Gejala penyakit Hernia dan Cara Pencegahannya

Sabtu, Maret 25th, 2017 - gejala penyakit
gejala penyakit hernia

gejala penyakit hernia

Gejala penyakit Hernia dan Cara Pencegahannya Penyakit hernia merupakan penonjolan keluar suatu organ atau bagiannya melalui dinding rongga yang normalnya tempat organ tersebut. Penyebab hernia dikarenakan kegagalan tertutupnya lubang normal tertentu selama perkembangan janin atau adanya peningkatan tekanan intraabdominal saat batuk dan ataupun saat mengangkat benda yang berat. Hernia merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh usus yang turun ke bawah selaput perut bahkan terkadang sampai ke buah zakar. Penyakit hernia umumnya sering terjadi pada pekerja di pelabuhan, maupun pabrik dan juga mungkin pada orang-orang yang meniup balon serta mengedan terlalu kuat.

Penyakit hernia ditandai dengan gelaja penyakit hernia seperti perpindahan suatu organ dari rongga satu ke rongga yang lainnya. Kejadian ini biasanya terjadi pada otak atau perut dan tulang spinal atau tulang belakang. Paling umum terjadi pada kasus hernia inguinalis yang muncul di sekitar selangkangan. Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik atau bawaan lahir. Penyakit hernia karena bawaan lahir merupakan kejadian yang terjadi jika proses pembentukan pada dinding tidak terbentuk secara sempurna. Penyakit ini biasa terjadi karena adanya tekanan pada perut yang muncul dengan besar sehingga isi perut keluar pada daerah yang sangat lemah dan memicu terjadinya gejala penyakit hernia.

Beberapa penyebab penyakit hernia yang sering terjadi pada umumnya, yaitu :

  1. Sering mengankat beban berat.
  2. Terlalu lama mengedan (Misal persalinan normal atau saat BAB)
  3. Hernia yang terjadi di rongga dada akan terasa sakit pada belakang tulang dada.
  4. Dada terasa panas dan sakit perut bagian atas. Penyebabnya adalah isi perut terutama lambung yang menonjol ke rongga dada. Rasa sakit kadang terjadi karena isi perut tersebut terjepit dan tidak dapat kembali.
  5. Pada pria, penyakit hernia biasa terjadi di sela paha yang di mana isi perut menonjol keluar dan masuk ke dalam kantong buah zakar. Isi perut tersebut yang dapat kembali tidak berbahaya, namun mengganggu pergerakan. Akan tetapi jika tidak dapat kembali adalah hal yang berbahaya yang harus segera dioperasi.

Gejala penyakit hernia secara umum

Gejala penyakit hernia pada umumnya akan terasa mual dan pada daerah terjadinya hernia akan terasa sangat nyeri. Adanya benjolan pada lokasi terjadinya hernia dan juga adanya gelembung pristal yang mudah terdengar. Jika otot-otot mengendor, benjolan akan menghilang. Terkadang perut kembung dan terasa mual serta muntah.

Gejala penyakit hernia pada bayi atau anak-anak dapat diketahui ketika sedang menangis atau saat buang air besar dan sering muntah. Gejala penyakit hernia pada orang dewasa, yaitu bagian yang akan terjadinya hernia akan terasa tidak enak saat siang hingga sore hari dan pada malam hari berangsur baik. Jika bersandar, maka gejala penyakit hernia akan berkurang. Terasa nyeri pada bagian lipatan paha, tetapi hernianya tidak nampak. Biasanya ini yang mengindikasikan asal mula munculnya hernia.

Gejala penyakit hernia adalah penyakit yang ditandai dengan adanya penonjolan yang terjadi pada viskus melalui lubang dalam kavitas letak dimana visera berada. Gejala ini biasanya terjadi pada lipatan paha, pada linea alba, diafragma, umbikulus, garis semilunaris dari spiegel dan juga insisi bedah.

Gejala penyakit Hernia dan Cara Pencegahannya | muhammad yamin | 4.5