Inilah pertolongan pertama pada penderita asma

Selasa, September 1st, 2015 - ARTIKEL SEHAT, Tips Sehat
pertolongan pertama pada penderita asma

pertolongan pertama pada penderita asma

Inilah pertolongan pertama pada penderita asma – Salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia adalah asma, yang dimana penyakit ini disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pernafasan bagian atas, penyakit asma juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan jasmani , kondisi cuaca serta psikis.

Pada saat penyakit ini kambuh otot polos dari broki akan mengalami kondisi kejang dan juga jaringan yang berfungsi untuk melapisi saluran udara mengalami peradangan dan pelepasan lendir kedalam udara mengalami kebengkakan. Penyakit ini dapat kambuh secara tiba-tiba oleh karena itu kita harus mengetahui pertolongan pertama pada penderita asma agar supaya kita dapat mengambil langkah yang tepat jika penyakit ini datang secara tiba-tiba.

Pada tulisan kali ini kami akan menjelaskan pertolongan pertama asma, namun sebelum itu kami akan menjelaskan beberapa penyebab penyakit ini.

  1. Faktor kerurunan, penyakit asma adalah salah satu penyakit yang
  2. Lingkungan , jika kita hidup dilingkungan yang berdebu maka peluang anda untuk terkena asma sangat besar.
  3. Jamur dan bulu hewan, selalu perhatikan kebersihan tempat tinggal kita karena jamur dan bulu hewan peliharaan juga menjadi salah satu yang mengundang penyakit asma.
  4. Virus, penyaki sinusitis dan bronkitis
  5. Makanan dan minuman , jenis makanan yang mengandung banyak MSG dan bahan penganwet serta minuman yang bersifat dingin dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit asma
  6. Pendingin ruangan , menggunakan AC secara berlebihan dengan suhu yang sangat dingin juga dapat memicu munculnya penyakit ini

Itulah beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya penyakit asma,namun jika terlanjur terkenena penyakit asma dan tiba-tiba kambuh apa yang harus anda lakukan? Selanjutnya kami akan membahas pertolongan pertama pada penderita asma agar anda tidak panik saat mengalami atau menolong orang yang asmanya kambuh.

Inilah cara memberikan pertolongan pertama pada penderita asma

  1. Bawa penderita pada area yang sejuk dan nyaman
  2. Atur posisi penderita dengan setengah duduk sambil bersandar , letakkan bantal pada bagian leher agar penderita lebih nyaman ( jangan memposisikan penderita asma dengan berbaring )
  3. Berikan pijatan lembut pada syaraf paru-paru yang teretak pada diatas ruas jempol kaki.
  4. Berikan sedikit air hangat untuk diminum
  5. Jangan mengerumuni penderita asma karena hal ini dapat membuat udara disikitar menjadi sesak
  6. Jika tak ada perubahan segera bawa kedokter untuk menghindari hal yang tidak diinginkan

 

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan jika penyakit asma kambuh, sekian artikel kami tentang cara pertolongan pertama pada penderita asma semoga dapat menambah khasanah keilmuan anda, Wassalam

 

 

 

 

Inilah pertolongan pertama pada penderita asma | muhammad yamin | 4.5