Inilah Manfaat tanaman organik bagi tubuh

Jumat, Oktober 7th, 2016 - ARTIKEL SEHAT
Advertisement
manfaat-tanaman-organik

manfaat-tanaman-organik

Inilah Manfaat tanaman organik bagi tubuh– Tanaman yang sehat bukan dilihat hanya dari kandungannya tapi dari prosesnya hingga buah itu dipetik. Hal ini mungkin jarang diperhatikan oleh orang. Yang mereka tahu bahwa semua jenis buah buahan itu sehat. Memang benar sih, tapi perlu kita tahu apa benar buah itu aman dikonsumsi, siapa tahu anda kandungan kimiawi didalamnya seperti pestisida. Hal seperti ini tentu akan sangat membahayakan tubuh. Bisa menyebabkan gejala keracunan, kanker bahkan scenario terburuknya kematian. Untuk menghindarinya pastikan mengkonsumsi buah buahan yang ditanam secara organik karena bebas dari penggunaan bahan kimiawi yang bisa merusak buah dan tubuh orang yang mengkonsumsinya. Manfaat tanaman organik  antara lain lain  :

 

  • Kandungan gizi tinggi

Manfaat tanaman organik  yang pertama adalah kaya akan kandungan gizi , Studi penelitian yang dilakukan di inggris sebagaimana yang dilansir dari situs detikhealth.com dimana didapatkan hasil bahwa sayuran organic mengandung 27% vitamin c, 21,1% zat besi, 29,3% magnesium, 13.6% fosfor, dan 18% polifenol. Tak hanya itu peneliti juga menemukan bahwa asam salsila rata rata lebih banyak 600% dalam sup organic dan sup wortel organic mengandung 1.040 nanogram salsila, berbeda jauh jika dibandingkan dengan sup wortel non organik yang hanya memiliki 20 nanogram salsila

 

  • Sayuran atau buahan organic lebih mudah diserap tubuh

Tidak adanya kandungan bahan kimiawi menyebabkan buah organik mudah dicerna oleh tubuh. Berbeda dengan buah atau sayuran non organic yang mengandung zat kimia seperti pestisida, hal itu akan membuatnya lama baru bisa dicerna oleh tubuh karena kandungan pestisida tersebut menghalangi enzim pencernaan untuk bisa mengekstrak sayuran atau buah tersebut menjadi zat yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu kandungan bahan kimiawi seperti pestisida bisa merusak organ pencernaan karena sifatnya yang keras.

 

  • Lebih segar

Jika anda disuruh memilih mengkonsumsi buah, anda akan memilih yang segar nya alami (organik) atau yang segarnya (pengawet) ??. Perlu diketahui pestisida bertujuan agar buah tidak cepat busuk sehingga buah ini akan tahan lama. Pastinya anda akan memilih buah yang segarnya alami karena aman dari pestisida, selain itu kesegarannya terjamin karena tidak mengandung bahan kimiawi yang bisa merusak kandungan buah itu sendiri.

 

  • Baik untuk tumbuh kembang anak

Fungsi organ pada anak anak masih terus mengalami perkembangan sehingga sangat sensitif. Anak anak mudah mengalami sakit perut. Mengkonsumsi buah buahan alami (organic) akan membuat anak anda lebih sehat dan asupan gizinya akan terpenuhi sehingga tumbuh kembangnya akan maksimal. Mengkonsumsi buah buahan atau sayuran organik akan membuat daya tahan tubuh anak meningkat sehingga tidak ada masalah dalam proses pertumbuhannya. Selain itu Manfaat tanaman organik juga sangat baik untuk organ pencernaan anak yang belum berfungsi secara maksimal.

 

  • Terhindar dari resiko kanker

Buah organik sangat terjaga kebersihannya karena tidak ada penggunaan pestisida sama sekali. Penyakit kanker sendiri lebih banyak disebabkan karena menumpuknya bahan kimia dalam tubuh akibat mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung radikal bebas. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya kerusakan sel dan memicu kanker. Untuk sayuran dan buah organik, kandungan bahan kimiawi dijamin tidak ada karena gizi untuk tanaman hanya didapatkan dari alam seperti pupuk kompos. Buah atau sayuran pun bisa dikonsumsi secara langsung tanpa perlu takut akan sakit perut.

 

  • Meningkatkan sistem imun

Manfaat tanaman organik  yang terakhir adalah meningkatkan sistem imun, Buah organic dapat memperkuat sistem imun tubuh karena penyerapan gizinya bisa dilakukan secara maksimal. Berbeda dengan buah non organik yang bisa menyebabkan penyakit dan membuat system imun atau kekebalan tubuh menjadi menurun. Pestisida yang terkandung dalam buah non organik akan memicu reaksi berantai pada tubuh sehingga timbul penyakit seperti kanker. Timbulnya penyakit menjadi bukti bahwa system imun tubuh tidak berfungsi dengan baik

 

Itulah beberapa Manfaat tanaman organik  dibandingkan dengan buah dan sayuran non organik yang menggunakan bahan kimiawi. Sekarang tergantung anda mau sehat atau sebaliknya.

Inilah Manfaat tanaman organik bagi tubuh | muhammad yamin | 4.5