Inilah Cara Merawat Wajah Secara Alami

Kamis, Maret 24th, 2016 - Tips Cantik
cara merawat wajah secara alami

cara merawat wajah secara alami

Inilah Cara Merawat Wajah Secara Alami РMerawat kulit wajah adalah salah satu ritual kecantikan yang sering dilakukan oleh wanita. Bahkan mereka rela membayar mahal agar dapat merawat kulit wajah di salon kecantikan ataupun juga membeli produk kecantikan untuk merawat wajah. Cara merawat wajah secara alami, biasanya takkan memberikan hasil yang cepat. Tetapi hasilnya akan di dapat secara permanen dalam jangka waktu panjang tanpa efek samping ataupun ketergantungan. Kali ini kita akan berbagi tips bagaimana cara memanfaatkan bahan-bahan alami untuk merawat wajah kita. Sebelum kita memutuskan cara merawat wajah dengan baik, alangkah baiknya kita memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Mengenali kulit wajah

Setiap orang mempunyai jenis kulit yang berbeda, seperti kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, ataupun kulit sensitif. Mengenali jenis kulit yang dimiliki, kita akan dengan mudah memutuskan cara merawat wajah menggunakan bahan-bahan yang cocok dan juga tepat.

 

  • Berkonsultasi dengan dokter kulit

Bagi sebagian orang yang mempunyai masalah wajah, seperti jerawat atau flek hitam. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kulit agar nantinya bahan yang akan digunakan aman untuk merawat kulit wajah kita.

Beberapa cara merawat wajah secara alami dan juga aman

  1. Mencuci wajah dengan teratur

Tips jitu untuk merawat wajah berminyak yaitu dengan mencuci wajah setiap hari. Membersihkan wajah setelah beraktifitas seharian menggunakan make up merupakan hal wajib dilakukan untuk merawat wajah. Sisa make up serta debu yang menempel pada kulit wajah, dapat menjadi penyebab utama timbulnya jerawat atau komedo. Bedak yang digunakan menempel pada wajah akan membantu pertumbuhan komedo semakin cepat.

 

  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat

Memakan buah dan sayur dapat menjadi salah satu cara merawat wajah yang kering. Hindari minuman berkafein dan beralkohol, serta mengurangi makanan berminyak dapat membantu kita dalam merawat wajah. Buah dan sayur yang memberikan manfaat pada kulit wajah, antara lain jeruk dengan kandungan vitamin C serta antioksidan yang berguna untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan juga mencerahkan wajah. Apel memiliki fungsi untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Buah tomat memiliki kandungan antioksidan serta mengurangi iritasi akibat paparan sinar matahari, mengurangi komedo, dan mencerahkan kulit wajah. Buah pisang berperan meremajakan kulit menjadi lembab dan kenyal. Dan buah mentimun yang berguna mengangkat noda hitam dan menjadikan wajah terlihat bercahaya.

 

  1. Mengkonsumsi air putih

Meminum air putih sebanyak 2 liter sehari dapat menjadi cara merawat wajah yang paling aman. Mengkonsumsi air putih yang cukup mebuat wajah terlihat cerah dan terhindar dari berbagai masalah kulit wajah.

 

  1. Teratur dalam berolahraga

Hal yang wajib dilakukan untuk merawat kulit wajah yaitu dengan berolahraga. Berkeringat dapat memberikan bantuan pada kulit agar mengeluarkan racun-racun yang tidak diperlukan di dalam tubuh sehingga metabolisme menjadi lancar.

 

  1. Cukup istirahat serta tersenyumlah

Untuk menjaga kesehatan, tidur 8 jam sehari sangat dianjurkan. Kurang tidur dapat mempengaruhi pengaturan emosi kita, karena salah satu cara untuk merawat wajah adalah dengan tersenyum. Tersenyum dapat membuat wajah akan terlihat awet muda dan cerah sepanjang hari.

 

Cara merawat wajah dengan bahan alami

  1. Masker tomat

Tomat mengandung vitamin C yang berguna untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah dan juga memberikan asupan nutrisi. Tomat juga mengandung antioksidan untuk mengatasi iritasi pada kulit wajah akibat sengatan ultraviolet, mengurangi komedo, serta mencerahkan kulit wajah. Cara membuat masker tomat, yakni dengan cara menghaluskan satu buah tomat kemudian dicampur dengan 1 sendok madu. Masker tersebut dioleskan ke seluruh bagian wajah dengan merata. Dibiarkan hingga 15 menit, kemudian dibilas dengan air hangat lalu dibersihkan dengan air dingin.

 

  1. Masker mentimun

Vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C dan vitamin E yang terkandung pada mentimun berfungsi sebagai antioksidan, dan juga kandungan air yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai penyejuk. Cara menggunakannya cukup mengambil 1/2 mentimun. Kupas dan bersihkan. Tambahkan 1 sendok susu non-lemak dan 1 sendok yoghurt. Kemudian, semuanya diblender halus dan oleskan secara merata pada wajah serta tunggu selama 20 menit lalu dibilas dengan air hangat.

 

  1. Masker alpukat

Buah alpukat kaya dengan protein, vitamin A, E, B2, B3, dan kalium yang berguna menghaluskan kulit wajah. Cara menggunakannya cukup melumatkan sebuah alpukat sampai halus. Oleskan pada wajah, lalu biarkan selam 15 menit sampai kering. Bersihkan wajah menggunakan air hangat.

 

  1. Putih telur

Telur berguna meremajakan kulit dan membuatnya menjadi kenyal serta bercahaya. Masker telur cukup mudah untuk dibuat. Pisahkan kuning telur dan putih telur. Kemudian putih telur dikocok dengan menambahkan 1 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa. Untuk kemudian dioleskan ke wajah. Biarkan selama 5-10 menit dan bilas dengan air suam-suam kuku.

 

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun kaya akan antioksidan, vitamin A dan vitamin E yang membantu kulit meregenerasi dan juga menetralisir radikal bebas. Bersihkan wajah terlebih dahulu kemudian oleskan minyak tersebut. Minyak zaitun pada wajah dapat membersihkan dan juga melembabkan.

Demikianlah beberapa tips cara merawat wajah dengan bahan yang alami dan sehat.

Inilah Cara Merawat Wajah Secara Alami | muhammad yamin | 4.5