Mengenali Gejala Penyakit Asma Dan Penyebabnya

Selasa, April 4th, 2017 - gejala penyakit
gejala penyakit asma

gejala penyakit asma

Gejala Penyakit Asma Dan Penyebabnya – Asma merupakan penyakit saluran pernapasan dimana paru-paru (bronchial tubes) mengalami pembangkakan dan kemampuan bernapas yang terbatas. Otot dinding pada cabang tenggorokan mengetat, serta saluran pernapasan menghasilkan kelebihan lendir sehingga menyumbat jalannya napas. Tanda dan gejala penyakit asma berbeda-beda dimulai dari napas yang berat hingga kepada serangan asma yang dapat membahayakan nyawa.

 

Asma adalah penyakit jangka panjang yang menyebabkan penderita sulit untuk bernapas serta batuk-batuk ketika kambuh. Setiap orang, tingkat keparahan penyakit asma berbeda-beda, dan pada umumnya dapat terkendali dengan baik. Asma terjadi saat saluran napas atau bronkus mengalami peradangan. Bronkus yang bentuknya seperti tabung kecil berfungsi membawa udara masuk serta keluar dari paru-paru. Pada umumnya, bronkus penderita asma lebih sensitif dibanding orang lain sehingga lebih gampang mengalami radang. Asma dapat berubah dari waktu ke waktu. Jadi, membutuhkan kerja sama dokter dalam mengontrol asma serta penyesuaian perawatan yang dibutuhkan.

 

Faktor-faktor yang menjadi pemicu umum penyakit asma

Pemicu umumnya penyakit asma pada tiap penderita berbeda-beda. Beberapa hal yang menjadi pemicu umum asma, diantaranya adalah bulu hewan, asap rokok, udara dingin, tungau debu, infeksi paru-paru, serbuk sari, dan olah raga. Serta beberapa aktivitas tertentu misalnya pekerjaan yang dapat memperburuk asma. Contohnya, pekerja bangunan yang terkena penyakit asma karena seringnya terpapar oleh debu atau pasir.

 

Sekilas mengenai diagnosis asma

Dokter mungkin akan menyimpulkan diagnosis jika kita memiliki gejala penyakit asma yang khas. Biasanya dokter akan bertanya mengenai kapan dan seberapa sering kita mengalami gejala penyakit asma tersebut, serta apakah mengetahui mengenai sesuatu yang mungkin menjadi pemicu terjadinya asma. Dan dokter akan melakukan beberapa tes untuk menguatkan diagnosis

 

. Gejala penyakit asma

Gejala penyakit asma berkisar dari yang ringan hingga dengan yang parah. Gejala penyakit asma yang buruk secara signifikan dikenal sebagai serangan asma. Beberapa gejala penyakit asma, antara lain :

  • Batuk-batuk yang sering terjadi pada malam hari serta di awal pagi hari.
  • Kesulitan bernapas yang membuat penderita menjadi megap-megap.
  • Terasa sesak di dada.
  • Mengi atau suara yang dihasilkan ketika udara mengalir melewati saluran pernapasan yang sempit.
  • Serangan asma yang diakibatkan oleh paparan alergen atau aktivitas fisik.

Penderita dapat mengalami salah satu bahkan lebih dari gejalap enyakit asma. Gejala yang memburuk ketika di malam hari atau melakukan aktivitas fisik dapat mengindikasikan bahwa penyakit asma yang diderita makin parah serta tidak terkontrol. Penderita sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Serangan asma parah sering terjadi secara perlahan,  meski sebagian kecil akan mengalami gejala yang begitu buruk dengan cepat. Pada umumnya membutuhkan waktu 6-24 jam untuk kondisi asma biasa dan berkembang menjadi asma yang cukup parah.

 

Selain sesak pada dada, kesulitan bernapas, dan mengi yang memburuk, tanda-tanda lain serangan asma parah yaitu adanya penurunan arus puncak ekspirasi, kesulitan bicara (akibat sulit bernapas), merasa gelisah, bibir dan kuku yang membiru, denyut nadi menagalami peningkatan, serta inhaler atau obat hirup pereda yang tidak mempan lagi dalam mengatasi gejala tersebut.

Mengenali Gejala Penyakit Asma Dan Penyebabnya | muhammad yamin | 4.5