Penyebab dan Gejala Penyakit Rematik Tulang

Rabu, Agustus 16th, 2017 - gejala penyakit
Penyebab dan Gejala Penyakit Rematik Tulang

Gejala Penyakit Rematik Tulang

Gejala  Penyakit Rematik Tulang – Penyakit rematik tulang merupakan penyakit yang menimbulkan rasa sakit sebagai akibat otot atau persendian mengalami peradangan dan bahkan bisa sampai mengalami pembengkakan. Penyakit rematik tulang terdiri dari berbagai jenis dan dapat menjangkiti persendian mana pun di tubuh. Jenis penyakit yang satu ini memang tidak tergolong sebagai penyakit yang berbahaya, namun rematik tulang sangat mengganggu karena rasa yang sakit ditimbulkan terutama di persendian. Tentunya  hal seperti ini dapat membatasi gerak dan juga ruang seseorang hingga akan menghambat produktifitas.

Walaupun rematik tulang tidak tergolong sebagai salah satu dari penyakit yang berbahaya, tetapi jika tidak diatasi dalam jangka panjang dapat mengakibatkan keadaan tubuh menjadi lebih parah. Rematik tulang yang menahun tidak pernah diobati dengan baik dapat mengakibatkan kerusakan pada sendi, kecacatan bahkan kelumpuhan.

Penyebab penyakit rematik tulang

Ada banyak penyebab penyakit rematik tulang Salah satu penyebabnya adalah masalah dari kekebalan tubuh yang berbalik menyerang terhadap jaringan persendian. Hal ini menyebabkan tulang rawan pada sekitar sendi menjadi tipis dan membentuk tulang yang baru. Ketika tubuh digerakkan, tulang-tulang pada persendian bersinggungan hingga memicu rasa yang nyeri.

Rematik tulang, pada hakikatnya manifestasi oleh penyakit mental seperti depresi, stres, dan juga sebagainya. Gangguan mental, otot tubuh mengalami gangguan serta ketegangan. Jika berlangsung secara terus-menerus dapat berakibat terbentuknya serat-serat jaringan antara serat-serat pada otot. Darah yang mengalir kurang lancar juga dapat memicu terjadinya rematik tulang, karena fungsi dari sebagian darah yang membawa sisa-sisa makanan serta kotoran tubuh menjadi berdesak-desakan hingga membuat kekurangan oksigen. Zat-zat polutan yang tersebar di udara juga bisa mengakibatkan rematik tulang.

Gejala rematik tulang

Berikut 5 gejala rematik tulang yang paling umum terjadi :

  1. Adanya bengkak dan rasa nyeri (nyeri sendi yang sama pada kedua sisi tubuh). Pada umumnya menyerang sendi di bagian pergelangan tangan.
  2. Terasa kaku di persendian baik pada tangan, kaki, lutut, pinggang dan lain-lain.
  3. Sakit atau peradangan yang terkadang bengkak pada bagian persendian bahu, lutut (dengkul), pinggang, punggung, pergelangan jari, tangan, kaki, dan juga sekitar leher.
  4. Adanya pembengkakan di tiga sendi atau bahkan lebih pada saat yang bersamaan.
  5. Rematik tulang dapat berpindah-pindah tempat dan juga bergantian ataupun sekaligus di berbagai persendian pada tubuh.

Apabila sering merasakan beberapa gejala rematik tulang diatas maka segeralah lakukan pencegahan sejak dini dengan bergaya hidup sehat, makan secara teratur, asupan gizi seimbang, olahraga teratur, serta istirahat cukup.

 

Beberapa faktor yang mempengaruhi gejala rematik tulang

Meskipun penyebab pastinya belum dapat diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya gejala rematik tulang bahkan mengakibatkan penyakit ini lebih parah, diantaranya yaitu :

  • Adanya infeksi yang mengakibatkan peradangan sendi.
  • Sikap badan yang salah ketika melakukan pekerjaan, terutama ketika melakukan pekerjaan mengangkat benda yang berat.
  • Stres yang disertai kelelahan.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Sirkulasi dalam darah tidak lancar.

Tentunya jika  gejala penyakit rematik tulang ini anda rasakan dalam tubuh alangkah baiknya anda langsung memeriksakan diri anda ke dokter untuk memastikan apakah anda benar terkena penyakit rematik tulang atau tidak. Karena penanganan  yang cepat merupakan langkah yang paling tepat untuk menjaga kesehatan anda,

Penyebab dan Gejala Penyakit Rematik Tulang | muhammad yamin | 4.5