Manfaat buah ciplukan yang tidak anda ketahui

Jumat, November 3rd, 2017 - ARTIKEL SEHAT, Obat Herbal
Manfaat buah ciplukan

Manfaat buah ciplukan

Manfaat buah ciplukan yang tidak anda ketahui – Sudah pernah melihat buah ciplukan ? atau anda baru mendegan namanya ? munkin bagi anda yang lahir di tahun milenium  memang belum mengenal jenis buah yang banyak tumbuh subur  di area persawahan dan perkebunan namun bagi  yang lahir di tahun 90an buah ini  sudah tidak asing lagi, ketika matang buah ciplukan ini akan berwarna kuning  dan memiliki rasa yang kecut-kecut manis.

Buah yang memiliki nama latin Physalis angulata ini dahulunya dianggap sebagai tanaman liar dan tidak memiliki nilai ekonomis, namun dengan seiring waktu buah ini menjadi naik daun beberapa hasil penelitian mengungkapkan beberapa manfaat dari buah yang oleh suku sunda disebut cecendet.

Saat ini buah ciplukan sudah banyak dijual di supermarket dengan harga yang cukup mahal, siapa sangka buah yang dahulunya banyak tumbuh dipinggir jalanan ini bisa diual dengan harga 500 ribu perkilogram , manfaat buah ciplukan yang bisa menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit ini memang sudah dirasakan banyak orang.

Kali ini kami akan membahas apa saja khasiat dan  manfaat buah ciplukan yang mungkin tidak anda ketahui :

  1. Dapat menyembuhkan asma
    Untuk mengolah ciplukan sebagai obat asma sangatlah mudah. Caranya cukum mmbil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut  bisa juga dengan cara mencampur daunnya dengan kapur sirih  kemudian dihancurkan dengan menggunakan kedua telapak tangan setelah itu bahasahi dengan sedikit air.peras dan  Oleskan pada bagian dada, perut, dan punggung.
  2. Mengobati penyakit jantung
    Salah satu manfaat  buah ciplukan adalah dipercaya dapat  mengobati gangguan jantung. Cara pengolahannya cukup mudah  ambil 40 helai daun ciplukan dan hancurkan dengan blender seperti jus bisa juga dengan cara langsung memakan daunnya namun pastikan daunyya dalam keadaan bersih sebelum dikonsumsi.
  3. Menurunkan demam
    Manfaat buah ciplukan yang mungkin sangat jarang yang mengetahuinya adalah dapat menurungkan  panas pada anak, caranya cukup mengkonsumsi buahnya yang matang.
  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Anda tekerna penyakit darah tinggi ? tidak perlu takut karena buah ciplukan terbukti  juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya sangat mudah dengan meminum air rebusan daun, buah dan akarnya  secara rutin.
  2. Mengobati kanker payudara
    Percaya atau tidak buah ciplukan ternyata juga bisa menyembuhkan penyakit kanker payudara. Cara pengolahannya degan mengambil pucuk daun yang muda dicampur dgn empat biji beras dan tunas kunyit selanjutnya  digiling dengan parutan kelapa sampai lumat. Tempelkan hasil ramuan tadi ke payudara yang sakit.
  3. Menghilangkan Warna kuning pada kulit bayi yang baru lahir
    Buah ciplukan juga dapat menghilangkan kuning pada kulit bayi yang baru lahir. cara penggunaannya dengan menjemur  buah hingga kering, kemudian digunakan saat memandikan pada bayi yang baru lahir.
  4. Menurunkan kolesterol
    Manfaat buah ciplukan sekanjutnya adalah dapat menurungkan kadar kolestrol, Caranya makan daun dari buah ciplukan dua helai tiga kali sehari secara teratur.
  5. Sebagai Obat Penawar racun
    Tahukah anda jika semua bagian dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun. Luar biasa bukan manfaatnya.

Itulah beberapa manfaat hebat dari buah ciplukan, inilah yang membuat buah yang dulunya dianggap sebagai tanaman liar kini menjadi buah yang banyak dicari untuk digunakan sebagai obat alami.

 

Manfaat buah ciplukan yang tidak anda ketahui | muhammad yamin | 4.5