Khasiat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh

Kamis, Juni 22nd, 2017 - ARTIKEL SEHAT, Obat Herbal, Tips Cantik, Tips Sehat
Khasiat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh Dibalik Rasanya Yang Pahit – Brotowali merupakan tanaman liar yang dapat di jumpai di daerah Jawa. Banyak orang memanfaatkan daun dan batang brotowali sebagai bahan untuk membuat obat herbal. Kandungan yang ada pada brotowali sangat berkhasiat untuk kesehatan. Adapun kandungannya yaitu seperti berberin, alkaloid, dan columbina yang juga dipercaya untuk menyerang bakteri sehingga membantu menyembuhkan luka.

 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah khasiat brotowali yang bisa anda dapatkan :

  1. Menambah nafsu makan

Gangguan kesehatan dapat ditandai dengan hilangnya nafsu makan, hal ini tentunya menjadi masalah yang serius bagi kesehatan. Karena tubuh akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan.

Cara alami untuk mengembalikan nafsu makan adalah dengan mengonsumsi rebusan daun dan batang brotowali. Walau dikenal dengan rasa pahit, namun khasiat brotowali sebagai penambah nafsu makan sudah tidak diragukan lagi. Untuk sedikit menghilangkan rasa pahitnya, anda bisa  menambah madu ataupun gula.

 

  1. Mempercepat penyembuhkan luka

Kandungan anti bakteri pada bagian daun dan batang brotowali memiliki senyawa aktif yang mampu melawan bakteri akibat infeksi. Selain itu kandungan oksidan pada brotowali dapat membantu membuat luka cepat mengering. Untuk mendapatkan khasiat brotowali yang satu ini, cukup dengan menumbuk batang dan daun brotowali, kemudian tempelkan pada luka.

 

  1. Mengatasi masalah kulit

Untuk anda yang mengalami masalah kulit seperti gatal-gatal, panu, kudis, dan kurap juga dapat diatasi dengan menggunakan brotowali. Khasiat brotowali untuk mengatasi masalah kulit memang sudah terbukti. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu tumbuk daun dan batang brotowali dengan dicampur belerang dan minyak kelapa. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok-gosokan bagian kulit yang sedang mengalami masalah atau pada kulit yang terinfeksi jamur.

 

  1. Menurunkan gula darah

Dengan mengonsumsi rebusan brotowali yang dicampur dengan sambiloto dan kumis kucing secara rutin akan membantu tubuh untuk mengontrol gula darah. Brotowali memang sangat cocok untuk obat diabetes.

 

  1. Mengobati rematik

Rematik yaitu radang sendi yang kerap sekali menyebabkan nyeri yang menyakitkan. Apabila tidak segera diobati maka akan mengganggu rutinitas harian. Cara mengobati rematik dengan menggunakan brotowali cukup dengan merebus daun dan batang brotowali, kemudian konsumsi air rebusan brotowali dua kali sehari sebanyak setengah gelas untuk mendapatkan khasiat brotowali yang lebih maksimal.

 

Selain berkhasiat untuk kesehatan, brotowali juga berkhasiat untuk kencantikan. Dalah hal kecantikan, khasiat brotowali adalah membantu mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, dan menghilangkan komedo. Cukup luar biasa bukan? Meskipun rasanya pahit, namun khasiat yang terkandung di dalamnya cukup luar biasa. Jadi jangan ragu lagi untuk memanfaatkannya.

Khasiat Brotowali Untuk Kesehatan Tubuh | muhammad yamin | 4.5