Gejala Penyakit Varises, Penyebab Serta Pengobatannya

Minggu, Agustus 27th, 2017 - gejala penyakit
gejala penyakit varises

gejala penyakit varises

 

Gejala Penyakit Varises, Penyebab Serta Pengobatannya Tahukah anda tentang penyakit varises ? Varises merupakan penyakit yang disebabkan karena lemahnya katup pada pembuluh darah vena, akibatnya darah akan berkumpul di dalam pembuluh darah yang lama-kelamaan dapat menjadi lemah dan juga melebar. Kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai gejala penyakit varises berupa rasa nyeri, terasa pegal, dan juga terkadang kram di otot.

 

Penyebab Varises

Tubuh terdiri atas pembuluh darah yang disebut dengan pembuluh arteri dan vena. Pembuluh arteri berguna membawa darah dari jantung menuju ke seluruh bagian tubuh sementara pembuluh vena menjadi kebalikannya, yaitu mengembalikan darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung dengan bantuan kontraksi pada otot jantung. Pada pembuluh vena dilengkapi dengan katup-katup yang mempunyai fungsi untuk mencegah terjadinya arus balik darahdi pembuluh tersebut.

Penyakit varises terjadi jika katup vena tersebut melemah atau mengalami kerusakan atau dindingnya merenggang. Kondisi kerusakan pada vena tersebut dikenal dengan penyebab penyakit varises yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti umur, obesitas, kehamilan, genetika, kebiasaan berdiri yang terlalu lama, dan juga masalah kesehatan lainnya.

Gejala Penyakit Varises

Berikut beberapa gejala penyakit varises, yakni :

  • Gejala penyakit varises yang pertama adalah adanya rasa pegal atau berat pada kaki
  • Rasa panas, berdenyut, kram pada otot dan juga pembengkakan di tungkai bawah.
  • Rasa sakit di kaki yang bertambah pada saat duduk ataupun berdiri yang lama.
  • Timbulnya rasa gatal pada sekitar area varises, ini adalah gejala penyakit varises yang paling mudah kita rasakan.

Perlu juga untuk diketahui bentuk varises lainnya yaitu spider veins yang mirip seperti varises tetapi ukurannya lebih kecil. Pada umunya  spider veins berbentuk menyerupai jaring laba-laba. Spider veins banyak ditemukan dekat dengan permukaan pada kulit dan terlihat berwarna merah atau juga biru. Dapat terjadi di kaki, wajah, dan juga dada.

Demikianlah  ciri-ciri dan gejala penyakit varises secara umum, adapun jika ditinjau dari segi waktu atau progresifitasnya dapat dijelaskan sebagai berikut :

Gejala Awal Penyakit Varises

Penderita dengan kondisi medis tertentu harus waspada pada gejala awal penyakit varises. Varises mudah timbul ke penderita yang telah didiagnosis mengalami cacat jantung bawaan, ketidakseimbangan pada hormon atau tromboflebitis (gangguan pada pembekuan darah).

Sejauh ini wanita lebih rentan terkena penyakit varises dibandingkan laki-laki, terutama saat kehamilan atau dengan status berat badan yang berlebihan (obesitas) varises ini akan lebih muda terjadi.

Perubahan pada permukaan kulit seringkali menjadi gejala awal yang bisa diamati. Pembuluh darah terlihat membesar dan juga mengalami perubahan warna menjadi kemerahan, kebiruan, ataupun keunguan. Pembuluh darah menjadi sedikit menonjol serta berkelok-kelok. Pembuluh darah vena yang terkena penyakit varises biasanya didapati pada sekitar bokong, betis ataupun paha.

Gejala Penyakit Varises Lanjut

Walaupun penyakit varises tidak termasuk dalam golongan penyakit penyakit serius, namun dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan tentunya tidak enak untuk di pandang. Nyeri kaki dapat lebih dominan setelah duduk ataupun berdiri dengan waktu yang lama. Penderita akan mungkin mengalami perasaan berat pada kaki serta terkadang terjadinya pembengkakan. Ruam pada kulit juga dapat terjadi disusul dengan warna kulit yang berubah menjadi lebih gelap, bila tidak segera ditangani dapat menyebabkan ulkus atau borok di kaki.

Pengobatan Penyakit Varises

Pengobatan penyakit varises yang masih ringan di rumah. Tujuan penanganan mandiri ini ialah mencegah penyakit varises menjadi bertambah parah, meredakan gejala penyakit varises, dan menghindari komplikasi. Beberapa langkah dalam pengobatan mandiri ini dapat berupa menjaga berat badan agar sehat, rutin dalam berolahraga, menghindari berdiri yang terlalu lama, dan memakai stoking anti varises (bebat kompresi).

Namun bila gejala penyakit varises sudah cukup parah, biasanya dokter akan memberikan saran ke penderita melakukan pengobatan di rumah sakit denganprosedur, berikuti:

  • Injeksi skleroterapi
  • Laser
  • Radiofrekuensi
  • Bedah phlebectomy

Demikianlah ulasan lengkap tim kami tentang gejala penyakit varises, penyebab serta cara pengobatannya, semoga artikel singkat kami ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi pembaca sekalian. Salam Hormat

Gejala Penyakit Varises, Penyebab Serta Pengobatannya | muhammad yamin | 4.5