Gejala Penyakit Malaria Quartana Dan Penyebabnya

Minggu, Agustus 20th, 2017 - gejala penyakit
Gejala Penyakit Malaria Quartana

Gejala Penyakit Malaria Quartana

Gejala Penyakit Malaria Quartana Dan PenyebabnyaMalaria adalah salah satu jenis penyakit  berbahaya yang dapat mengakibatkan koma dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Tahukah anda ada empat jenis penyakit malaria berdasarkan jenis virus yang dapat menginfeksi, yaitu Malaria Quartana, Malaria Falciparum, Malaria Vivax, dan Malaria Ovale. Ke empat jenis penyakit tersebut dapat dibedakan berdasarkan gejala yang muncul. Dalam artikel ini yang kami akan dibahas adalah penyebab dan gejala penyakit Malaria Quartana yang timbul.

Malaria Quartana

Penyakit malaria jenis quartana merupakan penyakit malaria yang disebabkan karena plasmodium malariae. Jenis malaria ini mempunyai masa inkubasi lebih lama dibanding dengan jenis malaria tertian ataupun tropika. Gejala penyakit malaria quartana pada pertama kali tidak terjadi hingga 18 sampai dengan 40 hari setelah kejadian infeksi. Kemudian selanjutnya gejala akan terulang kembali pada setiap 3 hari sekali.

Penyebab penyakit malaria quartana yang utama adalah karena penularan dari virus Plasmodium Malarie, penyebaran virus ini dapat terjadi dengan 2 cara yaitu :

  1. Gigitan nyamuk Anopheles

Faktor utama dari penyakit Malaria Quartana yaitu gigitan nyamuk Anopheles jenis betina. Gigitannya dapat menyebabkan infeksi langsung pada darah yang ada di dalam tubuh. Darah yang terinfeksi selalu menyebar ke seluruh tubuh. Hanya dengan hitungan hari saja tubuh dapat merasakan gejala penyakit malaria quartana. Nyamuk penyebab penyakit ini dapat berkembang biak di tempat-tempat berawa serta di tempat yang terdapat banyak genangan air.

  1. Transfusi darah

Penyebab kedua yaitu karena proses transfusi darah. Darah penderita yang terjangkit penyakit malaria quartana bila ditransfusikan kepada orang sehat dapat langsung tertular. Oleh karena itu, ketika ingin melaksanakan transfusi darah sebaiknya yakinkan jika sedang dalam keadaan sehat. Selain itu, juga harus meyakinkan bila darah tersebut bebas dari penyakit berbahaya termasuk  penyakit malaria quartana ini.

Setelah mengetahui penyebabnya,  kita juga perlu mengetahui gejala penyakit malaria quartana. Gejala penyakit malaria quartana yang timbul diantaranya yaitu :

  1. Demam

Demam akan terjadi setelah 4 hari nyamuk menggigit. Demam mulai dirasakan diikuti dengan rasa sakit kepala yang sangat.

  1. Berkeringat dingin

Gejala penyakit malaria quartana yang kedua adalah berkeringat dingin. Walaupun suhu badan panas tetapi mengeluarkan keringat dingin sangat banyak. Selain tubuh berkeringat dingin juga akan terasa menggigil.

  1. Kesadaran Menghilang

Gejala Penyakit malaria quartana yang terakhir yaitu kehilangan kesadaran. Gejala ini timbul karena penyakit malaria quartana sudah sangat parah. Kehilangan kesadaran dapat mencapai koma bahkan berakhir dengan kematian.

Penyebab penyakit malaria quartana memang sepele hanya karena dengan gigitan nyamuk, tetapi yang menggigit adalah nyamuk yang berbahaya serta mengandung virus. Penyakit ini memang hanya diderita oleh hanya 7% dari penderita malaria di dunia, namun tetap harus diwaspadai.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab Malaria Quartana, semoga dapat memberikan manfaat untuk Anda sekalian.

Salam Hormat

Gejala Penyakit Malaria Quartana Dan Penyebabnya | muhammad yamin | 4.5