Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Rabu, November 8th, 2017 - ARTIKEL SEHAT, Tips Sehat
Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui – Setiap ibu yang sedang dalam proses menyusui pasti menginginkan agar produksi asinya meningkat dan berkualitas. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi produksi asi seorang ibu seperti makanan yang di konsumsi dan juga life style.

Namun sayangnya, belum banyak ibu menyusui  yang mengetahui secara dektail apa saja makanan yang harus mereka hindari. Tidak hanya berpengaruh bagi kesehatannya saja, menu apapun yang disantap sangat berdampak bagi kualitas asupan si buah hati.

Untuk tetap menjaga kualitas asi, berikut kami jelaskan beberapa jenis makanan yang bagi ibu menyusui harusi di hindari karena berdampak buruk pada kesehatan si kecil.

  1. Kafein

Bagi sebagian besar masyarakat indonesia mengkonsumsi kopi dan teh adalah kebiasaan yang  sangat sulit di pisahkan, namun bagi wanita yang sedang dalam proses menyusui ada baiknya anda menghidari jenis minuman yang mengadung kafein, dimana dampak ketika menkonsumsi kafein akan meningkatkan detak jantung bagi ibu hamil, dan membuat nafsu makan menjadi menurun. Jika selera makan anda berkurang, bagaimana gizi untuk si kecil bisa disupplay?.

  1. Makanan pedas

Jenis  Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui selanjutnya adalah makanan yang memiliki rasa pedas berlebihan, bagi anda yang sedang menyusui  Sebaiknya, menjauhilah  dalam sebuah penelitian mengungkap bahwa makanan pedas dapat menyebabkan bayi sering gelisah dan kembung. Efeknya, bayi kerap buang angin, diare, dan feses yang lembek serta cair.

Efek buruk mengkonsumsi hidangan yang pedas dalam jumlah melebihi batas juga dapat menjadi penyebab diare bagi ibu, sangat berbahaya bukan !!

  1. Brokoli dan kol

Sayuran ini memang banyak mengandung nutrisi yang sehat,  Namun tahukah anda jika brokoli dan kol yang kaya akan antioksidan ini dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan bayi Anda? Oleh sebab itu jenis sayuran ini masuk kategori Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui.

  1. Ikan bermerkuri tinggi

Makanan yang dilarang untuk ibu menyusui ini memang belum banyak diketahui orang. Ikan yang dipercaya sebagai pemasok asam lemak omega 3 nyatanya juga dapat menjadi bahaya bagi ibu menyusui apabila ikan tersebut mempunyai kadar merkuri tinggi. Makerel raja, ikan todak, dan tilefish adalah contohnya.

Penelitian membuktikan bahwa merkuri di dalam ikan akan mengkontaminasi air susu ibu dan berisiko pada perkembangan otak bayi. Ikan tuna punya zat logam ini, namun porsinya tidak terlalu banyak. Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsinya lebih dari 2 kali per minggu.

Itulah 4 makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Semoga bisa bermanfaat bagi anda sekalian.

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Menyusui | muhammad yamin | 4.5