Inilah 5 Efek Samping Kemangi Bagi Kesehatan

Kamis, Mei 7th, 2015 - Kumpulan Efek Samping
Advertisement
efek samping kemangi

efek samping kemangi

Inilah 5 Efek Samping Kemangi Bagi Kesehatan –¬†Siapa yang tak kenal dengan daun kemangi? Ya, daun kemangi yang seringkali kita dijadikan lalapan makan nasi ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Daun kemangi juga telah dijadikan bahan dasar pembuatan produk obat kesehatan. Anda, baik lelaki ataupun perempuan juga pasti pernah mendengar manfaat daun kemangi yang mampu membantu mengatasi masalah bau badan.

Selain itu, mengkonsumsi daun kemangi juga bisa membantu menyembuhkan pilek, sakit kepala, sembelit, gangguan ginjal serta cacingan. Bahkan, kandungan sari daun kemangi bisa membantu menyembuhkan rasa sakit pada penderita batu ginjal, mengatasi albuminaria, dan gangguan pada wanita.

Meskipun banyak manfaatnya, daun kemangi ternyata juga mempunyai efek samping untuk kondisi tertentu. Berbagai efek samping kemangi yang terjadi bisa saja tidak disadari. Nah, apa sajakah efek samping daun kemangi tersebut? berikut ulasan selengkapnya.

5 Efek Samping Kemangi

  1. Dampak Eugenol

Tahukah anda? Ada zat bernama eugenol yang terkandung di dalam kemangi. Eugenol ini bisa berdampak buruk untuk tubuh. Berbagai dampak negatifnya seperti darah di air seni, nafas yang pendek, lidah dan tenggorokan terasa terbakar, rasa mual dan juga jantung berdebar. Eugenol yang ada dalam daun kemangi sama dengan eugenol yang ada pada cengkeh.

  1. Penipisan Sel Darah

Salah satu efek negatif daun kemangi adalah sebagai penipis sel darah. Untuk anda yang sedang mengkonsumsi obat anti penggumpalan darah, sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kemangi juga. Jika anda mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, dampak buruknya bisa terjadi pendarahan.

  1. Hipolisemia

Efek samping kemangi selanjutnya adalah sebagai hipolisemia. Sudah dijelaskan di atas, kemangi berpengaruh pada darah manusia. Kemangi juga bisa menurunkan gula darah dalam tubuh. Namun ini sama sekali tidak baik jika dikonsumsi bersama dengan obat untuk diabetes. Ketika anda mengkonsumsi keduanya secara bersamaan, maka efek samping yang bisa terjadi adalah pusing, menggigil, bahkan hingga pingsan.

  1. Mengurangi Kesuburan

Mengurangi kesuburan adalah dampak buruk mengkonsumsi daun kemangi selanjutnya. Untuk anda yang ingin hamil, sedang merencanakan kehamilan, serta wanita yang sedang menyusui sama sekali tidak diperbolehkan mengkonsumsi daun kemangi. Hal ini karena daun kemangi yang bisa menyebabkan tingkat kesuburan menjadi turun. Meskipun penelitian yang dilakukan terhadap hewan, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Lebih baik berusaha mencegah dari pada sibuk mengobati, bukan?

  1. Anti Peradangan

Perlu diketahui bahwa daun kemangi juga tidak boleh dikonsumsi bersama dengan obat yang sifatnya acetaminofen. Hal ini karena daun kemangi yang bersifat anti peradangan. Konsultasikanlah dengan dokter ahlinya untuk informasi lebih jelasnya.

 

Nah, itulah beberapa Efek Samping Kemangi. Mengkonsumsi memang banyak manfaatnya, apalagi juga enak dijadikan lalapan. Namun tidak ada salahnya jika kita mau lebih berhati-hati sebelum dampak negatifnya menyerang tubuh kita.

Advertisement
Inilah 5 Efek Samping Kemangi Bagi Kesehatan | muhammad yamin | 4.5