Manfaat Biji Durian Serta Kandungan Gizinya

Minggu, Maret 27th, 2016 - ARTIKEL SEHAT, Obat Herbal
manfaat biji durian

manfaat biji durian

Manfaat Biji Durian Serta Kandungan Gizinya – Durian merupakan tumbuhan tropis yang asalnya dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang dapat dimakan. Namanya diambil dari ciri khas kulitnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam menyerupai duri. Buah durian populer dengan sebutan “raja dari segala buah” (King of Fruit). Durian juga merupakan buah yang cukup kontroversial, walaupun banyak orang menyukai durian, tetapi sebagian malah muak dengan aroma buah ini. Buah durian dengan istilah latinnya Durio zibenthinus Murr berasal dari hutan Sumatra, Kalimantan, dan Malaysia.

Durian adalah salah satu buah yang cukup digemari orang banyak. Buah yang tebal dan memiliki aroma cukup khas membuat buah ini peminatnya. Sebagian orang mengatakan bahwa aromanya terlalu menyengat sehingga membuat pusing jika dikonsumsi cukup banyak. Selain buah dari durian yang dapat dikonsumsi, biji buahnya juga memiliki manfaat bagus bagi kesehatan. Daripada biji durian dibuang ke tempat sampah akan lebih baik jika diolah menjadi makanan yang cukup lezat serta bergizi.

 

Kandungan biji buah durian

Dalam satu biji buah durian mengandung nutrisi beraneka ragam yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti karbohidrat, energi, lemak, protein, sumber mineral, serat, vitamin (C, B1dan B2), kalium, kalsium serta fosfor. Banyaknya kandungan nutrisi yang ada, maka tidak ada alasan membuang biji durian ke tempat sampah, terkecuali jika memiliki alergi terhadap buah durian termasuk bijinya juga.

 

Zat gizi yang terkandung dalam 100 gram biji buah durian :

  • Karbohidrat sebanyak 28.3 gram
  • Mineral sebanyak 67 gram
  • Energi 520 KJ atau setara 124.8 kalori
  • Lemak 2.5 gram
  • Protein 2.5 gram
  • Serat 1.4 gram

Berdasar kandungan gizinya, biji durian bermanfaat sebagai sumber energi karena kandungan karbohidrat dan juga lemaknya. Protein nabati yang terkandung di dalamnya untuk membangun atau memperbaharui sel-sel tubuh serta otot. Seratnya berguna untuk kesehatan pencernaan, pembuluh darah, serta jantung. Dan vitamin B juga kalium memiliki fungsi mencegah penyakit sehingga tubuh kita membutuhkannya.

Manfaat biji durian

Setelah mengetahui kandungan gizi biji buah durian, cobalah untuk memahami juga manfaat biji durian jika di konsums. Dalam hal ini diolah secara profesional hingga menjadi bahan alami yang sangat bermanfaat. Berikut merupakan beberapa manfaat biji durian:

 

  1. Sebagai makanan lezat

Zat gizi pada biji buah durian membuatnya patut untuk dikonsumsi. Biji buah durian dapat diolah menjadi berbagai penganan lezat yang kaya akan kandungan nutrisi. Dapat diolah dengan cara merebus, memanggang atau membakarnya hingga matang ataupun bisa juga dibuat menjadi es krim. Hal ini karena biji durian tidak bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah karena kandungan senyawa asam lemak siklopropena yang bersifat racun bagi tubuh kita.

 

  1. Sebagai bahan campuran tablet

Salah satu manfaat biji durian adalah dapat dibuat sebagai bahan campuran tablet. Tetapi harus diekstrasi terlebih dulu karena proses ini cukup penting, dan sebaiknya dilakukan hingga nantinya berubah menjadi debu kecil dengan tekstur halus dan akan dicampurkan ke dalam tablet. Sebelum diesktrasi harus dicuci sampai bersih dan dijemur hingga mengering. Kemudian diproses hingga menjadi pati, lalu diekstrasi menjadi butiran debu halus yang siap diolah.

 

  1. Dibuat menjadi tepung

Kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi, maka manfaat biji durian dapat diolah menjadi tepung biji buah durian. Tepung ini bisa dimanfaatkan sebagai pengganti tepung terigu yang sering digunakan di rumah dalam pembuatan kue.

 

  1. Dibuat menjadi keripik

Manfaat biji durian lainnya, yaitu dapat dibuat menjadi keripik. Karena kandungan patinya yang cukup tinggi membuatnya dapat diolah menjadi keripik lezat dan juga gurih. Keripik ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha baru dan akan memberikan banyak keuntungan.

denikian penjelasan kami tentang manfaat biji durian, ternyata biji durian yang selama ini kita buang memiliki banyak manfaat. Semoga bermanfaat

Manfaat Biji Durian Serta Kandungan Gizinya | muhammad yamin | 4.5