Manfaat dan Efek Samping Kemiri

Kamis, Juni 2nd, 2016 - Kumpulan Efek Samping
Advertisement
manfaat dan efek samping kemiri

manfaat dan efek samping kemiri

Manfaat dan efek samping kemiri – kemiri atau yang dalam bahasa latin disebut dengan Aleurites moluccanus adalah jenis  tanaman pohon besar yang yang termasuk dalam tanaman rempah yang mudah dijumpai di tanah air yang lebih sering dijadikan sebaga bumbu masakan. Tidak dapat dipastikan dari mana asal-usuln tumbuhan yang sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae.di luar negeri buah yang memiliki pohon besar ini dikenal dengan sebutancandleberry, Indian Walnut dan Cadlenut  dimana pertumbuhan rempah ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, sampai Polinesia dan Selandia Baru.

Nah pada artikel kali ini kami akan membahas tentang manfaat dan efek samping kemiri namun sebelumnya kami akan menjelaskan kandungan buah yang memiliki bahasa ilmiah Aleurites moluccanus ini.

Kandungan kemiri

Kandungan kimia yang terdapat dalam kemiri adalah gliserida, asamlinoleat, palmitat, stearat, miristat, asam minyak, protein, vitamin B1, dan zatlemak. Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah biji, kulit, dan daun Kemiri mengandung zat gizi dan nongizi, zat non gizi dalam dalam kemirimisalnya saponin, flavonoida dan polifenol. Banyak peneliti telah membuktikanbahwa ketiga komponen ini memiliki arti besar bagi kesehatan. Polifenolmemiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidanpolifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah dan penyakit kanker. Terdapat juga penelitian yang menyimpulkan polifenol dapat mengurangirisiko penyakit Alzheimer. Flavonoid sendiri termasuk dalam kelompok polifenol.s edangkan saponin, merupakan salah satu senyawa anti-mikroba

Setelah membahas tentang kandungan kemiri selnajutnya kami akan menjelaskan tentang manfaat dan efek samping kemiri yang dapat anda rasakan.

Manfaat kemiri

 

  1. kemiri menyuburkan rambut

Manfaat kemiri untuk menyuburkan rambut memang sudah tidak asing lagi. Adapun caranya  dengan menggunakan  ekstrak minyak kemiri kemudian di oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Setelah itu lakukan pijatan secara perlahan dan biarkan semalaman. Setelah pagi hari bilas rambut anda dengan shampo, jangan lupa gunakan kondisioner pada ujung rambut. Hal ini jika dilakukan secara rutin kita akan  mendapatkan rambut yang subur, lebat dan tebal.

  1. Mengatasi Rambut rontok

Kandungan protein dan mineral yang terdapat dalam buah kemiri mampu menguatkan rambut mulai dari akar hingga ujungnya sehingga dapat menjaga kesehatan rambut.

  1. Mengobati gigitan serangga

Kemiri juga dapat diolah menjadi obat pereda gatal akbiat gigitan serangga caranya mudah saja ambil dua buah kemiri dan  sedikit kunyit seukuran jari kelingking. Pangganglah bahan-bahan tadi, kemudian haluskan selanjutnya oleskan keseluruhan bagian tubuh yang gatal akibat sengatan serangga.

Demikanlah beberapa manfaat kemiri sebagai obat, namun selain memiliki banyak manfaat ternyata ada juga efek samping kemiri yang masih sangat jarang yang mengetahuinya. Nah selanjutnya kami akan memberikan sedikit tentang efek samping kemiri bagi kesehatan.

Efek samping kemiri

Tahukah anda jika efek samping kemiri dapat membuat kita keracunan ? hal ini tejadi jika salah dalam mengkonsumsi  buah yang masuk kategori rempah ini, tanpa pengolahan yang tepat ataupun  mengkomsumsinya secara mentah, hal ini akan berdampak negative bagi kesehatan anda. Mengonsumsi kemiri dalam kondisi mentah dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Beberapa efek samping kemiri yang dapat anda rasakan adalah gangguan pada lambung.

Namun untuk menghidari efek samping kemiri ini dapat diatasi dengan memanggang atau mengsanrai kemiri sebelum dikomsi , hal ini akan mebuang racun dalam buah kemiri sehingga aman untuk digunakan tanpa efek samping.

Demikan artikel kami tentang manfaat dan efek samping kemiri yang tidak anda ketahui.

Sekian

 

Advertisement
Manfaat dan Efek Samping Kemiri | muhammad yamin | 4.5