7 jenis tanaman pengusir nyamuk yang mudah ditemui

Senin, Oktober 24th, 2016 - ARTIKEL SEHAT, Tips Sehat
Advertisement
tanaman pengusir nyamuk

tanaman pengusir nyamuk

7 jenis tanaman pengusir nyamuk yang mudah ditemui Dimusim hujan seperti saat ini perkembangbiakan nyamuk semakin cepat. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk juga beranekaragam. Ada malaria, kaki gajah, demam berdarah dan yang baru baru ini menghebohkan dunia adalah virus zika. Sampai sekarang belum ada obat untuk menangani masalah ini jadi cara yang paling baik untuk mengobatinya adalah dengan mencegahnya. Ada beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang tentunya sangat  tidak disukai nyamuk dan cenderung dijauhi. Tanaman tersebut aadalah :

 

  1. Sereh

Serai lebih banyak dipakai sebagai bumbu masak karena dapat menyedapkan makanan, ternyata selain itu serai ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk karena mengandung zat geraniol dan sironelal. Zat ini sangat dibenci oleh nyamuk. Serai memang memiliki bau yang cukup tajam. Penggunaan serai bisa dengan dikonsumsi sebagai bahan makanan bisa juga dengan ditanam dipinggir rumah. Bau yang dikeluarkan oleh serai akan mencegah nyamuk masuk kedalam rumah, sejak jaman dahulu sereh telah menjadi tanaman pengusir nyamuk yang sering digunakan.

 

  1. Bunga geranium

Tanaman pengusir nyamuk selanjutnya adalah bunga gerenium. Bunga geranium atau tapak darah mengandung geraniol dan sironelal yang dapat mengusir nyamuk. Cara pemanfaatannya cukup dengan menanamnya dalam pot dan diletakkan dalam rumah sehingga nyamuk tidak akan berani masuk. Tanaman ini juga bisa menjadi tanaman hias untuk rumah anda.

 

  1. Jeruk

Bau jeruk sangat dibenci oleh nyamuk. Pada dasarnya setiap yang berbau tajam tidak disukai oleh nyamuk termasuk jeruk. Anda bisa memanfaatkan kulitnya sebagai losion dengan digosok gosokkan keseluruh tubuh. Jeruk juga bisa ditanam dipekarangan rumah untuk mencegah nyamuk bersarang disekitar tempat tinggal anda. Airnya juga bisa dikonsumsi agar diserap oleh tubuh sehingga ada zat anti nyamuk dalam tubuh.

 

  1. Zodiac

Tanaman ini asli papua. Tergolong dalam ras rutaceae yang mengandung zat evodiamine dan rutaecarpine. Zat ini sangat berguna sebagai penghalau nyamuk. Masyarakat papua biasa menggosokkan badannya dengan dauin ini untuk menghindari gigitan serangga ketika masuk hutan.

 

  1. Lavender

Tanaman yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Tanaman ini banyak digunakan sebagai pengusir nyamuk bahkan sekarang sudah banyak dijadikan sebagai losion anti nyamuk. Bunga lavender aslinya berasal dari pengunungan alpen di swiss. Bunga ini memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetate yang aromanya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Untuk penggunaan secara langsung bisa dengan menggosok gosokkannya keseluruh tubuh. Tanaman ini juga bisa ditanam di pot dan diletakkan dalam atau luar rumah anda sehingga nyamuk tidak akan berani masuk bahkan melintas disekitar rumah anda.

 

  1. Rosemary

Mungkin anda sering menjumpai jenis tanman ini hanya saja anda tidak mengenalinya. Rosemary merupakan bungan yang memiliki aroma seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Seperti kita ketahui minyak ini sering dimanfaatkan untuk menghindari gigitan nyamuk pada bayi. Bunga ini dapat ditanam dipot dan diletakkan dalam rumah atau pekarangan sebagai pengusir nyamuk.

 

  1. Citrosa mosquito

Tanaman pengusir nyamuk yang terakhir ini dari namanya saja sudah jelas bisa mengusir nyamuk. Tanaman ini mengeluarkan bau seperti lemon. Cukup ditanam dipot atau sekitar rumah anda, nyamuka akan menjauh karena aromanya yang cukup pekat.

 

Itulah beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang sudah terbukti dan cukup gampang ditemui, mulai sekarang berhentilah menggunakan pengusir nyamuk kimia yang pastinya berbahaya bagi kesehatan anda. Sehat itu gampang kan

7 jenis tanaman pengusir nyamuk yang mudah ditemui | muhammad yamin | 4.5