Ketahuilah Cara Minum Pil KB Yang Benar

Sabtu, November 5th, 2016 - ARTIKEL SEHAT, Tips Cantik
cara minum pil kb yang benar

cara minum pil kb yang benar

Ketahuilah Cara Minum Pil KB Yang Benar – Pil KB (Keluarga Berencana) atau biasa dikenal dengan pil kontrasepsi merupakan preparat hormon yang berfungsi untuk mencegah kehamilan.Pil kontrasepsi ini memiliki tingkat kegagalan 1 dalam 1000.Pil KB yang selama ini beredar luas dimasyarakat mempunyai 2 varian, yaitu pil KB yang berjumlah 21 tablet dan pil KB yang berjumlah 28 tablet.Apa sih bedanya? Perbedaannya terletak pada 7 buah pil yang beda ukuran dan warna pada pil 28 tablet isinya merupakan tepung (plas ebo).

 

Tepung plasebo tidak memiliki efek pengobatan. Fungsi dari pil plasebo ini tak lain untuk mendatangkan haid/menstruasi. Adapun pil 21 tablet, setelah pil terakhir dimakan, ada interval 7 hari libur/tidak mengkonsumsi pil sebelum memulai blister pil berikutnya. Haid akan muncul saat interval ini berlangsung. Biasanya 2-3 hari setelah pil ini habis.

 

Lalu bagaimana cara minum pil KB yang benar ? Adakah waktu terbaik untuk mengkonsumsi pil ini?jelas ada.

Waktu terbaik untuk menggunakan pil KB kombinasi adalah saat proses menstruasi berlangsung. Cara minum pil KB efektif pada hari pertama sampai hari ke lima menstruasi. Cara minum pil KB ini akan melindungi Anda dari kehamilan. Pil KB juga bisa diminum kapan saja selain waktu menstruasi di atas, hanya saja efek kontrasepsi tidak bekerja saat itu juga.Sehingga Anda harus menggunakan metode kontrasepsi cadangan selama seminggu.

 

Khusus untuk ibu yang baru melahirkan atau menyusui, biasanya akan diberi pil progestin-only khusus menyusui. Cara minum pil KB ini bisa digunakan setiap saat, tetapi perlu menggunakan alat kontrasepsi tambahan selam dua hari setelahnya.

 

Cara minum pil KB dapat Anda lakukan dengan menggunakan waktu yang sama setiap hari untuk memaksimalkan hasilnya. Cara ini akan membiasakan tubuh Anda dalam menerima dorongan hormonal yang sama secara teratur. Jadi, cara ini bisa dibilang alarm bagi tubuh Anda.

 

Apabila Anda lupa jam mengkonsumsi pil KB, Anda masih diperbolehkan meminumnya asalkan tidak lebih dari 12 jam. Jika lupa dengan rentang waktu 1 hari, Anda diperbolehkan untuk meminum 2 tablet sekaligus dalam waktu yang sama. Sedangkan untuk Anda yang lupa mengkonsumsi hingga lebih dari satu hari, Anda masih bisa melanjutkan penggunaan pil KB ini. Cara minum pil KB ini memang diperbolehkan, namun akan mengurangi keefektifan pil KB itu sendiri. Sehingga diperlukan metode kontrasepsi tambahan untuk hasil yang maksimal.

 

Bagaimana? Anda sudah paham kan cara minum pil KB yang benar ? Jadi tidak perlu takut dan ragu lagi menggunakan pil ini ya?.

Ketahuilah Cara Minum Pil KB Yang Benar | muhammad yamin | 4.5