Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, Oktober 24th, 2017 - ARTIKEL SEHAT, Tips Sehat

 

manfaat beras merah

manfaat beras merah

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh Anda – Sebagaian besar masyarakat indonesia menjadikan beras sebagai makanan pokok mengkonsumsi beras sudah menjadi tradisi turun temurun masyrakat indonesia  hampir diseluruh nusantara sawah terhampar luas, jenis beras yang lazim dikonsumsi adalah beras yang berwarna putih namun tahukah anda jika ada beras yang berwarna merah ? Jika tidak  maka ada baiknya anda segera mencobanya karena telah terbukti bahwa beras merah memiliki kandungan nutrisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Beras merah memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan beras yang berwarna putih ini sebanding dengan khasiat yang dikandungnya, orang yang menderita diabetes wajib menjadikan beras merah ini sebagai makanan utamanya hal ini dikarenakan kandungan gula pada nasi merah lebih jauh lebih rendah dibandingkan nasi putih.

Pada dasarnya beras merah dan beras putih adalah dalam satu varietas, namun jika dilihat secara seksama bisa dibedakan dari warna beras merah yang agak sedikit gelap kecoklatan. Biji padi memiliki 3 bagian, yakni lapisan luar atau sekam, lapisan kulit ari, dan biji (beras). Padan dasarnya prosesan yang baik untuk memisahkan antara sekam dan biji padi adalah dengan cara ditumbuk hal ini jauh lebih baik daripada melakukan penggilingan dengan menggunakan mesin, karena dengan menggunakan cara tradisional ini tidak akan merusak kandungan gizi yang terkandung didalamnya dimana  terdiri dari serat, minyak esensial serta, vitamin, dan mineral yang mencakup vitamin B, A, fosfor, selenium, mangan, kalium dan magnesium.

Nah selanjutnya kami akan menjelaskan manfaat dari terlebih dahulu akan kami paparkan apa saja kandungan dari beras merah ini, berikut diantaranya :

Segelas nasi beras merah tumbuk mengandung

  • 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV)
  • mineral mangan, 27% DV
  • selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV
  • asam amino triptofan, 3,5 gram
  • serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram),
  • proteinnya 2-5%
  • Selain itu juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat pada beras merah yang bisa ada dapatkan jika rutin mengkonsumsinya , selanjutnya kami akan jelaskan manfaat beras merah ini diantaranya :

  1. Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang memiliki kolestrol tinggi ada baiknya anda mengganti  kebiasaan anda mengkonsumsi beras putih menjadi beras merah, nasi beras merah mengandung minyak yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Maka dari itu jenis beras ini sangat cocok untuk anda.

  1. Dapat mengurangi Risiko Kanker Colonkadar selenium serta polifenol yang tinggi pada beras merah dipercara dapat mengurangi resiko kanker colon . Beras merah lebih banyak mengandung Fenol dalam konsentrasi yang lebih tinggi daripada beras putih. Tingginya kandungan serat makanan juga akan menyehatkan sistem pencernaan dan usus besar.
  2. Mengontrol kadar gula darahManfaat beras merah selanjutnya adalah dapat mengendalikan kadar gula darah , beras merah memiliki indeks glikemik yang cenderung rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat. Indeks glikemik yang rendah pada beras merah ini akan berperan penting dalam mengatur kadar gula darah dan juga produksi insulin dalam tubuh kita.
  3. Baik untuk Kulit kulit

Mengkonsumsi beras merah secar rutin ternyata berdampak baik bagi kesehatan kulit anda beras merah terbukti dapat    menghaluskan kulit serta mengatasi alergi, juga dapat membantu mencegah maupun mengatasi berbagai penyakit hipertensi diabetes, aslam, level, dan sebagainya

  1. Sumber terbaik dari vitamin B6Perlu anda ketahui bahwa satu porsi nasi merah memiliki sekitar 23% dari kebutuhan vitamin B6 harian. Nasi merah memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan membantu fungsi setiap organ tubuh tentunya hal ini sangat berdampak positif bagi kesehatan anda
  2. Mencegah asmaJenis beras merah juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik untuk mengontrol pola pernapasan normal. Makan nasi merah secara teratur membantu mencegah asma luar biasa bukan manfaat dari beras merah ini.
  3. Menyehatkan tulangManfaat beras merah yang terskhir adalah mampu menjaga kesehatan tulang, salah satu kandungan pada beras merah adalah magnesium, Magnesium adalah nutrisi penting untuk membangun tulang yang sehat. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan osteoporosis dan kepadatan tulang yang rendah di kemudian hari. Mengonsumsi nasi merah juga meringankan nyeri sendi.

Nah Itulah beberapa  manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh sangat luar biasa bukan,beras merah sangat cocok untuk anda gunakan sebagai makanan pokok anda, selain mengenyangkan juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan kita.

 

 

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh | muhammad yamin | 4.5