Kenali Jenis Dan Penyebab Penyakit Leukimia

Kamis, Maret 16th, 2017 - gejala penyakit
Advertisement
penyebab penyakit leukimia

penyebab penyakit leukimia

Kenali Jenis Dan Penyebab Penyakit LeukimiaPenyakit kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh semua kalangan masyarakat dunia dikarenakan kanker merupakan penyakit yang diidentik dengan rasa sakit, sulit untuk disembuhkan dan kematian. Kanker darah atau biasa disebut leukimia merupakan kanker yang menyerang sel-sel pembentuk sel darah di dalam sumsum tulang. Di dalam kondisi normalnya, sel-sel darah putih berkembang dengan teratur di saat tubuh membutuhkannya dalam memberantas infeksi yang muncul. Sum-sum tulang (bone marrow) dalam tubuh manusia memproduksi 3 tipe sel darah, yakni sel darah putih yang berfungsi untuk melawan infeksi, sel darah merah berfungsi mengangkut oksigen ke dalam tubuh, dan platelet merupakan bagian kecil sel darah yang membantu proses pembekuan darah.

Pada umumnya penyebab penyakit leukimia muncul dimulai sejak masa kecil di mana sumsum tulang tanpa diketahui kejelasannya telah memproduksi sel-sel darah putih yang berkembang secara abnormal. Sel darah putih memproduksi ulang apabila diperlukan oleh tubuh atau adanya tempat yang tersedia oleh sel darah itu sendiri. Secara teratur, tubuh manusia akan memberikan signal kapankah sel darah tersebut diharapkan untuk berproduksi kembali. Pada penyakit leukimia, sel darah putih tidak merespon kepada signal yang diberikan. Sehingga terjadi produksi yang berlebih dan tidak terkontrol (abnormal) yang dikeluarkan oleh sumsum tulang dan dapat ditemukan di dalam darah perifer (darah tepi). Berlebihnya jumlah sel darah putih yang abnormal mengganggu kenormalan fungsi sel lainnya. Penderita akan menunjukkan beberapa gejala penyakit leukimia, seperti dengan mudahnya terkena penyakit infeksi, kekurangan darah (anemia) dan juga pendarahan.

Ciri-ciri penyakit leukimia tidak dapat segera untuk dikenali karena tidak memiliki kejelasan. tetapi sebaiknya kita tetap berusaha mengenal mengenai penyakit ini. Ciri penyakit ini pada stadium awal yang mudah untuk dikenali, yaitu saat kondisi terluka sehingga lukanya berdarah. Dalam kondisi normal, darah yang dikeluarkan akan segera menggumpal dan aliran darahnya akan cepat berhenti. Tetapi jika yang terluka hingga mengeluarkan darah adalah penderita penyakit leukimia, aliran darah tersebut sangat sulit untuk dihentikan. Hal tersebut membuatnya mengalami kurangya sel darah merah (anemia). Kemudian jika diperhatikan dengan seksama, darah yang dikeluarkan berwarna merah muda bukan berwarna merah pekat. sebelum membahas penyebab penyakit leukimia ini  terlebih dahulu akan dijelaskan jenis jenis penyakit yang menyerang sel darah ini.

Jenis-jenis penyakit leukimia

Berdasarkan kecepatan perkembangannnya, penyakit leukimia dikelompokkan menjadi akut dan kronis. Leukimia akut berkembang dengan cepat dikarenakan bertambahnya jumlah sel darah putih secara abnormal dan juga dengan pesat menyebar ke dalam aliran darah. Penyakit ini harus segera ditangani. Sedangkan, leukimia kronis berkembang dengan perlahan-lahan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Penyakit ini terdiagnosis setelah bertahun-tahun karena cenderung tidak segera dirasakan. Sel-sel darah putih yang harusnya sudah mati tetap hidup sehingga menumpuk dalam alirah darah, dalam sumsum tulang dan juga organ-organ lain yang terkait. Ada empat jenis penyakit leukimia yang sering terjadi :

