  • Gigi menjadi rusak.
  • Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.
  • Bau napas tidak sedap.

Penyakit asam lambung ringan terjadi sekali atau dua kali dalam 1 bulan biasanya tidak memerlukan intervensi medis. Dapat diatasi dengan mengubah menu makanan serta membeli obat di apotek ketika gejala penyakit asam lambung muncul. Bagi gejala yang cukup parah dan sering terjadi, alangkah baiknya menemui dokter dan menanyakan tentang obat atau penanganan yang tepat. Mengkonsumsi obat sesuai dengan dosis serta aturan pakai yang telah dianjurkan.

Advertisement
Gejala Penyakit Asam Lambung Dan Ciri Penderitanya | muhammad yamin | 4.5