Gejala Penyakit Rakitis penyebab Serta Pencegahannya

Senin, Juli 31st, 2017 - gejala penyakit
gejala penyakit Rakitis

gejala penyakit Rakitis

Penyebab Dan Gejala Penyakit Rakitis Serta Pencegahannya – Penyakit Rakitis merupakan suatu pelunakan tulang yang terjadi pada anak-anak karena kekurangan atau karena gangguan metabolisme vitamin D, fosfor, magnesium, atau kalsium, hingga berpotensi dapat menyebabkan patah tulang serta kelainan bentuk. Penyebab utamanya karena kekurangan vitamin D, tetapi kekurangan kalsium yang memadai pada diet juga dapat mengakibatkan terjadinya rakitis. Penderita rakitis juga mengalami rentan terhadap masalah kesehatan gigi, seperti gigi yang berlubang, pertumbuhan gigi melambat, dan enamel yang melemah.

Jika tidak segara ditangani, maka penderita akan beresiko mengalami gejala penyakit rakitis, yaitu deformitas tulang, seperti kaki atau punggung menjadi melengkung, tulang dada menjadi menonjol, penebalan di pergelangan tangan, kaki, serta lutut, dan juga melunaknya tulang tengkorak. Penderita rakitis mempunyai cara berjalan yang terlihat melebar dan menyerupai bebek atau pinguin yang sedang berjalan saat usianya bertambah.

Penyebab Terjadinya Penyakit Rakitis

Penyebab utama dari penyakit rakitis yang terjadi pada anak adalah karena kekurangan vitamin D dan kalsium. Faktor penyebab seorang anak dapat kekurangan kedua zat tersebut dapat bermacam-macam, salah satunya karena kekurangan asupan makanan yang mengandung kedua zat tersebut, Selain faktor asupan makanan, faktor-faktor lainnya yaitu :

  • Jarangnya terpapar sinar matahari.
  • Penderita penyakit usus, hati, atau ginjal menyebabkan penyerapan mineral dan vitamin menjadi terhambat.
  • Kecacatan genetika yang berdampak pada kinerja ginjal hingga penyerapan kalsium fosfat pada tulang dan dalam darah menjadi terhambat.
  • Kelahiran prematur mengakibatkan pembentukan penyimpanan serta perbekalan vitamin D ketika di dalam rahim menjadi tidak sempurna.
  • Asupan ASI oleh ibu yang jarang terkena matahari serta kekurangan asupan dari Vitamin D.
  • Efek samping dari obat-obatan antikejang dapat mengganggu kemampuan untuk mengelola vitamin D.

Gejala Penyakit Rakitis:

Beberapa tanda yang menjadi gejala penyakit rakitis, sebagai berikut :

  1. Nyeri pada tulang atau kelembutan.
  2. Mengalami masalah pada gigi
  3. Kelemahan otot
  4. Kecenderungan patah tulang meningkat (tulang mudah patah)
  5. Deformitas rangka
  6. Balita mengalami kaki bengkok (genu varum)
  7. Anak yang lebih tua mengalami Knock-lutut (genu valgum)
  8. Kranial, tulang belakang, dan panggul cacat
  9. Gangguan pada pertumbuhan
  10. Hipokalsemia atau rendahnya tingkat kalsium dalam darah
  11. Tetani atau kejang otot yang tidak terkendali pada seluruh tubuh
  12. Craniotabes yaitu tengkorak menjadi lunak
  13. Costochondral atau pembengkakan
  14. Pelebaran pergelangan tangan menimbulkan kecurigaan awal, itu adalah karena hiperplasia tulang rawan metaphysial.

Pencegahan rakitis

Gejala penyakit rakitis dapat dicegah apabila kadar vitamin D serta kalsium dalam tubuh sudah mencukupi. Agar dapat mempertahankannya, harus melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Mengimbangi asupan gizi dengan makanan yang kaya dengan vitamin D serta mineral. Contohnya telur, salmon/ikan sarden, tahu dan tempe, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan juga susu.
  • Apabila asupan gizi masih kurang, mintalah dokter agar dapat meresepkan suplemen vitamin D serta kalsium berdasarkan usia dan juga kebutuhan.
  • Menjemur anak di bawah sinar matahari secara rutin (sekitar 10-15 menit) dikarenakan sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik.
Gejala Penyakit Rakitis penyebab Serta Pencegahannya | muhammad yamin | 4.5