  • Leukemia limfositik akut (LLA) merupakan penyakit kanker darah yang paling sering terjadi pada anak-anak dan juga terdapat pada orang dewasa (berumur 65 tahun atau lebih).
  • Leukemia mielositik akut (LMA) merupakan jenis penyakit leukimia atau kanker darah yang sering terjadi pada orang dewasa dibandingkan pada anak-anak yang dulunya dikenal dengan sebutan leukimia nonlimfositik akut.
  • Leukemia limfositik kronis (LLK) merupakan jenis penyakit kanker darah yang hanya dialami oleh orang dewasa terdeteksi pada stadium lanjut dikarenakan gejala penyakit leukimia dirasakan dalam waktu yang lama.
  • Leukemia mielositik kronis (LMK) merupakan jenis kanker darah yang dialami oleh orang dewasa pada umumnya. Tahap pertama penyakit ini, yaitu sel-sel abnormal berkembang secara perlahan. Saat memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal bertambah dengan pesat yang membuat kondisi penderita menurun secara drastis.

Penyebab penyakit leukimia

Sebelum mengetahui gejala penyakit leukimia, kita harus mengetahui penyebab penyakit ini terlebih dahulu. Ada beberapa hal yang diduga dapat mempengaruhi frekuensi terjadinya penyakit leukimia.

  1. Radiasi

Beberapa laporan dan juga riset yang menangani kasus penyakit leukimia bahwa para pegawai radiologi dan radioterapi sering menderita leukimia, serta ditemukan juga penderita leukimia pada korban hidup kejadian bom atom di Hiroshima dan Nagasaki, Jepang.

 

  1. Leukemogenik

Beberapa laporan bahwa adanya beberapa zat kimia yang teridentifikasi dapat mempengaruhi frekuensi leukimia. Contohnya racun lingkungan, misal benzena, bahan kimia industri seperti insektisida dan juga obat-obatan yang digunakan pada kemoterapi.

 

  1. Herediter

Penderita Down Syndrom mempunyai insidensi leukimia akut 20 kali lebih besar dibandingkan dari orang normal pada umumya.

 

  1. Virus

Beberpa virus juga dapat meyebabkan terjadinya penyakit leukimia, misalnya retrovirus, HTLV-1 pada orang dewasa dan virus leukimia feline.

 

Gejala penyakit leukimia

Setelah mengetahui beberapa penyebab penyakit leukimia, selanjutnya akan dipaparkan beberapa gejala penyakit leukimia :

  1. Anemia

Penderita akan terlihat cepat lelah, pucat dan juga bernafas cepat karena sel darah merah dibawah normal menyebabkan kekurangan oksigen dalam tubuh.

 

  1. Pendarahan

Platelet (sel pembeku darah) diproduksi dengan tidak wajar karena didominasi sel darah putih, sehingga penderita mengalami pendarahan pada jaringan kulit.

 

  1. Infeksi

Sel darah putih terbentuk secara abnormal, sehingga tidak berfungsi semestinya. Dikarenakan sel darah putih yang berperan sebagai pelindung daya tubuh mengakibatkan penderita rentan terkena infeksi.

 

  1. Nyeri tulang dan persendian

Dikarenakan sum-sum tulang (bone marrow) mendesak padat oleh sel darah putih, sehingga nyeri tulang dan persendian juga sebagai gejala penyakit leukimia.

 

  1. Nyeri perut

Nyeri pada bagian perut juga merupakan salah satu gejala penyakit leukimia yang disebabkan adanya sel leukimia yang terkumpul pada organ ginjal, hati, serta empedu yang membuat pembesaran terhadap organ-organ tubuh ini sehingga timbulah rasa nyeri.

 

  1. Pembengkakan kelenjar lympa

Kemungkinan besar penderita mengalami pembengkakan kelenjar lympa karena kelenjar tersebut mempunyai fungsi untuk menyaring darah. Sel leukimia dapat bertumpuk dan terkumpul di daerah tersebut sehingga terjadi pembengkakan.

 

  1. Kesulitan bernafas (dyspnea)

Penderita penyakit leukimia kemungkinan akan menampakkan gejala kesulitan bernafas serta nyeri pada dada. Disarankan penderita harus segera mendapatkan pertolongan medis jika hal ini terjadi.

Demikian pemaparan kami tentang jenis, gejala serta penyebab penyakit leukimia ini, tetap menjaga pola hidup anda agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

Advertisement
Kenali Jenis Dan Penyebab Penyakit Leukimia | muhammad yamin | 4.5