Gejala Penyakit Kaki Gajah Serta Pencegahannya

Sabtu, September 9th, 2017 - gejala penyakit
gejala penyakit kaki gajah

gejala penyakit kaki gajah

Penyebab dan Gejala Penyakit Kaki Gajah Serta Pencegahannya – Filariasis atau disebut penyakit kaki gajah adalah penyakit zoonosis yang menular banyak ditemukan di berbagai wilayah tropika seluruh dunia. Penyebab dari penyakit kaki gajah ini merupakan sekumpulan cacing nemtoda yang tergolong dari superfamilia. Gejala umum yang sering terjadi pada penderita adalah elephantiasis yaitu pembesaran tungkai bagian bawah dan kantung zakar (sokratum), tetapi tidak semua kasus dengan gejala umum tersebut dapat disebabkan karena adanya penyakit kaki gajah.

Penyakit kaki gajah bersifat menahun atau kronis dan jika tidak segera ditangani, akan menimbulkan cacat yang menetap berupa pembesaran pada kaki, lengan dan juga alat kelamin baik pada perempuan ataupun laki-laki. Penyakit ini termasuk cukup banyak ditemukan di wilayah Indonesia.

Penyebab dan Penularan Penyakit Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah merupakan penyakit infeksi oleh parasit nematoda mirip cacing, yakni filaria. Penyakit ini dapat menyerang manusia serta binatang. Cacing filaria terdiri atas ratusan jenis, tetapi hanya 8 spesies saja yang bisa menginfeksi pada manusia. Pada manusia, filaria menyerang di tiga bagian, yakni filariasis kulit, limfatik serta rongga pada tubuh. Namun yang dibahas ialah filariasis limfatik atau penyakit kaki gajah.

Penyakit kaki gajah disebabkan karena infeksi dari filaria spesies Wuchereria bancrofti, Brugia timori dan Brugia malayi. Akan tetapi yang paling sering menginfeksi yaitu W. bancrofti. 9 dari 10 penderita penyakit kaki gajah disebabkan karena spesies tersebut.

Filariasis adalah penyakit menular. Penularannya melalui perantara nyamuk. Ketika nyamuk menghisap darah dari penderita penyakit kaki gajah, cacing filaria dapat ikut terhisap. Dan ketika nyamuk tersebut menghisap darah orang lain, maka dapat terjadi penularan. Usia hidup filaria cukup panjang, hingga 7 tahun. Karena itu potensi penularannya sangatlah tinggi.

Tanda-tanda dan Gejala Penyakit Kaki Gajah

Seseorang yang terinfeksi sering menunjukkan berbagai tanda-tanda dan gejala penyakit kaki gajah yang beragam karena merupakan penyakit tahunan yang dapat bertahan serta menghuni cukup lama dalam tubuh, maka tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya banyak penyakit. Agar lebih memahaminya, maka simaklah dengan baik beberapa tanda-tanda dan gejala penyakit kaki gajah berikut ini :

  1. Demam selama berhari-hari

Pada dasarnya transisi tubuh sehat menjadi sakit membutuhkan waktu cukup lama dan saat masa transisi tersebut tubuh dapat menampakkan berbagai gejala, salah satunya demam. Demam terjadi ketika daya tahan tubuh berperang melawan penyakit. Disaat demam berlangsung lebih dari 3 hingga 5 hari maka segera memriksakan diri ke rumah sakit agar mendapatkan pemeriksaan dengan cepat.

  1. Pembengkakan pada kelenjar getah bening

Tanda-tanda atau gejala penyakit kaki gajah dapat menimbulkan pembengkakan kelenjar getah bening walaupun sebelumnya tidak terjadi apapun atau tidak ada luka yang terjadi. Jika menemukan adanya reaksi pembengkakan kelenjar getah bening tanpa adanya luka sebelumnya, maka segera periksakan diri ke rumah sakit.

  1. Kaki membengkak

Sudah pasti penyakit kaki ganjah membuat kaki penderita menjadi membengkak dan makin lama makin membesar sehingga membuat penderita mengalami kesulitan dalam bergerak dan juga melakukan aktivitas seperti biasanya. Jika menemukan tanda-tanda dan gejala penyakit kaki gajah, maka ambilah langkah yang terbaik dengan cara melakukan pemeriksaan diri ke rumah sakit.

Cara Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

Cara untuk mencegah penyakit kaki gajah bisa dilakukan beberapa cara. Yang paling utama yaitu harus menjaga kebersihan dari lingkungan agar supaya tidak menjadi sarang dari nyamuk. Selain itu, juga jangan sampai membiarkan nyamuk dapat menggigit tubuh. Perlu juga melakukan imunisasi kaki gajah. Tapi biasanya obat ini akan diberikan secara masal di daerah yang terjangkit dengan korban cukup banyak. Melakukan pencegahan penyakit kaki gajah, selain dapat terhindar dari bahaya juga membuat tubuh kita selalu sehat.

Penyakit kaki gajah merupakan salah satu penyakit menular yang cukup berbahaya. Oleh karena itu, perlu menghindari pemakaian barang bekas yang telah digunakan bagi penderita. Perkembangan dari cacing penyebab penyakit kaki gajah tidaklah sebentar karena memerlukan penyebaran cacing betina serta jantan agar dapat untuk berkembangbiak. Ketika perkembangbiakan cacing tersebut terjadi di dalam tubuh inilah yang menyebabkan penyakit kaki gajah. Kebersihan pada tubuh serta lingkungan penting untuk pencegahan penyakit kaki gajah. Dan juga memperhatikan serta memberikan perlakuan khusus pada penderita terutama penanganannya dapat menyelamatkan semuanya. Maka dari itu, marilah melakukan pencegahan penyakit kaki gajah supaya tidak mewabah di lingkungan.

Demikian pembahasan kami seputar penyakit kaki gajah ini semoga bisa menambah pengetahuan anda, tetap hidup sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Salam Sehat

Gejala Penyakit Kaki Gajah Serta Pencegahannya | muhammad yamin | 4.5