Inilah 5 Efek Samping Kunyit

Senin, November 14th, 2016 - Kumpulan Efek Samping
efek samping kunyit

efek samping kunyit

Inilah 5 Efek Samping Kunyit – Kunyit merupakan bahan herbal yang punya segudang manfaat untuk manusia. Selain biasa dimanfaatkan untuk bumbu dapur, kunyit juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.Diantaranya membantu memperkuat jantung, mencegah penuaan dini, dan melembabkan kulit. Jadi tak heran bila banyak produk kecantikan dan kesehatan yang menggunakan kunyit sebagai salah satu komposisinya.

 

Namun, tahukah Anda jika dibalik banyak manfaat yang dimiliki, kunyit juga memiliki efek samping yang berpotensi membahayakan kesehatan tubuh. Berikut ini adalah 5 efek samping kunyit yang wajib Anda ketahui.

 

  1. Gangguan pada lambung

Konsumsi kunyit berlebih dalam jangka waktu yang akan meningkatkan kadar asam lambung Anda. hal ini karena kunyit memiliki sifat pedas. Efek samping kunyit ini hendaknya menjadi hal yang tidak boleh disepelekan, terutama bagi Anda penderita maag dan lambung.

 

  1. Kurang baik untuk kesehatan rahim

Kunyit mengandung stimulan yang dapat mendorong aliran menstruasi dalam rahim. Wanita hamil dan menyusui perlu kehati-hatian dalam mengonsumsi kunyit, meskipun dalam bentuk suplemen. Jadi, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahlinya.

 

  1. Rawan untuk penderita alergi

Bagi Anda yang kerap menderita alergi karena mengonsumsi makanan tertentu, ada baiknya Anda berhenti untuk konsumsi makanan/minuman yang mengandung komposisi kunyit. Efek samping kunyit yang ditimbulkan untuk penderita alergi biasanya berupa gatal-gatal yang diawali dengan bercak-bercak merah di bagian kulit.

 

  1. Menyebabkan pendarahan

Efek samping kunyit yang satu ini bisa dibilang sedikit seram bukan? Ya, dan parahnya lagi belum diketahui oleh banyak orang. Kunyit memiliki kemampuan untuk menghambat penggumpalan trombosit, sehingga mencegah penggumpalan darah. Tapi penggunaan dosis yang berlebihan juga akan menyebabkan pendarahan hebat.

Untuk menghindari efek samping kunyit yang satu ini, Anda dapat memilih suplemen kunyit yang terdaftar oleh KEMENKES.

 

  1. Susah di serap oleh tubuh

Kunyit memiliki kecenderungan susah diserap oleh tubuh apabila Anda menggunakannya tanpa ukuran. Alternatif lain yang bisa Anda coba untuk meminimalisir efek samping kunyit ini ialah dengan membeli suplemen kunyit yang mengandung piperin di dalamnya. Piperin berguna untuk mempermudah penyerapan kunyit oleh tubuh, sehingga Anda pun dapat mendapatkan manfaat yang maksimal dari kunyit.

 

Demikian adalah 5 efek samping kunyit yang wajib Anda ketahui. Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir efek samping diatas adalah dengan mengonsumsi kunyit sesuai anjuran.

Inilah 5 Efek Samping Kunyit | muhammad yamin | 4.5