Gejala Penyakit Diabetes Serta Penyebabnya

Selasa, Agustus 8th, 2017 - gejala penyakit
Advertisement
Gejala Penyakit Diabetes Serta Penyebabnya

Gejala Penyakit Diabetes Serta Penyebabnya

Gejala Penyakit Diabetes Serta Penyebabnya – Apa itu penyakit diabetes ?Tahukah anda apa itu penyakit diabetes ? Penyakit diabetes merupakan penyakit metabolisme yang ditandai dengan tingginya gula darah. Disebabkan oleh kurangnya sekresi insulin atau sebagai akibat gangguan kerja pada insulin. Gula darah yang tinggi serta gangguan metabolisme dalam jangka panjang akan membuat organ tubuh, seperti mata, ginjal, pembuluh darah dan sistem saraf akan mengalami kerusakan atau gangguan dan bahkan gagal organ tubuh. Penyakit diabetes juga merupakan penyakit yang sering menyerang manusia, terutama di Indonesia. Penyakit ini disebabkan antara lain karena faktor keturunan dan pola hidup sehari-hari yang kurang sehat dan seimbang.

Penyakit diabetes pada umunya dikenal dengan nama penyakit kencing manis atau penyakit gula yang disebabkan karena kelainan proses metabolisme tubuh yang diakibatkan banyak faktor. Penyakit ini ada karena kadar glukosa yang berlebih dalam darah sehingga insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik sehingga tidak dapat memecah glukosa. Penyakit diabetes dapat digolongkan menjadi diabetes tipe I, diabetes tipe II, diabetes gestasional dan diabetes jenis lainnya. Berikut penjelasan dari jenis- jenis penyakit diabetes tersebut.

Diabetes tipe 1

Penyakit diabetes tipe ini disebabkan karena tubuh tidak mampu menghasilkan insulin dikarenakan sel penghasil insulin hancur terserang virus. Sistem kekebalan tubuh menyerang sel beta penghasil insulin, sehingga menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi insulin. Disarankan melakukan injeksi insulin agar mengontrol gula darah bagi penderita. Penyakit ini merupakan bawaan yang diturunkan secara genetik. Penyakit ini sering menyerang anak-anak serta orang dewasa di bawah umur 40 tahun.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe ini, umumnya tubuh masih menghasilan insulin akan tetapi tidak cukup kuat untuk memecah glukosa yang berlebih. Tipe ini dapat membuat penderita menjadi kurus. Penyakit ini sering menyerang manusia yang berumur lebih dari 40 tahun. Dalam perkembangannya dapat juga menyerang mereka yang berusia 20 tahun ke atas.

Diabetes Gestasional

Diabetes tipe ini adalah komplikasi yang timbul pada masa perinatal. Penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi malformasi janin, gawat janin, kematian janin, bayi yang terlalu besar, hipoglikemia pada bayi yang baru lahir, kesulitan atau mati saat bersalin.

 

Diabetes jenis lainnya

Diabetes jenis lain merupakan diabetes yang berbeda dengan diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional, seperti:

  • Kecacatan gen sel beta, dalam hal ini sel beta yang menghasilkan insulin.
  • Resistensi insulin
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Penyakit pankreas
  • Bahan kimia atau obat-obatan

Penyebab penyakit diabetes

  1. Faktor keturunan, pada diabetes tipe 1 pentingnya faktor keturunan mencapai 50%. Sedangkan diabetes tipe 2 faktor keturunan mencapai lebih dari 90%.
  2. Faktor psikis, psikis yang tegang, emosi yang tinggi, serta berbagai macam kondisi stress dapat menyebabkan gula darah menjadi naik.
  3. Mengkonsumsi berlebihan dalam jangka panjang. Kelebihan gizi karena mengkonsumsi berlebihan tanpa kontrol sehingga menyebabkan diabetes.
  4. Faktor obesitas, obesitas menjadi penyebab utama dari diabetes, yaitu sekitar 60%-80% penderita diabetes dewasa menjadi penderita obesitas.
  5. Kehamilan, kuantitas kehamilan dapat menyebabkan diabetes.
  6. Infeksi, infeksi virus berkaitan dengan diabetes pada anak-anak.
  7. Faktor genetik, kesimpulannya adalah penyakit ini timbul karena rusaknya genetik, sehingga dapat dikatakan penyakit diabetes adalah penyakit genetik.

 

Gejala penyakit diabetes

Dengan mengetahui gejala penyakit diabetes merupakan langkah awal untuk mencegah penyakit ini dari itu hal ini sangat penting kita ketahui. Langsung saja berikut akan dibahas 10 tanda awal gejala penyakit diabetes :

  1. Mudah merasa lelah

Mudah merasa lelah merupakan gejala penyakit diabetes yang sering muncul dan diabaikan ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Penurunan BB tanpa diketahui penyebabnya

Berat badan menurun secara tiba-tiba dapat disebabkan karena jika terkena diabetes maka penggunaan glukosa dalam tubuh tidak berlangsung secara normal sehingga lemak yang menimbun dijadikan energi bagi tubuh

  1. Merasa sering haus

Sering haus merupakan gejala penyakit diabetes akibat tubuh kehilangan banyak air sebagai akibat seringnya buang air secara terus-menerus (poliuria) sehingga tubuh membutuhkan kembali pasokan cairan.

  1. Warna kulit menjadi gelap

Tanda awal gejala penyakit diabetes adalah salah satunya munculnya bintik-bintik gelap pada kulit. Bintik-bintik ini terjadi di sekitar leher. Penggelapan kulit akibat insulin yang direspon tubuh yang menghasilkan banyak pigmen.

  1. Penglihatan yang melemah

Penglihatan semakin kabur dan menjadi tidak fokus karena tingkat glukosa dalam darah meningkat kemudian glukosa tersebut meningkat disekitar lensa.

  1. Sering merasa lapar

Waspada bila Tubuh mudah merasakan lapar ini dikarenakan  kadar insulin dalam tubuh meningkat , ini merupakan gejala penyakit diabetes yang cukup muda diketahui.

  1. Luka yang lama sembuh

Salah satu gejala penyakit diabetes yang mudah untuk dikenali adalah dengan melihat luka pada tubuh. Luka yang lama sembuh dibandingkan dari biasanya dapat diindikasikan bahwa orang tersebut terkena diabetes.

  1. Menurunnya fungsi saraf

Salah satu gejala penyakit diabetes adalah menurunnya fungsi saraf sehingga menyebabkan rasa sakit pada tungkai kaki dan juga sering merasa kesemutan.

Demikianlah ulasan lengkap tentang penyakit diabetes ini, mulai dari jenis hingga gejala penyakit diabetes semoga setelah membaca artikel ini anda lebih care terhadap kesehatan anda, ingat tidak semua yang manis itu baik untuk diri kita. Salam

Advertisement
Gejala Penyakit Diabetes Serta Penyebabnya | muhammad yamin | 4.5