4 Makanan yang bagus untuk kesuburan

Selasa, Januari 9th, 2018 - ARTIKEL SEHAT, Tips Sehat
4 Makanan yang bagus untuk kesuburan

4 Makanan yang bagus untuk kesuburan

4 Makanan yang bagus untuk kesuburan-  setiap orang tentu menginginkan seorang anak hadir diantara hidupnya. Anak adalah harta paling berharga yang dimiliki orang tua selain itu anak bisa menjadi penerus keluarga. Namun tak jarang kita lihat ada diantara saudara saudara kita yang sudah sekian lama menikah bahkan berpuluh puluh tahun namun belum dikaruniai seorang anak. Itu disebabkan tingkat kesuburan bagi setiap orang berbeda khususnya wanita.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang belum bisa hamil bisa karena sel telur yang tidak berkualitas atau karena sel sperma yang ada kualitasnya juga rendah bahkan bisa keduanya. Pada beberapa kasus bisa disebabkan karena ganggguan pada rahim perempuan. Mungkin tidak jarang kita temukan wanita yang mengalami keguguran hingga berkali kali, ini disebabkan karena aktifitas yang berlebihan atau lebih karena memang ada penyakit pada rahim sehingga dinding rahim tidak bisa menopang sel telur yang telah membesar karena dibuahi. Untuk lebih pasti penyebabnya anda bisa menanyakannya langsung kepada dokter.

Bila terbukti karena tingkat kualitas sel telur atau sel sperma pasangan anda yang menjadi masalahnya maka anda perlu mengkonsumsi makanan yang memberikan efek kesuburan, nah berikut adalah 4 jenis makanan yang bagus untuk kesuburan yang bisa anda coba.

  1. Mengkonsumsi sayuran berwarna hijau

Sayuran dikenal bahkan terbukti memiliki kandungan yang sangat banyak seperti vitamin a, vitamin c, vitamin e, kalsium,zat besi,  seng,tembaga,asam folat, vitamin b6 dan nutrisi lainnya yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh seperti tingkat fertilitas atau kesuburan. Mengkonsumsi sayuran berarti meningkatkan fungsi organ tubuh anda termasuk rahim. Kandungan vitamin b6 dalam sayuran berfungsi sebagai pendukung dan pengatur hormone produksi sehingga bisa meningkatkan kesuburan organ reproduksi anda baik pria maupun wanita. Sedangkan asam folat sangat penting untuk anda yang ingin segera hamil. Zat ini berfungsi untuk menjaga kesuburan dan kekuatan rahim bagi wanita. Sayuran yang bisa diknsumsi untuk meningkatkan kesuburan diantaranya brokoli, asparagus, kacang polong dan kacang kapri.

  1. Memperbanyak minum air putih

Zat lain yang sanga dibutuhkan dalam menjaga kandungan anda tetap sehat adalah mineral. Mineral sendiri gampang kita dapatkan karena paling banyak terkandung dalam air khususnya air putih. Air putih akan tetap menjaga metabolism tubuh tetap terjaga dengan baik. Hal ini dikarenakan sebagian besar unsure tubuh terdiri dari cairan sehingga mutlak air sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tersebut. Mineral dalam air sangat diperlukan untuk melarutkan zat zat yang ada dalam tubuh dan membuang zat zat yang tak bisa dicerna dengan baik oleh tubuh termasuk yang bisa mempengaruhi kesuburan  baik melalui keringat maupun air kencing dan kotoran. maka dari itu memngkonsumsi banyak air putih masuk kategori makanan yang bagus untuk kesuburan.

  1. Mengkonsumsi buah yang bayak mengandung serat

Jenis Makanan yang bagus untuk kesuburan selanjutnya adalah yang makanan yang mengandung banyak serat, Hampir semua buah buahan mengandung serat yang banyak dan sangat diperlukan bagi tubuh. Serat sangat dibutuhkan bagi fungsi pencernaan karena sangat mudah larut sehingga memudahkan kinerja pencernaan dan nutrisi yang ada bisa diserap tubuh dengan baik termasuk zat zat yang dibutuhkan untuk menjaga tingkat kesuburan pada organ reproduksi baik pria maupun wanita. Buah yang bagus dikonsumsi seperti jeruk mangga, apel dll

  1. Mengkonsumsi daging tanpa lemak

Daging merupakan sumber protein yang sangat banyak. Namun bila berbicara tentang daging maka tidak jauh dari lemak. Namun sebaliknya lemak sangat tidak baik bagi seseorang yang sedang menjalani program kehamilan. Lemak bisa memicu kegemukan dan hal ini tidak baik dampaknya bagi tingkat kesuburan. orang yang memiliki banyak lemak atau gemuk biasanya akan susah untuk hamil karena hormone reproduksinya mengalami penurunan fungsi.

Hal ini disebabkan karena lemak berlebih pada tubuh yang menekan hormone untuk kesuburan menjadi berkurang bahkan bisa menyebabkan impotensi. Selain itu kandungan zat besi dalam daging juga bagus untuk meningkatkan sel darah merah sehingga kebutuhan darah bagi tubuh bisa terpenuhi. Daging yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan seperti daging sapi, daging kambing, dan daging ayam

Itulah beberapa jenis makanan yang bagus untuk kesuburan, anda dapat  konsumsinya agar kesuburan anda bisa meningkat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal konsumsi secera rutin dan teratur serta berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda.

4 Makanan yang bagus untuk kesuburan | muhammad yamin | 4.5