Manfaat dan Efek Samping Bawang Dayak

Rabu, Juni 29th, 2016 - ARTIKEL SEHAT, Kumpulan Efek Samping, Obat Herbal
Advertisement
efek samping bawang dayak

efek samping bawang dayak

Manfaat dan Efek Samping Bawang Dayak– Bawang dayak adalah salah satu jenis bawang yang memang berasal dari Kalimantan, yang merupakan tempat tinggal asli suku dayak. Bawang dayak ini sudah terkenal akan manfaatnya, tetapi ada juga efek samping bawang dayak.

 

Biasanya efek samping bawang dayak yang bersifat negative hanya sedikit, itu juga karena cara pengkonsumsian yang salah atau terlalu berlebihan yang bisa menyebabkan lambung menjadi perih.

 

Dan efek samping bawang dayak lebih kepada efek yang positif, yang baik untuk kesehatan. berikut manfaat dan efek samping bawang dayak untuk kesehatan antara lain:

 

  1. Mencegah Kanker dan Tumor

Efek samping bawang dayak untuk kesehatan yang pertama adalah, dapat mencegah terkena kanker dan juga tumor. Itu karena bawang yang satu ini tidak hanya mengandung antioksidan, tetapi juga naphtoquinones yang berperan dalam menghancurkan sel kanker dan tumor dalam tubuh.

 

  1. Mengobati Sakit Perut

Bawang dayak sudah sangat sering digunakan oleh suku dayak untuk mengobati sakit perut. Gejala sakit perut seperti nyeri, mual, serta gejala sakit perut lainnya.

 

  1. Mengobati penyakit kuning atau Hepatitis

Efek samping bawang dayak selanjutnya yaitu, dapat mengobati penyakit kuning atau penyakit hepatitis. Mengkonsumsi secara rutin bawang dayak, terbukti dapat mengobati penyakit kuning dan meningkatkan kembali daya tahan tubuh. Tentu agar penyakit ini bisa segera sembuh, dan tidak kembali menyerang tubuh.

 

  1. Mengobati Flu

Tidak hanya penyakit berat saja yang bisa terobati dengan bawang dayak. Karena penyakit ringan seperti flu, juga bisa ditangani dengan jenis bawang yang satu ini.bawangdayak mengandung antibakteri, yang sangat berperan dalam membunuh bakteri penyebab penyakit flu.

 

  1. Mencegah terjadinya infeksi

Infeksi yang disebabkan oleh luka naik itu di luar atau dalam tubuh, bisa dicegah dan obati dengan bawang dayak. Bawang dayak bisa digunakan sebagai obat alternative dalam mencegah terjadinya infeksi di tubuh.

 

  1. Mencegah peradangan

Efek yang bisa didapat bila rutin mengkonsumsi bawang dayak yaitu, dapat mencegah terjaidnya peradangan. Dan peradangan yang biasa diderita oleh seseorang yaitu peradangan di bagian tenggorokan, serta bagian usus dan juga lambung.

 

  1. Mencegah perkembangan bakteri, virus, dan mikroba

Bawang dayak mengandung zat antibakteri, yang sangat berperan dalam mencegah perkembangan virus, bakteri, dan mikroba yang bersarang di tubuh. Sehingga tubuh bisa terhindar dari berbagai macam penyakit.

Itulah beberapa manfaat dan efek samping bawang dayak. Efek samping tanaman bawang dayak memang lebih kepada kesehatan tubuh, tetapi itu semua bisa dapat bila mengkonsumsinya secara tepat dan juga wajar.

 

 

 

Advertisement
Manfaat dan Efek Samping Bawang Dayak | muhammad yamin | 4.5