Inilah 6 Penyebab Haid Tidak Lancar

Sabtu, Desember 3rd, 2016 - Tips Cantik, Tips Sehat
Advertisement
penyebab haid tidak lancar

penyebab haid tidak lancar

Inilah Penyebab Haid Tidak Lancar – Haid atau menstruasi merupakan proses luruhnya dinding rahim yang keluar menjadi darah. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda, biasanya berlangsung selama 3-7 hari.Normalnya, siklus menstruasi terjadi selama 28-35 hari dengan mensturasi sebanyak 11-13 kali dalam setiap tahunnya.

Menstruasi yang lancar menandakan bahwa wanita memiliki kesuburan yang baik.Lancarnya haid ini dipengaruhi oleh gaya hidup yang sehat seperti mengkonsumsi makanan sehat serta rajin berolahraga.

 

Proses haid dikatakan tidak lancar apabila siklusnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Adapun penyebab menstruasi ini ialah hormon dalam tubuh yang tidak seimbang. Lalu apa saja penyebab haid tidak lancar lainnya yang wajib anda ketahui? Yuk, langsung saja simak info selengkapnya di bawah ini.

  1. Kehamilan

Jika proses haid anda tidak lancar, ada kemungkinan anda mengalami kehamilan. Untuk mengetahui penyebab haid tidak lancar yang satu ini, anda bisa melakukan USG, tes kehamilan, dan konsultasi dengan dokter ahli.

  1. Penggunaan alat kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD (spiral) atau pil KB bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak lancar.Alat kontrasepsi ini menyebabkan munculnya flek diantara siklus menstruasi.IUD dapat menyebabkan darah haid keluar lebih banyak yang dibarengi dengan rasa sakit pada perut, sedangkan pil KB memungkinkan penyumbatan haid setelah beberapa bulan pemakaian.

  1. Keadaan setelah melahirkan

Wanita yang baru saja melahirkan dan selesai masa nifasnya biasanya akan mengalami haid yang tidak lancar. Ini sangat wajar dan tidak memerlukan penanganan dokter.

  1. Gaya hidup yang tidak benar

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan/minuman yang tidak sehat akan mempengaruhi kelancaran haid anda. selain itu, olahraga yang bertujuan untuk menurunkan berat badan secara drastis juga menjadi penyebab haid tidak lancar. Turunnya berat badan secara drastis dapat menjadi pertanda adanya gangguan pada kelenjar tiroid.

  1. Stress

Stress yang berlebihan akan memicu hormon dalam tubuh anda menjadi tidak seimbang. ada baiknya anda kelola stress dengan rutin berolahraga dan yoga.

  1. Sindrom ovarium polikistik

Sindrom ini merupakan gangguan reproduksi yang disebabkan oleh sekumpulan kista kecil dalam indung telur.Kista ini membuat hormon menjadi tidak stabil, seperti testosteron yang melebihi batas normal. Dampak lainnya juga terjadi pada proses pelepasan telur yang memungkinkan menstruasi anda terhambat.

 

Menstruasi yang tidak lancar memang sangat mengganggu aktifitas kita.ada baiknya anda mencari tahu penyebab haid tidak lancar terlebih dahulu, selanjutnya konsultasikan dengan dokter ahli dan minta penanganan medis.

 

Advertisement
Inilah 6 Penyebab Haid Tidak Lancar | muhammad yamin | 4.5