Efek Samping Amoxicillin Bagi Tubuh Anda

Rabu, April 27th, 2016 - Kumpulan Efek Samping
Kenali Efek Samping Amoxicillin

Kenali Efek Samping Amoxicillin

Kenali Efek Samping Amoxicillin Bagi Tubuh Anda – Amoksisilin/Amoxicillin adalah sebuah antibiotik semisintetik spektrum luas yang mirip dengan ampisilin. Ketahanan amoksisilin pada asam lambung memungkinkan tingkat serum jadi lebih tinggi dengan pemberian secara oral dibanding dengan Ampisilin. Antibiotik per oral yang merupakan turunan Penisilin, yang di mana makanan tidak mempengaruhi absorpsinya. Amoksisilin pada umumnya dikombinasikan dengan asam clauvanic (inhibitor beta laktamase) sebab rentan pada degradasi beta-lacatamase.

 

Amoksisilin termasuk ken dalam spektrum antibiotik β-laktam yang mudah diserap oleh tubuh bahkan saat  diberikan secara oral. Antibiotik ini dipergunakan untuk mengobati berbagai infeksi oleh bakteri, termasuk infeksi pada telinga, infeksi di hidung dan juga tenggorokan, infeksi pada kulit, infeksi pada saluran kemih, infeksi pada saluran pernapasan bagian bawah, gonore, serta infeksi menular seksual yang lainnya.

 

Reaksi Anafilaksis

Efek samping amoxicilin yang paling serius serta berbahaya yaitu timbulnya reaksi anafilaksis. Reaksi anafilaksis merupakan sebagai reaksi hipersensitivitas tipe 1 yang dapat mengancam jiwa, yang muncul diakibatkan oleh reaksi obat yang diberikan melalui internal ataupun secara oral. Reaksi anafilaksis dapat ditandai dengan tanda-tanda dan gejala sebagai berikut :

  • Tanda serta gejala dari reaksi anafilaktik mulai muncul dalam kurun waktu 72 jam setelah eksposur. Tanda awal dapat terlihat pada kulit berupa gatal-gatal, ruam pada kulit, serta kulit yang memerah. Demam sering juga muncul mengiringi ruam di kulit.
  • Pembengkakan bibir, lidah ataupun tenggorokan juga terlihat sebagai salah satu cara tubuh merespon serta melawan peradangan.
  • Tekanan pernapasan dengan bentuk kesulitan saat bernafas, sesak nafas, dan mengi.
  • Beberapa penderita mungkin juga akan mengeluhkan masalah pencernaan, seperti kram pada perut yang parah, nyeri perut, diare, dan lainnya.
  • Efek samping amoxicilin serius lain yang mungkin akan terjadi bila tidak ada tindakan segera, meliputi kejang arteri koroner yang dapat mengakibatkan myocardial infarction. Akibatnya, akan ada resiko penurunan mendadak terhadap tekanan darah yang menyebabkan pusing, kelelahan, bersamaan dengan kehilangan kesadaran.

Efek Samping Amoxicillin Lainnya

Berikut adalah efek samping amoxicillin yang lain.

  1. Sariawan

Sariawan sering terlihat sebagai infeksi super pada kasus overdosis oleh amoksisilin. Tiap kali terjadi overdosis akibat konsumsi antibiotik, akan muncul reaksi yang merugikan karena terjadinya penurunan terhadap kekebalan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap infeksi oportunistik, seperti sariawan, kandidiasis, ataupun infeksi jamur lainnya.

 

  1. Masalah pencernaan

Masalah pencernaan yang umum terjadi sebagai efek samping amoxicilin pada bayi. Saluran pencernaan mempunyai potensi bereaksi negatif terhadap amoksisilin yang menyebabkan kram pada perut, nyeri perut bagian bawah, dan lainnya. Gejala ini mirip dengan iritasi pada usus besar.

 

  1. Mual

Sering mual dan juga muntah merupakan salah satu efek samping amoxicillin yang sering dialami oleh wanita karena penggunaan amoxicilin. Reaksi ini ringan serta jarang yang mengancam jiwa. Diare mungkin juga akan muncul ketika mual dan muntah terjadi.

 

  1. Kerusakan hati

Efek samping amoxicillin lain yang lebih serius, hanya terjadi setelah penyalahgunaan serta penggunaan yang jangka panjang ialah kerusakan pada hati. Hepatotoksisitas merupakan efek samping amoxicillin ketika dikombinasikan dengan asam klavulanat. Pada umumnya terjadi karena cidera hepatoseluler serta ketidakmampuan empedu yang mengalir dari hati (kolestasis).

Advertisement
Efek Samping Amoxicillin Bagi Tubuh Anda | muhammad yamin | 4.5